5 Cara Investasi Emas Fisik & Online Terbaik yang Aman untuk Pemula

Jika Anda berpikir untuk berinvestasi emas, jangan membatasi diri Anda hanya dengan membeli emas fisik, seperti koin atau emas batangan. Alternatif untuk berinvestasi emas termasuk membeli saham perusahaan pertambangan emas atau dana yang diperdagangkan di bursa emas. Anda juga dapat berinvestasi dalam emas dengan opsi perdagangan dan kontrak berjangka.



Sepanjang sejarah, hanya sedikit investasi yang menyaingi popularitas emas sebagai perlindungan nilai terhadap hampir semua jenis masalah, mulai dari inflasi, pergolakan ekonomi atau fluktuasi mata uang, hingga perang.


Cara Investasi Emas

1. Investasi Emas Fisik

Berinvestasi dalam emas fisik dapat menjadi tantangan bagi investor yang lebih terbiasa berdagang saham dan obligasi secara online. Dalam hal emas fisik, Anda biasanya akan berinteraksi dengan dealer di luar pialang tradisional, dan Anda mungkin perlu membayar untuk penyimpanan dan mendapatkan asuransi untuk investasi Anda. Tiga opsi utama untuk berinvestasi dalam emas fisik adalah emas batangan, koin, dan perhiasan.


1.1. Investasi Emas Batangan

Kebanyakan orang berpikir bahwa berinvestasi emas adalah membeli batangan emas besar dan berkilau yang dikunci dalam lemari besi.


Emas batangan tersedia dalam bentuk batangan mulai dari beberapa gram hingga 400 ons, tetapi yang paling umum tersedia sebagai batangan satu dan 10 ons. Mengingat bahwa harga emas saat ini sekitar $ 1.900 per ons (per September 2020), ini membuat investasi emas batangan menjadi proposisi yang mahal. Dan tidak seperti saham, tidak ada cara untuk mendapatkan bagian pecahan dari emas batangan.


Karena harga emas batangan yang tinggi, sangat penting untuk menggunakan dealer terkemuka dan membayar pengiriman — dengan asuransi — atau membayar untuk penyimpanan di lemari besi besar atau di brankas.


Jika Anda memilih untuk berinvestasi emas dengan emas batangan, ada baiknya juga untuk selalu mengetahui harga emas, sehingga Anda dapat memilih waktu yang tepat untuk membeli — sebagian besar dealer memperbarui harga mereka berdasarkan harga spot saat ini.


1.2. Investasi Koin emas

Koin emas yang paling umum memiliki berat satu atau dua ons, meskipun koin setengah ons dan seperempat ons juga tersedia. Koin koleksi, seperti Krugerrands Afrika Selatan, Canadian Maple Leafs, dan American Gold Eagles, adalah jenis koin emas yang paling banyak tersedia. Beberapa dealer bahkan menjual koin kosong dan koin yang rusak atau usang.


Harga koin emas mungkin tidak sepenuhnya sejalan dengan kandungan emasnya. Koin tertagih dalam permintaan sering diperdagangkan dengan harga premium. Koin American Gold Eagle satu ons, misalnya, dijual seharga lebih dari $ 2.000 pada pertengahan September 2020. Itu hampir 5% markup di atas jumlah emas batangan yang sebanding.


Anda mungkin dapat menemukan penawaran yang lebih baik untuk koin emas dari kolektor atau pegadaian lokal, tetapi biasanya masih lebih aman untuk melakukan pembelian menggunakan dealer yang memiliki reputasi baik dan berlisensi.


1.3. Investasi Perhiasan emas

Anda juga dapat memilih untuk membeli emas yang dapat Anda pakai — atau yang pernah dipakai seseorang tetapi telah rusak — dalam bentuk perhiasan emas. Berinvestasi dalam perhiasan emas, bagaimanapun, membawa banyak risiko yang tidak terjadi pada investasi emas murni.


Pertama, Anda harus berhati-hati dalam membeli perhiasan karena tidak semua perhiasan bekas dijual oleh dealer ternama. Keaslian tidak hanya penting bagi Anda — tetapi juga penting bagi siapa pun yang menjadi tempat Anda untuk menjualnya lagi. Ini membuatnya penting bagi Anda untuk membeli perhiasan investasi dari dealer terkemuka dan mendapatkan dokumentasi sebanyak mungkin.


Kedua, Anda akan membayar sejumlah markup berdasarkan perusahaan mana yang merancang dan memproduksi perhiasan tersebut. Ini bisa berkisar dari 20% hingga lebih dari tiga kali lipat nilai mentah logam mulia.


Anda juga pasti ingin mengetahui kemurnian perhiasan Anda, atau berapa persen emasnya. Kemurnian emas dihitung berdasarkan karats, dengan 24 karats menjadi 100% emas. Kemurnian yang lebih rendah menurunkan nilai leleh perhiasan Anda, atau nilai mentah komponen perhiasan Anda jika dilebur menjadi emas murni.


2. Investasi Emas dengan Membeli Saham di Penambang Emas

Berinvestasi di saham perusahaan yang menambang, memurnikan, dan memperdagangkan emas adalah proposisi yang jauh lebih mudah daripada membeli emas fisik. Karena ini berarti membeli saham perusahaan tambang emas, Anda dapat berinvestasi menggunakan akun pialang Anda.


Beberapa saham paling populer di sektor ini antara lain:

  • Newmont Corp. (NEM). Newmont adalah perusahaan tambang emas terbesar di dunia, yang berkantor pusat di Colorado. Ini mengoperasikan tambang di Amerika Utara dan Selatan serta Afrika.
  • Barrick Gold Corp. (EMAS). Raksasa pertambangan emas ini berkantor pusat di Toronto dan beroperasi di 13 negara di seluruh dunia.
  • Franco-Nevada Corp. (FNV). Franco-Nevada tidak memiliki tambang emas apa pun. Sebaliknya, ia membeli hak royalti dari penambang emas lainnya.

Perlu diingat, bahwa saham perusahaan emas berkorelasi dengan harga emas tetapi juga didasarkan pada fundamental yang terkait dengan profitabilitas dan biaya masing-masing perusahaan saat ini. Ini berarti berinvestasi di perusahaan emas individu memiliki risiko yang sama seperti berinvestasi di saham lain. Saham tunggal mungkin mengalami tingkat volatilitas tertentu dan tidak memberi Anda keamanan dana yang terdiversifikasi.


3. Investasi Emas dalam ETF Emas dan Reksa Dana Emas

Berinvestasi dalam ETF emas dan reksa dana dapat memberi Anda eksposur terhadap stabilitas emas jangka panjang sambil menawarkan lebih banyak likuiditas daripada emas fisik dan lebih banyak diversifikasi daripada saham emas individu. Ada berbagai jenis dana emas. Beberapa adalah dana indeks yang dikelola secara pasif yang melacak tren industri atau harga emas batangan menggunakan kontrak berjangka atau opsi.


ETF Saham Emas SPDR (GLD), misalnya, menyimpan kuitansi emas dan deposito fisik, dan harganya melacak harga emas batangan fisik. VanEck Vectors Gold Miners ETF (GDX), di sisi lain, adalah dana yang dikelola secara pasif yang melacak sekeranjang saham yang mendasari perusahaan pertambangan dan pemurnian emas.


Reksa dana emas seperti Franklin Templeton's Gold dan Precious Metals Fund secara aktif dikelola oleh investor profesional. Dana ini bertujuan untuk mengalahkan pengembalian dana indeks yang dikelola secara pasif. Sebagai gantinya, mereka mengenakan rasio biaya yang relatif tinggi.


Ingatlah, seperti saham emas Anda tidak membeli emas, hanya kertas yang secara teoritis didukung oleh hutang atau ekuitas perusahaan pertambangan atau kontrak berjangka dan opsi untuk emas batangan fisik. Ini berarti nilai reksa dana emas dan ETF mungkin tidak sepenuhnya sesuai dengan harga pasar emas, dan investasi ini mungkin tidak memiliki performa yang sama dengan emas fisik.


4. Gunakan Kontrak Berjangka dan Opsi untuk Investasi Emas

Dari semua cara berinvestasi emas, yang paling berisiko adalah perdagangan berjangka atau kontrak opsi, suatu bentuk investasi spekulatif. Kontrak berjangka dan opsi adalah derivatif, artinya nilainya didasarkan sepenuhnya pada harga aset yang mendasarinya.


Kontrak berjangka adalah kesepakatan untuk membeli atau menjual sekuritas dengan harga tertentu pada tanggal tertentu, terlepas dari kondisi pasar saat ini. Kontrak opsi, sementara itu, adalah perjanjian yang memberi Anda opsi untuk membeli atau menjual sekuritas jika mencapai harga tertentu pada atau sebelum tanggal tertentu.


Untuk berinvestasi di futures atau opsi, Anda memerlukan akun di broker online yang menawarkan kendaraan ini. Banyak broker online mengizinkan perdagangan sekuritas ini, tetapi mereka mungkin meminta pemegang akun untuk menandatangani formulir tambahan yang mengakui risiko berinvestasi dalam derivatif ini.


Setelah Anda membuat akun pialang untuk memperdagangkan opsi atau futures, Anda dapat membeli dan menjualnya langsung melalui platform. Sebagian besar platform mengenakan komisi untuk semua opsi dan perdagangan berjangka yang bervariasi berdasarkan jumlah kontrak yang Anda beli atau jual.


Orang yang memilih untuk berinvestasi dalam emas melalui opsi atau kontrak berjangka perlu secara aktif memantau kepemilikan mereka sehingga mereka dapat menjual, menggulirkan atau menggunakan opsi mereka sebelum kedaluwarsa tidak berharga. Selain itu, masing-masing opsi ini mencakup tingkat leverage tertentu, atau utang, secara default, sehingga investor yang menggunakannya secara berlebihan dan mengalami kerugian pasar dapat melihat kerugian mereka meningkat dengan cepat.


5. Investasi Emas Online

Internet Investment Gold (IIG) memungkinkan investor untuk membeli emas fisik secara online dan menyimpannya atas nama mereka. Produk semacam itu telah tumbuh secara signifikan selama dekade terakhir dan pemain baru terus bermunculan, dengan penyedia terbesar sekarang memegang emas senilai miliaran dolar AS atas nama investor.


Seperti halnya grup produk mana pun, penting bagi investor untuk memahami sepenuhnya apa yang mereka investasikan dan dapat mengidentifikasi solusi yang tepat sebelum mengambil keputusan apa pun. Selain itu, penting bahwa penyedia produk mengikuti praktik yang baik untuk memastikan pengalaman klien yang positif. Oleh karena itu, Dewan Emas Dunia telah mengembangkan dua perangkat pedoman, yang dikenal sebagai Pedoman Investor IIG dan Pedoman Penyedia Produk IIG, untuk mencapai hal ini.


Panduan Investor IIG bertujuan untuk membantu investor memahami cara berinvestasi emas secara online, membedakan antara penyedia dan menilai produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka, sedangkan Panduan Penyedia Produk IIG mendefinisikan praktik yang baik untuk penyedia produk Investasi Emas Internet melalui penyusunan cetak biru praktik terbaik yang direkomendasikan.


Haruskah Anda Berinvestasi Emas?

Jika Anda khawatir tentang inflasi dan bencana lainnya, emas mungkin menawarkan Anda tempat berlindung yang aman untuk berinvestasi. Meskipun dalam jangka pendek bisa sama volatilnya dengan saham, dalam jangka yang sangat panjang, emas telah mempertahankan nilainya dengan sangat baik.


Bergantung pada preferensi dan kemampuan Anda terhadap risiko, Anda dapat memilih untuk berinvestasi dalam emas fisik, saham emas, ETF emas dan reksa dana atau kontrak berjangka dan opsi spekulatif. Terlepas dari bentuk emas yang Anda pilih, sebagian besar penasihat menyarankan Anda mengalokasikan tidak lebih dari 10% dari portofolio Anda padanya.


Segala bentuk investasi mengandung risiko. Emas tidak berbeda. Tetapi pasar emas istimewa tidak memaafkan dan membutuhkan waktu lama untuk mempelajarinya. Hal ini membuat ETF emas dan reksa dana menjadi pilihan teraman bagi sebagian besar investor yang ingin menambahkan stabilitas dan kilau emas ke portofolionya.

LihatTutupKomentar