13+ Peluang Bisnis Online dengan Modal 100ribu

Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis online dengan modal hanya 100rb terbaru 2021. Cocok untuk para generasi milenial.


Peluang Bisnis Online


Siapa pun dapat memulai bisnis online yang menghasilkan uang - siapa pun yang memiliki komputer atau gadget. Tapi inilah masalahnya: hampir tidak diperlukan pengalaman teknis. Saat ini ada banyak alat yang dapat Anda gunakan untuk membangun bisnis online yang membuat pekerjaan teknis jauh lebih mudah daripada sebelumnya.


Anda juga dapat tinggal di mana pun Anda inginkan, mengatur jadwal Anda sendiri, dan bekerja sesedikit atau sebanyak yang Anda inginkan, bergantung pada seberapa cepat atau besar bisnis Anda  berkembang. Tidak ada pengalaman bisnis atau pemasaran yang dibutuhkan. Ini adalah media kewirausahaan yang benar-benar demokratis.


Yang terbaik dari semuanya, tidak seperti bisnis fisik, Anda tidak membutuhkan banyak modal awal. Nyatanya, Anda bisa melakukan banyak bisnis internet hanya dengan modal kuota internet (sekitar 100ribu rupiah) karena begitu banyak layanan gratis memfasilitasi kemungkinan tersebut. Misalnya, Anda dapat membuat situs web atau blog gratis menggunakan WordPress. Atau Anda dapat memanfaatkan situs pihak ketiga seperti Amazon atau eBay untuk menjual barang tanpa biaya inventaris. Anda dapat menggunakan platform penjualan mereka dengan imbalan memberi mereka potongan dari penjualan Anda.

Peluang Bisnis Online dengan Modal 100rb

Dan ini hanyalah permulaan dari banyak solusi startup e-commerce tanpa uang yang tersedia. Mari pertimbangkan lima cara teratas untuk memulai bisnis online dan menghasilkan uang secara online dengan modal 100ribu.


1. Bisnis Fotografi

Peluang bisnis seperti menjual foto secara online adalah hal biasa. Anda dapat menjual foto di situs stok tanpa akhir — seperti Getty Images, Shutterstock, iStock, 500px, dan Stocksy — atau di mana pun permintaan untuk jenis fotografi Anda ada.


Agar berhasil menjual foto secara online, pastikan untuk mencakup tiga hal penting:

  • Temukan ceruk pasar Anda. Baik itu bunga, perjalanan, bangunan, lanskap, atau mode, pilih satu dan pertahankan.
  • Bangun audiens. Menjual foto bukanlah peluang bisnis pasif. Merupakan ide yang bagus untuk mempromosikan foto Anda di media sosial dan membangun pengikut untuk menjual lebih banyak.
  • Buat beberapa aliran pendapatan. Jangan hanya menjual di satu situs. Jual sebanyak yang Anda bisa untuk menciptakan berbagai aliran pendapatan.

Baik Anda seorang fotografer hobi atau pekerjaan penuh waktu, menjual foto adalah salah satu peluang bisnis online gratis yang dapat membantu Anda menghasilkan uang jika Anda meluangkan waktu untuk itu.


2. Mainkan video game

Video game telah menempuh perjalanan jauh dari memberi Anda hak untuk menyombongkan diri. Hari ini, Anda bisa mendapatkan gelar, mendapatkan sponsor, dan bahkan menjadi gamer profesional esports.


Dengan industri senilai $ 1,7 miliar dan terus berkembang, video game bisa menjadi salah satu peluang bisnis paling menguntungkan, jika Anda memainkan kartu Anda dengan benar. Penghasilan tidak hanya datang dari bermain secara profesional. Anda bisa mendapatkan uang dengan streaming langsung di platform seperti Twitch.tv, memulai saluran YouTube, atau bahkan menjual merchandise yang terinspirasi game.


3. Menjadi Influencer Media Sosial

Pernah membayangkan mengubah suka dan mengikuti menjadi dolar dan cek? Sekarang saat yang tepat untuk meningkatkan reputasi Anda sebagai influencer media sosial. Meskipun terdengar seperti salah satu peluang bisnis yang dibuat-buat, ini menjadi usaha yang menguntungkan bagi orang-orang di berbagai industri, termasuk berkebun, mode, makanan, perjalanan, dan bahkan pengasuhan anak.


Mungkin perlu sedikit waktu untuk membangun reputasi Anda secara online, tetapi jika Anda memiliki topik yang Anda sukai dan ingin Anda bicarakan, Anda dapat menghasilkan uang dengan menumbuhkan pemirsa yang terlibat di media sosial.


4. Menjadi Penulis yang Diterbitkan Sendiri

Apakah Anda suka menulis? Pernahkah Anda berpikir untuk menerbitkan buku Anda sendiri? Nah, kabar baik. Menjadi penulis yang menerbitkan sendiri adalah salah satu peluang bisnis kecil terbaik untuk Anda.


Penerbitan sendiri berarti Anda tidak bekerja dengan penerbit yang sudah mapan untuk mengelola pengeditan, desain, dan proses produksi pembuatan buku. Sebaliknya, Anda melakukannya sendiri. Dengan tidak adanya kekurangan pembaca di internet, ada banyak ruang bagi Anda untuk membuat dan menjual eBook atau buku audio dan mendapatkan keuntungan.


5. Bisnis Dropship

Ide dasar di balik bisnis dropshipping online adalah, sebagai pemilik bisnis kecil, Anda tidak perlu menyimpan inventaris besar (atau inventaris apa pun) produk atau menangani pengiriman apa pun ke pelanggan Anda. Itu menghilangkan biaya finansial dan risiko memiliki gudang yang penuh dengan barang-barang yang mungkin tidak Anda jual, dan kerumitan mengatur untuk mengirim pesanan ke seluruh negeri atau dunia. Faktanya, Anda tidak perlu membuat atau menyimpan produk sama sekali.


Satu-satunya hal yang harus Anda fokuskan adalah pemasaran dan periklanan untuk menemukan pelanggan dan melakukan penjualan. Setelah penjualan selesai, sisanya akan ditangani oleh orang lain. Satu-satunya biaya Anda adalah biaya pemasaran dan periklanan untuk mendapatkan pelanggan baru. Jika Anda memasarkan melalui sosial media, maka Anda hanya membutuhkan kuota internet.


Setelah selesai, Anda akan bekerja dengan perusahaan yang berspesialisasi dalam pengiriman barang. Begini cara kerjanya:

  • Anda mencantumkan produk untuk dijual di situs web Anda atau platform seperti Amazon, eBay, atau Etsy.
  • Ketika salah satu pelanggan Anda melakukan pembelian, Anda membeli produk dari perusahaan pihak ketiga (pengirim barang, biasanya produsen atau grosir) dengan harga lebih rendah. Proses ini sesederhana meneruskan pesanan dari pelanggan Anda, sebuah proses yang sebenarnya dapat sepenuhnya otomatis. (Ingat Anda tidak memiliki risiko apa pun di sini untuk membeli inventaris karena penjualan telah dilakukan).
  • Dropshipper kemudian akan mengirimkan produk ke pelanggan.


Cukup mudah bukan? Dengan dropshipping, Anda dapat menawarkan berbagai macam produk, sehingga biaya operasional bisnis Anda sangat rendah.

 

Seperti yang Anda lihat, tidak ada risiko di pihak Anda karena Anda bahkan tidak membeli produk (dengan biaya) sampai penjualan sebenarnya dilakukan!


Apa kerugian dari model bisnis pengiriman dropship? Anda harus menemukan pengirim barang yang memiliki reputasi baik yang dapat Anda andalkan untuk dikirimkan ke pelanggan Anda. Jika pesanan terlambat atau tidak keluar — atau kualitas produk buruk — Anda disalahkan, karena perusahaan Anda yang mewakili produk dan pengalaman pelanggan.


Juga, karena pasar ini sangat kompetitif, margin — yaitu, perbedaan antara harga grosir dan berapa banyak Anda dapat menjual suatu produk — lebih rendah, jadi ini akan menjadi jenis bisnis bervolume tinggi untuk menghasilkan pendapatan yang serius. Tapi tetap saja, ini adalah opsi startup rendah atau tanpa biaya yang bermanfaat.


Salah satu cara untuk menonjol dari persaingan dengan bisnis pengiriman barang adalah dengan memberi label pribadi pada produk Anda. Ini berarti Anda meletakkan label / merek Anda sendiri pada produk yang dibuat oleh pabrikan. Dengan cara itu Anda tidak menjual merek produk yang sama dan hanya bersaing dalam harga; alih-alih Anda dapat menggunakan merek Anda sendiri dan menghadapi lebih sedikit persaingan. Pikirkan tentang saat Anda melihat obat di apotek; nama mereknya dijual dengan harga lebih tinggi dan orang mengira mereka berbeda dengan merek generik padahal bahannya sama persis. Pertimbangkan faktor-faktor penting ini saat mencari produk pengiriman barang yang bagus.


Siapa pun yang mempertimbangkan bisnis pengiriman barang harus secara serius mempertimbangkan untuk memanfaatkan marketplace untuk mengembangkan bisnis mereka dan mempelajari lebih lanjut tentang menjadi penjual di marketplace yang menguntungkan, karena marketplace adalah pasar mapan yang sudah dipercaya orang dan memiliki basis pelanggan yang sudah ada. Akhirnya, Anda juga harus mempertimbangkan untuk memiliki toko online Anda sendiri juga.


6. Menjadi Freelancer

Freelancing adalah salah satu peluang bisnis online yang paling umum. Menjadi freelancer berarti Anda wiraswasta dan tidak berkomitmen untuk menjadi pemberi kerja jangka panjang. Ini memungkinkan Anda untuk membawa kantor Anda ke mana pun Anda pergi dan pada dasarnya menjadi bos Anda sendiri.


Dengan meningkatnya pekerjaan jarak jauh dan ekonomi pertunjukan, Anda akan menuju bisnis online yang sukses dengan menjadi pekerja lepas. Mungkin kompetitif. Tetapi jika Anda memiliki seperangkat keterampilan yang telah Anda bangun selama bertahun-tahun, atau bahkan yang ingin Anda pelajari, ada uang yang bisa dihasilkan.


Misalnya, Anda dapat mengubah keterampilan seperti desain web, pemasaran, copywriting, atau aplikasi yang berkembang menjadi bisnis rumahan yang menguntungkan.


7. Jual Produk Digital

E-learning meledak sebagai satu industri. Studi paling baru memperlihatkan jika industri ini akan bernilai kurang lebih $ 331 miliar di tahun 2025, jadikan produk digital sebagai salah satu kesempatan bisnis online paling baik untuk pencipta serta pendidik. Musik, video, e-book, serta pelatihan online ialah beberapa misalnya. Mereka bisa digenggam atau disentuh, tapi terkenal di kalangan pembeli sebab mereka bisa mengambilnya serta dikonsumsi di saat mereka sendiri.


Produk digital memberi kesempatan bisnis yang besar sebab murah untuk dibuat serta dialokasikan. Anda bisa membuat serta menjualnya berkali-kali pada orang yang lain tnpa stok atau tidak membutuhkan penyuplai. Bila Anda memandang diri Anda pakar dalam tema spesifik, Anda bisa menciptakan dan mengumpulkan produk digital serta menjualnya dalam sistem berlangganan.


8. Hasilkan Uang dengan Pemasaran Afiliasi

Pemasar afiliasi bekerja dengan merek untuk meningkatkan penjualan mereka. Anda dapat melakukannya di rumah dengan menghasilkan lalu lintas ke situs web pedagang melalui tautan afiliasi: Anda kemudian akan menerima komisi untuk semua penjualan yang dihasilkan melalui tautan Anda. Komisi biasanya berada di antara 5% dan 20%, untuk dinegosiasikan per klien.


Ini bisa menjadi perdagangan yang berisiko karena pembayaran sepenuhnya bergantung pada kinerja pemasaran Anda: berapa banyak penjualan yang Anda hasilkan dan berapa banyak komisi yang Anda hasilkan. Sisi positifnya, bagaimanapun, biaya awal tidak ada - Anda dapat memposting tautan afiliasi Anda di mana saja untuk menghasilkan penjualan. Jika anggaran Anda memungkinkan, Anda dapat menjangkau lebih banyak orang dengan menggunakan iklan berbayar.


Anda dapat menggunakan jaringan seperti Amway dan Amazon Associates untuk menghasilkan lalu lintas ke pedagang Anda sebagai afiliasi. Amazon, khususnya, memiliki audiens yang sangat besar. Salah satu situs jaringan afiliasi paling populer adalah Clickbank, yang berspesialisasi dalam produk digital. Barang-barang ini menawarkan tingkat komisi yang jauh lebih tinggi, terkadang hingga 75%.


9. Jual Logo dan Karya Desain

Pekerja lepas desain grafis dapat menghasilkan banyak uang dengan menjual logo dan karya desain secara online. Anda dapat memulai hanya dengan sebuah situs web dan beberapa perangkat lunak desain, dan Anda siap melakukannya.


Agar berhasil, Anda memerlukan portofolio pekerjaan, atau setidaknya beberapa contoh di situs Anda tempat calon pelanggan dapat melihat contoh pekerjaan Anda. Targetkan wirausaha dan pemula baru dengan beriklan di situs web yang relevan.


Jika Anda tidak ingin mendapatkan pelanggan sendiri, Anda dapat menjual karya desain Anda di pasar logo, yang menyatukan perusahaan dan desainer: misalnya Designhill atau ArtWeb.


10. Buat presentasi

Permintaan untuk pembuatan presentasi tinggi. Perusahaan menggunakannya untuk menginformasikan dan mendidik staf mereka serta untuk membujuk audiens agar membeli barang dan jasa.


Banyak bisnis melakukan outsourcing pembuatan presentasi kepada desainer presentasi lepas untuk menghemat waktu dan pengeluaran.


Untuk memulai bisnis desain presentasi, Anda memerlukan pengetahuan dalam perangkat lunak desain presentasi seperti Keynote, Google Slides, dan Canva, yang merupakan format paling umum yang diminta oleh klien.


11. Buat Grup Pribadi di Facebook

Jika Anda memiliki kehadiran online yang signifikan di internet, Anda hampir pasti dapat memonetisasinya. Hal yang sama berlaku untuk Facebook. Jika Anda adalah admin grup Facebook populer (dengan sekitar 5.000an anggota atau lebih), Anda dapat dengan cepat mengubah halaman/grup Anda menjadi bisnis yang menguntungkan.


Pertama-tama, pastikan Anda langsung mendapatkan alamat email dari semua anggota grup Anda. Ketika orang meminta bergabung dalam keanggotaan ke grup Facebook Anda, mereka harus menyelesaikan beberapa pertanyaan 'persetujuan', termasuk alamat email mereka.


Menyiapkan pertanyaan persetujuan juga merupakan cara terbaik untuk mengatur keanggotaan grup Anda untuk memastikan Anda memiliki audiens target yang sempit dan tertarget. Audiens yang ditentukan dengan jelas membuat grup Anda jauh lebih menarik bagi sponsor merek dan mitra iklan. Saat ini, merek tidak dapat memposting di grup Facebook pribadi tanpa secara tegas membuat kesepakatan dengan administrator - begitulah cara Anda menghasilkan uang.


Sebagai catatan, jangan lupakan hal-hal legal! Jika Anda memposting link afiliasi, jelaskan selalu bahwa itu adalah iklan atau postingan bersponsor.



12. Mulai Membuat Channel YouTube

YouTuber terkenal menghasilkan uang banyak dalam penghasilan iklan dari video trending. Yang Anda perlukan hanya camera serta inspirasi - membuat account serta memublikasikan video seutuhnya gratis.


Walau terdapat beberapa uang yang dapat dihasilkan dari YouTube, untuk beberapa vlogger, capai kepopuleran di YouTube memerlukan usaha keras sekian tahun. 5 ratus jam video diupload ke YouTube tiap menit. Langkah paling baik untuk menghasilkan uang dengan penghasilan iklan atau kerja sama berbayar dengan brand. Membuatpenonton setia mengikuti content yang persisten, teratur, serta yang penting & kreatif.


Kunci keberhasilan di YouTube ialah mendapati tempat spesial dihati subscriber Anda. Dengan adanya banyak orang yang mengikuti channel youtube Anda, Anda perlu tawarkan suatu hal yang lain yang menarik. Pola hidup, kesehatan, serta kecantikan menjadi pasar yang paling jemu - coba dapatkan suatu hal yang sedikit tidak sama untuk mencolok.


13. Buat situs keanggotaan

Situs keanggotaan adalah situs yang menawarkan informasi atau konten tambahan yang hanya tersedia jika Anda seorang pelanggan. Tidak semua langganan membutuhkan biaya, tetapi mereka yang membeli keanggotaan premium akan mendapatkan konten yang lebih baik dan lebih luas dari situs. Fitur ini berfungsi di ribuan situs web - pikirkan saat Anda mencoba mengakses konten tertentu dan diminta untuk mendaftar untuk "membuka".


Memulai situs keanggotaan adalah cara mudah untuk meningkatkan penghasilan Anda, terutama jika Anda sudah memiliki situs web yang menawarkan beberapa konten. Ini adalah penambahan langsung yang dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan pada platform yang ada. Sebagai alternatif, Anda dapat memulai dari awal. Anda akan membutuhkan banyak konten, dan Anda harus memisahkan konten menjadi berbayar dan tidak berbayar. Ini adalah keseimbangan yang sulit untuk dicoba - Anda akan membutuhkan konten gratis Anda yang cukup baik untuk menginspirasi kredibilitas, tetapi tidak terlalu lengkap sehingga tidak ada alasan untuk membayar lebih.


Untuk seseorang yang sudah membuat situs web, menambahkan fitur keanggotaan tidaklah terlalu rumit. Cara terbaik adalah menggunakan WordPress dengan plugin keanggotaan tambahan - opsi termasuk MemberMouse, MemberPress (sedikit lebih mahal) atau Keanggotaan WooCommerce.


Untuk mendapatkan keuntungan dari situs keanggotaan, coba dan pilih ceruk yang dapat menghasilkan uang. Pastikan itu adalah sesuatu yang Anda minati, karena Anda harus menghasilkan konten yang konsisten.


14. Desain buletin

Untuk materi iklan, desain buletin adalah bisnis sederhana yang dimulai hanya dengan laptop. Yang Anda butuhkan hanyalah beberapa perangkat lunak kreatif untuk menghasilkan gambar dan komputer untuk bekerja. Dengan hanya menawarkan buletin email, Anda memotong semua proses pencetakan yang mahal.


Menyusun buletin bisa menjadi proses yang tepat waktu, dan banyak bisnis kecil tidak memiliki sumber daya. Untuk beberapa perusahaan, ini hanyalah kasus menginginkan tampilan yang lebih profesional. Pertimbangkan untuk menawarkan berbagai format dan templat yang ditetapkan dan mengenakan biaya lebih untuk desain yang dipesan lebih dahulu. Anda juga harus memutuskan apakah Anda menawarkan aspek desain saja, atau apakah Anda juga akan mengenakan biaya lebih untuk menulis konten.


Jika Anda menginginkan bisnis yang sepenuhnya otomatis dan Anda paham perangkat lunak, pertimbangkan untuk membuat situs web yang menyediakan alat desain buletin online. Pelanggan Anda kemudian dapat membuat buletin mereka dengan sedikit biaya, yang lebih murah untuk mereka seperti halnya untuk Anda.


Demikianlah peluang bisnis online dengan modal 100rb yang dapat Anda coba lakukan. Semoga tulisan ini bermanfaat. Semangat Berbisnis!

LihatTutupKomentar