Top 15+ Peluang Usaha Rumahan Kekinian yang Menjanjikan

Dapatkan ide peluang usaha rumahan disini. Tingkatkan penghasilan Anda dengan hanya bekerja dari rumah.

Peluang Usaha Rumahan


Angka terbaru dari Small Business Administration (SBA) menunjukkan bahwa total pekerjaan swasta turun 15 persen setelah COVID-19 dinyatakan darurat pada 13 Maret 2020, namun pekerjaan di usaha kecil mengalami penurunan yang lebih tinggi yaitu 17 persen. Tingkat pengangguran terus berfluktuasi saat pandemi terus berlanjut, tetapi kemungkinan pasar kerja akan melambat untuk sementara waktu.


Anda tidak perlu mencari "pekerjaan nyata" untuk melanjutkan hidup Anda. Ada lebih banyak cara untuk mencari nafkah dari rumah daripada yang dipikirkan orang, yang dapat Anda lakukan untuk diri Anda sendiri dan sepenuhnya dengan cara Anda sendiri.


Panduan ini mencakup beberapa ide bisnis rumahan terbaik. Tidak semuanya akan berhasil untuk semua orang, tetapi setiap orang dapat menggunakan salah satu ide dari daftar peluang usaha di bawah ini untuk mendapatkan uang. Ada beberapa ide peluang usaha rumahan mudah diimplementasikan, sementara yang lain membutuhkan tingkat keahlian tertentu.


Jumlah uang yang bisa Anda peroleh juga akan bervariasi tergantung pada usaha yang Anda pilih. Misalnya, Anda mungkin dapat memperoleh beberapa ratus dolar per minggu dengan mengirimkan makanan dengan DoorDash atau GrubHub. Usaha ini merupakan salah satu usaha yang tidak menghasilkan pendapatan pasif (pasif income), jadi Anda hanya akan dibayar sesuai dengan waktu kerja Anda.


Sebaliknya, dengan bisnis media digital atau blog, Anda dapat membangun bisnis Anda dari waktu ke waktu hingga menghasilkan jutaan dolar. Bagaimana kami tahu? Karena kami melakukannya.


Peluang Usaha Rumahan Kekinian dan Menjanjikan


1. Menjadi Asisten Virtual

Asisten virtual melakukan berbagai tugas untuk klien mereka, seperti mencakup menjawab email, membuat dokumen, merancang grafik dasar, dan banyak lagi. Beberapa asisten virtual juga menulis dan mengedit konten, dan mereka bahkan dapat membantu klien mereka menjadwalkan konten untuk dipublikasikan di berbagai media.


Sementara banyak asisten virtual mengenakan biaya $ 50 per jam atau lebih, bahkan asisten virtual pemula dapat dengan mudah mengenakan biaya $ 20 per jam.


Secara umum, Anda dapat bekerja sebagai asisten virtual melalui situs web seperti Upwork dan Zirtual.


2. Kumpulkan Beberapa Pekerjaan Mikro

Dengan munculnya Fiverr, kami melihat cara baru untuk menetapkan dan menerima pekerjaan. Sementara banyak pekerjaan pemula di Fiverr hanya membayar $ 5, Anda dapat memperoleh lebih banyak dengan platform ini jika Anda dapat melakukan pekerjaan yang lebih banyak atau mendapatkan beberapa klien reguler.


Aplikasi seperti Gigwalk dan situs seperti Mechanical Turk juga memungkinkan untuk bekerja sama dengan banyak tugas kecil setiap hari.


Bagian terbaiknya adalah, Anda dapat mengatur pekerjaan di platform ini secara online dan dari rumah Anda secara nyaman.


3. Survei Saat Waktu Luang

Tahukah Anda bahwa Anda bisa mendapatkan uang dari survei?

Meskipun ada banyak perusahaan survei di luar sana, favorit saya adalah Survey Junkie. Bergantung pada demografi Anda, Anda dapat memperoleh penghasilan mulai dari $ 2,00 per jam hingga $ 5,00 per jam dengan menyelesaikan survei di Survey Junkie.


Namun, mengisi survei bukanlah satu-satunya cara untuk mendapatkan uang dari Survey Junkie. Anda juga dapat menjadi kandidat untuk grup fokus, diundang untuk menonton video dan mengulas, dan bahkan mendapatkan uang dengan bermain game. Menarik bukan?


4. Desain Halaman Rumah (Taman)

Jika Anda tidak pernah lebih bahagia daripada saat Anda menata halaman Anda, desain taman/halaman mungkin dapat menjadi bisnis/usaha rumahan untuk Anda.


Ini adalah bidang yang relatif baru, namun Anda dapat mempelajari beberapa keterampilan untuk jenis pekerjaan ini dengan mencari pekerjaan paruh waktu di perusahaan pertamanan. Dari sana, Anda dapat mulai membangun basis klien Anda sendiri dari orang-orang yang ingin halaman rumah mereka terlihat indah tanpa harus melakukan pekerjaan itu.


5. Menjadi Pemandu Wisata

Anda mungkin suka menjelajahi semua sudut menyenangkan di kampung halaman Anda, tetapi mungkin tidak terpikir oleh Anda untuk menjadikan hobi itu sebagai bisnis.


Ini adalah ide yang sangat bagus jika Anda dapat menawarkan tur bertema atau tur khusus lainnya.


Meskipun Anda dapat membuat situs web yang mengiklankan tur yang Anda tawarkan, Anda juga dapat membuat "pengalaman" dan memasarkannya di Airbnb.com. Ini akan membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas saat Anda pertama kali memulai, dan juga dapat menciptakan kesadaran merek tentang tur Anda.


6. Menjadi Travel Planner

Meskipun siapa pun dapat memeriksa situs agregator untuk mendapatkan harga terbaik saat merencanakan perjalanan tapi mungkin hal itu terlalu merepotkan bagi sebagian wisatawan.

Di sinilah peran seorang travel planner, yang menggunakan keahliannya untuk menemukan perjalanan terbaik — termasuk penerbangan, akomodasi, persewaan mobil, dan tur — sesuai anggaran.

Meskipun pekerjaan ini biasanya dilakukan oleh agen perjalanan, layanan "pramutamu perjalanan" yang  bermunculan di mana-mana. Dengan pemikiran tersebut, Anda dapat memulai bisnis ini dengan situs web sederhana dan beberapa alat pemasaran sederhana.


7. Memulai Bisnis Home Clean

Dengan biaya overhead yang sangat rendah dan keahlian yang sangat mudah dipelajari, membersihkan rumah adalah salah satu bisnis termudah untuk dimulai.

Bergantung pada seberapa besar Anda ingin tumbuh, potensi penghasilan tidak terbatas. Kebanyakan orang yang membersihkan rumah dapat dengan mudah memperoleh $ 25 per jam, tetapi mungkin saja memperoleh $ 50 per jam atau lebih jika Anda dapat membersihkan dengan cepat dan efisien.

Jangkau orang yang Anda kenal di daerah Anda untuk menemukan klien, atau posting di halaman Facebook lingkungan Anda. Setelah Anda memiliki beberapa klien yang berbaris, akan jauh lebih mudah untuk menemukan lebih banyak rumah untuk dibersihkan melalui mulut ke mulut dan rekomendasi.


8. Menjadi Pelatih Pribadi

Jika Anda menyukai kebugaran dan suka membantu orang lain mencapai tujuan mereka, menjadi pelatih pribadi seharusnya menjadi hal yang alami bagi Anda. Anda dapat mengunjungi klien di rumah mereka sendiri, atau Anda dapat bertemu mereka di gym setempat.

Apa pun pilihannya, biasanya individu yang menginginkan bantuan dan bimbingan membayar lebih dari $ 50 per sesi untuk pelatih pribadi. Jika Anda bisa memiliki beberapa klien yang dilatih setiap minggu, Anda bisa mendapatkan penghasilan nyata dengan ide bisnis rumahan ini.

9. Memulai Voiceover Business

Kita semua tentu pernah menonton video YouTube atau film Netflix di mana narator mendeskripsikan adegan, tetapi tidak pernah terlihat. Orang ini disebut aktor sulih suara. Dan bisnis ini sedang berkembang pesat.

Ingin ikut serta? Ada beberapa cara untuk terjun ke industri hiburan, pertimbangkan situs-situs di bawah ini:

  • Back Stage: Daftar pekerjaan hiburan terbesar di negara ini (aktor, penyanyi, penari, dll.)
  • Kidscasting.com: Punya anak yang lucu? Kidscasting.com mencantumkan pekerjaan setiap hari untuk pekerjaan di seluruh negeri yang membutuhkan anak.
  • Mandy.com: Mandy.com mencantumkan pekerjaan sulih suara, pekerjaan kru film dan TV, musisi, dan lainnya.

10. Memulai Bisnis Inspeksi Rumah

Ini adalah salah satu ide bisnis yang mungkin belum terpikirkan oleh Anda atau belum Anda pertimbangkan, tetapi ini adalah peran penting yang diandalkan oleh pemilik rumah baru di mana pun.

Bagian penting dari proses pembelian rumah adalah meminta pengawas rumah profesional memeriksa rumah untuk menentukan kondisi bangunan dan menunjukkan potensi masalah.

Seorang inspektur rumah harus memenuhi peraturan negara bagian untuk profesinya, yang bervariasi dari satu negara bagian ke negara bagian lain, meskipun siapa pun yang telah bekerja di industri konstruksi atau perumahan akan memiliki keunggulan.


11. Menjadi Translator

Jika Anda menguasai 2 atau 3 bahasa, Anda dapat mencari nafkah di rumah dengan menerjemahkan dokumen. Perhatikan juga bahwa banyak penerjemah bekerja secara lepas, jadi Anda dapat membuat bisnis terjemahan kemudian menyelesaikan pekerjaan satu kali untuk berbagai klien.

Memulai bisnis terjemahan bisa dimulai dengan membuat situs web dasar untuk mengiklankan layanan Anda. Anda juga dapat menjangkau bisnis di wilayah Anda yang mungkin memerlukan terjemahan dari satu bahasa ke bahasa lain, atau mencoba membangun jaringan di bidang bisnis yang Anda yakini dapat memperoleh manfaat dari layanan Anda di masa mendatang.


12. Memulai Bisnis Organisasi Rumahan

Jika Anda seseorang yang menata ulang lemari untuk bersenang-senang dan tampak indah di pandang, tawarkan layanan Anda kepada individu dan bisnis yang tidak teratur. Anda tidak memerlukan gelar untuk memulai bisnis ini, dan mungkin juga tidak terlalu sulit untuk mendapatkan klien. Yang harus Anda lakukan adalah membuat situs web atau grup Facebook sederhana untuk mengiklankan layanan Anda. Anda juga dapat memposting iklan di halaman media sosial lokal.


13. Pertanian Herbal

Berkebun bisa sangat menenangkan, dan berpotensi sangat menguntungkan. Dengan meningkatnya minat pada terapi alternatif dan permintaan akan makanan organik dan yang ditanam secara lokal, seorang petani herbal dapat menemukan banyak pelanggan, terutama jika Anda berada di daerah perkotaan.

Sementara pertanian herbal memang membutuhkan ruang untuk tumbuh cukup kecil dan hampir semua rumah dapat sedikit dimodifikasi untuk memungkinkan adanya kebun herbal yang luas.

13. Menjadi Tutor
Latar belakang pendidikan sangat membantu untuk les, tapi tidak perlu. Yang benar-benar Anda butuhkan hanyalah keterampilan hebat dalam satu atau lebih bidang studi. Dengan banyak pengetahuan tentang topik tertentu seperti matematika atau sains, Anda dapat membantu siswa lokal untuk berprestasi lebih baik di kelas mereka.

Seharusnya mudah mencari pekerjaan sebagai tutor. Anda dapat mengiklankan layanan Anda di lingkungan sekitar Anda, atau bahkan menjangkau sekolah-sekolah setempat.

14. Ajarkan Pelajaran Musik
Mengajar les piano (atau gitar atau biola atau menyanyi) di luar rumah Anda adalah cara yang mapan bagi pasangan yang tinggal di rumah untuk menghasilkan sedikit uang tambahan.

Jika Lois Griffin bisa melakukannya, begitu pula wirausahawan yang berpikiran musik.

Meskipun Anda dapat mengajar pelajaran musik secara langsung, beberapa situs web juga memungkinkan Anda memasarkan layanan atau bahkan mengajarkan pelajaran musik secara online. Beberapa opsi terbaik termasuk Live Music Tutor dan Take Lessons.


15. Menjadi Grant Witer

Lembaga nirlaba, universitas, rumah sakit, dan organisasi komunitas lainnya semuanya memiliki kebutuhan yang besar akan uang hibah untuk menambah anggaran mereka, tetapi dana hibah sangat sulit untuk ditulis untuk pertama kalinya.

Jika Anda memiliki pengalaman manjadi Grant Writer atau ingin belajar bagaimana melakukannya dengan mempraktikkan keterampilan Anda tanpa membayar beberapa organisasi nirlaba, Anda dapat memulai bisnis Grant Writer yang menguntungkan.

Menurut eHow, penulis hibah dapat menghasilkan mulai dari $ 40.300 hingga $ 67.000.


16. Lakukan Transkripsi Medis dari Rumah

Industri medis memiliki kebutuhan besar bagi individu untuk mentranskripsikan dikte audio menjadi laporan yang koheren. Transcriptionists memang membutuhkan pendidikan — umumnya gelar dua tahun — untuk memastikan mereka memahami terminologi medis yang misterius.

Anda mungkin dapat mengambil klien transkripsi medis Anda sendiri jika Anda menghubungi profesional medis di daerah Anda, tetapi juga memungkinkan untuk terhubung dengan pekerjaan transkripsi medis jika Anda mendaftar ke platform seperti FlexJobs.com.


Tips Menjalankan Bisnis di Luar Rumah

Menjalankan bisnis rumahan jauh berbeda dengan pergi ke kantor untuk pekerjaan jam 9 sampai jam 5 sore. Anda harus menghadapi lebih banyak gangguan sebagai permulaan, tetapi Anda juga harus memiliki tingkat kedisiplinan tertentu untuk membuatnya berhasil. Lagi pula, Anda tidak akan memiliki atasan yang mengawasi Anda lagi.

Selain memastikan Anda berdedikasi pada ide bisnis rumahan dan siap bekerja keras, berikut beberapa kiat tambahan yang dapat membantu:

  • Miliki ruang khusus untuk bekerja. Jika ide bisnis rumahan Anda adalah ide yang benar-benar habis dari rumah Anda, pastikan Anda memiliki ruang terpisah untuk bekerja. Ini bisa menjadi area ruang makan tempat Anda dapat menyiapkan meja, atau mungkin Anda memiliki ruang bawah tanah tempat Anda dapat menyiapkan ruang kantor khusus. Apa pun yang harus Anda kerjakan, pastikan Anda memiliki area kerja di mana Anda dapat fokus pada pekerjaan yang akan datang.
  • Tetapkan jadwal. Jika Anda tidak memiliki pekerjaan tetap, mudah saja untuk terus menunda pekerjaan Anda hingga tidak pernah selesai. Dengan mengingat hal itu, akan cerdas untuk menetapkan jam kerja yang ketat seperti yang Anda lakukan jika Anda bekerja untuk orang lain. Anda tidak harus bekerja 9 sampai 5, tetapi Anda harus menetapkan jam kerja yang tidak pernah berubah.
  • Lindungi waktu kerja Anda dari keluarga dan teman. Jangan biarkan keluarga dan teman menyabotase bisnis rumahan Anda karena mereka tahu Anda di rumah. Pastikan Anda memberi tahu semua orang bahwa Anda sebenarnya bekerja dari rumah, jadi Anda tidak dapat mengobrol di telepon, menjalankan tugas untuk mereka, atau mengawasi anak-anak mereka.
  • Pisahkan keuangan bisnis Anda. Setelah bisnis Anda aktif dan berjalan, sebaiknya ambil langkah-langkah untuk memisahkan keuangan bisnis Anda. Ini biasanya melibatkan menyiapkan rekening giro bisnis, mendaftar untuk kartu kredit bisnis, dan membuat folder untuk tanda terima dan dokumen lain yang perlu Anda lacak untuk keperluan bisnis dan pajak.
  • Pelajari cara melakukan outsourcing secara efektif. Tip ini untuk bisnis rumahan menengah, tetapi tetap penting. Saat Anda mengembangkan operasi, Anda pasti ingin mencari tahu apa yang harus Anda lakukan outsourcing sehingga Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk bisnis Anda. Ini mungkin berarti membayar pemegang buku untuk memantau pengeluaran Anda, atau mungkin bahkan melakukan outsourcing untuk pembersihan dan tugas di rumah Anda sehingga Anda memiliki lebih banyak waktu untuk bekerja.
LihatTutupKomentar