5 Cara Investasi Reksadana Mudah dan Pasti Untung Untuk Pemula

Bagi Anda yang ingin memulai investasi reksadana, Anda harus memahami tentang reksadana secara lengkap disini.

investasi reksadana


Apa Itu Investasi Reksadana?

Reksadana adalah perusahaan yang mengumpulkan uang dari banyak investor dan menginvestasikan uangnya dalam sekuritas seperti saham, obligasi, dan hutang jangka pendek. Kepemilikan gabungan dari reksa dana dikenal sebagai portofolionya. Investor membeli saham di reksa dana. Setiap saham mewakili kepemilikan bagian investor dalam dana dan pendapatan yang dihasilkannya.


Investasi reksa dana menjadi sangat populer di kalangan investor perorangan karena keuntungan yang mereka berikan. Di antara sekian banyak keuntungan, faktor terpenting yang mendorong investor ke reksa dana adalah investor bisa:

  • Mulai dengan jumlah berapa pun
  • Diversifikasi di berbagai saham dan instrumen lain seperti hutang, emas, dll.
  • Mulai investasi bulanan otomatis (SIP)
  • Investasi tanpa perlu membuka akun DMAT

Keunggulan Reksadana

Ada banyak alasan mengapa investor memilih berinvestasi di reksadana. Mari kita uraikan detail dari beberapa.

Manajemen Portofolio Lanjutan
Ketika Anda membeli reksa dana, Anda membayar biaya manajemen sebagai bagian dari rasio pengeluaran Anda, yang digunakan untuk menyewa manajer portofolio profesional yang membeli dan menjual saham, obligasi, dll. Ini adalah harga yang relatif kecil untuk dibayar untuk mendapatkan bantuan profesional dalam pengelolaan portofolio investasi.

Investasi Ulang Dividen
Karena dividen dan sumber pendapatan bunga lainnya diumumkan untuk dana tersebut, dana tersebut dapat digunakan untuk membeli saham tambahan di reksa dana, sehingga membantu investasi Anda tumbuh.

Pengurangan Risiko (Keamanan)
Pengurangan risiko portofolio dicapai melalui penggunaan diversifikasi, karena sebagian besar reksadana akan berinvestasi di antara 50 hingga 200 sekuritas yang berbeda — bergantung pada fokusnya. Banyak reksa dana indeks saham yang memiliki 1.000 atau lebih posisi saham individu.

Kenyamanan dan Harga Wajar
Reksadana mudah dibeli dan dipahami. Mereka biasanya memiliki investasi minimum yang rendah (sekitar $ 2.500) dan mereka diperdagangkan hanya sekali sehari pada penutupan nilai aset bersih. Ini menghilangkan fluktuasi harga sepanjang hari dan berbagai peluang arbitrase yang dipraktikkan oleh pedagang hari itu.

Kekurangan Reksadana

Namun, ada juga kerugian menjadi investor reksa dana. Berikut adalah tampilan yang lebih rinci tentang beberapa masalah tersebut.

Rasio Biaya Reksada dan Biaya Penjualan Tinggi
Jika Anda tidak memperhatikan rasio pengeluaran reksa ana dan biaya penjualan, mereka bisa lepas kendali. Berhati-hatilah saat berinvestasi pada dana dengan rasio pengeluaran lebih tinggi dari 1,20%, karena dana tersebut dianggap memiliki biaya yang lebih tinggi. Waspadai biaya iklan dan biaya penjualan secara umum. Ada beberapa perusahaan dana bagus di luar sana yang tidak memiliki biaya penjualan. Biaya mengurangi pengembalian investasi secara keseluruhan

Pelanggaran Manajemen
Churning, turnover, dan window dressing dapat terjadi jika manajer Anda menyalahgunakan wewenangnya. Ini termasuk perdagangan yang tidak perlu, penggantian yang berlebihan, dan menjual yang merugi sebelum akhir kuartal untuk memperbaiki pembukuan.

Inefisiensi Pajak
Suka atau tidak, investor tidak punya pilihan dalam hal pembayaran capital gain di reksadana. Karena perputaran, penebusan, keuntungan, dan kerugian dalam kepemilikan sekuritas sepanjang tahun, investor biasanya menerima distribusi dari dana yang merupakan peristiwa pajak yang tidak terkendali.

Eksekusi Perdagangan yang Buruk
Jika Anda melakukan perdagangan reksadana kapan saja sebelum batas waktu untuk NAB di hari yang sama, Anda akan menerima harga penutupan NAB yang sama untuk pembelian atau penjualan Anda di reksa dana.2 Untuk investor yang mencari waktu eksekusi lebih cepat, mungkin Karena cakrawala investasi yang pendek, perdagangan harian, atau pengaturan waktu pasar, reksa dana memberikan strategi eksekusi yang lemah.

Jenis-Jenis Reksadana


Reksadana Ekuitas

Reksadana ekuitas artinya membeli saham dari kumpulan perusahaan publik. Sebagian besar reksadana di pasar (55%) adalah beberapa jenis reksa dana ekuitas, menurut Investment Company Institute. Reksadana ekuitas memiliki potensi pertumbuhan yang lebih tinggi tetapi lebih berpotensi untuk mengalami volatilitas nilai. Semakin muda Anda, semakin banyak portofolio Anda harus memasukkan dana ekuitas, saran perencana keuangan, karena Anda memiliki lebih banyak waktu untuk menghadapi naik turunnya nilai pasar yang tak terhindarkan.

Reksadana Obligasi

Reksa dana obligasi merupakan jenis reksa dana pendapatan tetap yang paling umum, di mana (seperti namanya) investor dibayar kembali dengan jumlah tetap dari investasi awal mereka. Reksa dana obligasi adalah jenis reksa dana terpopuler kedua, terhitung sekitar satu dari setiap lima dana di pasar, menurut ICI.

Daripada membeli saham, dana obligasi berinvestasi pada hutang pemerintah dan perusahaan. Dianggap sebagai investasi yang lebih aman daripada saham, dana obligasi memiliki potensi pertumbuhan yang lebih kecil daripada dana ekuitas.

Sama seperti penasihat yang mengatakan bahwa dana ekuitas menguntungkan kaum muda, investor yang mendekati pensiun harus memiliki lebih banyak dana obligasi dalam portofolio mereka untuk melindungi telur sarang mereka sambil mendapatkan lebih banyak bunga daripada menyimpan uang tunai itu di rekening tabungan bank.

Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang meerupakan reksadana pendapatan tetap yang berinvestasi pada hutang jangka pendek berkualitas tinggi dari pemerintah, bank, atau perusahaan. Contoh aset yang dipegang oleh dana ini termasuk U.S. Treasurys, sertifikat deposito, dan surat berharga. Mereka dianggap sebagai salah satu investasi teraman dan merupakan 15% dari pasar reksa dana, menurut ICI.

Reksadana Perimbangan

Juga dikenal sebagai dana alokasi aset, investasi ini merupakan kombinasi dari reksadana ekuitas dan reksadana obligasi dengan rasio investasi tetap seperti 60% saham dan 40% obligasi. Jenis reksadana yang paling terkenal adalah reksa dana target-date, yang secara otomatis mengalokasikan kembali rasio investasi dari ekuitas ke obligasi saat Anda mendekati masa pensiun.

Reksadana Indeks

Reksadana indeks adalah jenis reksadana yang kepemilikannya sesuai atau melacak indeks pasar tertentu, seperti S&P 500. Reksa dana indeks telah meledak dalam popularitas dalam beberapa tahun terakhir, berkat munculnya strategi investasi pasif, yang, seiring waktu, biasanya mendapatkan hasil yang lebih baik daripada pendekatan yang dikelola secara aktif. Seperti reksa dana ekuitas, reksa dana indeks dapat bervariasi menurut ukuran perusahaan, sektor, dan lokasi.

Reksadana Khusus atau Alternatif

Jenis dana yang mencakup semua ini termasuk dana lindung nilai, kontrak berjangka yang dikelola, komoditas, dan perwalian investasi real estat. Ada juga minat investor yang meningkat pada reksa dana perusahaan yang bertanggung jawab secara sosial, yang menghindari investasi di industri kontroversial seperti tembakau atau senjata api dan sebaliknya berfokus pada pendanaan perusahaan dengan praktik lingkungan dan perburuhan yang kuat.


Cara Investasi Reksadana

Anda dapat membeli reksadana dalam 5 langkah, yaitu:
  1. Putuskan apakah akan aktif atau pasif. Biaya dan kinerja sering kali mendukung investasi pasif.
  2. Hitung anggaran Anda. Funds dapat melacak indeks terkenal seperti S&P 500 atau industri atau jenis perusahaan tertentu.
  3. Putuskan di mana Anda akan membeli reksa dana. Temukan dana yang tepat untuk anggaran Anda.
  4. Pahami dan teliti biaya. Pialang yang menawarkan reksa dana tanpa biaya transaksi dapat membantu memangkas biaya.
  5. Bangun dan kelola portofolio Anda. Periksa dan seimbangkan kembali campuran aset Anda setahun sekali.

Pertimbangkan juga hal-hal berikut, jika Anda ingin berivestasi reksadana:

1. Investasikan 15% dari pendapatan Anda.

Membangun kekayaan membutuhkan kerja keras dan disiplin. Mencoba-coba berinvestasi di sana-sini tidak akan membawa Anda jauh. Jika Anda ingin berinvestasi untuk masa depan, Anda perlu merencanakan investasi secara konsisten — apa pun yang dilakukan pasar.

Dave merekomendasikan menginvestasikan 15% dari pendapatan Anda untuk masa pensiun. Setelah Anda melunasi semua hutang kecuali rumah Anda dan membangun dana darurat yang solid, Anda seharusnya bisa mengukir 15% untuk masa depan Anda. Ini mungkin terasa seperti pengorbanan pada awalnya, tetapi itu sepadan. Begitu Anda terbiasa berinvestasi secara konsisten, Anda akan menyadari bahwa Anda tidak akan melewatkan uang itu!


2. Diversifikasi portofolio investasi Anda.

Dave merekomendasikan empat jenis reksa dana dan menyebarkan investasi Anda secara merata di setiap jenis. Menjaga portofolio Anda tetap seimbang membantu Anda meminimalkan risiko terhadap naik turunnya pasar saham.

Setiap jenis dana dapat merespon secara berbeda untuk acara yang sama. Artinya, jika satu dana turun, dana lain bisa naik.

Brant Spesshardt, seorang profesional investasi di Raleigh, N.C., membantu menjelaskan empat kategori reksa dana yang dibicarakan Dave dan alasan mengapa ia merekomendasikannya:

  • Pertumbuhan dan pendapatan: Dana ini menciptakan fondasi yang stabil untuk portofolio Anda. Brant menggambarkan mereka sebagai perusahaan Amerika yang besar dan membosankan yang telah ada sejak lama dan menawarkan barang dan jasa yang digunakan orang terlepas dari ekonominya. Dengan pertumbuhan dan pendapatan, pastikan untuk mencari dana dengan sejarah pertumbuhan stabil yang juga memberikan dividen. Anda mungkin menemukan ini tercantum di bawah kategori dana kapitalisasi besar atau nilai besar. Mereka juga bisa disebut blue chip, pendapatan dividen atau dana pendapatan ekuitas.
  • Pertumbuhan: Kategori ini menampilkan perusahaan A.S. menengah atau besar yang sedang mengalami pertumbuhan. Tidak seperti dana pertumbuhan dan pendapatan, dana ini cenderung surut dan mengalir bersama perekonomian. Misalnya, Anda mungkin menemukan perusahaan yang membuat gadget "itu" atau barang mewah terbaru dalam bauran dana pertumbuhan Anda. Label umum untuk kategori ini termasuk dana mid-cap, ekuitas atau pertumbuhan.
  • Pertumbuhan agresif: Pikirkan kategori ini sebagai anak liar dari portofolio Anda. Saat dana ini habis, mereka sudah habis. Dan saat mereka turun, mereka juga turun. Dana pertumbuhan agresif biasanya berinvestasi di perusahaan kecil. "Jadi dana berkapitalisasi kecil akan memenuhi syarat — atau bahkan dana berkapitalisasi menengah yang diinvestasikan di perusahaan kecil hingga menengah," kata Brant. Tetapi ukuran bukanlah satu-satunya pertimbangan. Geografi juga bisa berperan. "Pertumbuhan agresif terkadang bisa berarti perusahaan besar yang berbasis di pasar negara berkembang," tambahnya.
  • Internasional: Dana internasional sangat bermanfaat karena menyebarkan risiko Anda ke luar wilayah AS dan berinvestasi di perusahaan non-AS besar yang Anda kenal dan sukai seperti Trader Joes, Firestone, dan Gerber. Anda mungkin melihat ini disebut sebagai dana asing atau luar negeri. Hanya saja, jangan membuat mereka bingung dengan dana dunia atau global, yang mengelompokkan saham AS dan asing.


3. Jangan mengejar pengembalian.

Mungkin tergoda untuk mendapatkan tunnel vision dan hanya fokus pada dana atau sektor yang menghasilkan keuntungan luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Tapi Brant berhati-hati terhadap strategi itu.

"Tidak ada yang bisa menentukan waktu pasar," katanya. "Investor hanya perlu mengingat bahwa Anda tidak pernah ingin meletakkan semua telur Anda dalam satu keranjang. Ini jangka panjang, dan Anda ingin mencoba menjaga investasi Anda sesederhana dan sesederhana mungkin."

Sebelum berkomitmen pada suatu dana, ambil langkah mundur dan pertimbangkan gambaran besarnya. Bagaimana kinerjanya selama lima tahun terakhir? Bagaimana dengan 10 atau 20 tahun terakhir? Pilih reksa dana yang bertahan dalam ujian waktu dan terus memberikan keuntungan jangka panjang yang kuat.


4. Pelajari kembali istilah investasi.

Anda tidak perlu menjadi ahli dalam istilah investasi untuk memilih reksa dana yang tepat. Tetapi pemahaman dasar tentang beberapa istilah yang paling umum akan membantu. Berikut ini beberapa untuk Anda mulai:

  • Alokasi Aset: Praktik menyebarkan investasi Anda (mendiversifikasi) di antara berbagai jenis investasi dengan tujuan meminimalkan risiko investasi sekaligus memaksimalkan pertumbuhan investasi.

  • Biaya: Pastikan untuk memahami struktur biaya yang terkait dengan penggunaan penasihat keuangan. Sekali lagi, bicarakan dengan beberapa profesional untuk membandingkan struktur komisi sebelum Anda membuat keputusan tentang penasihat keuangan mana yang akan Anda gunakan. Perhatikan juga rasio pengeluaran dana. Rasio yang lebih tinggi dari 1% dianggap mahal.

  • Large-, Medium- and Small-Cap: Cap adalah singkatan dari kapitalisasi, yang berarti uang. Bagi kebanyakan investor, ini mengacu pada ukuran dan nilai perusahaan. Perusahaan besar memiliki risiko lebih rendah, tetapi Anda akan menghasilkan lebih sedikit uang. Perusahaan berkapitalisasi menengah cukup berisiko, dan perusahaan berkapitalisasi kecil adalah yang paling berisiko — tetapi memiliki keuntungan terbesar.

  • Kinerja (Tingkat Pengembalian): Anda menginginkan riwayat pengembalian yang kuat untuk setiap dana yang Anda pilih untuk diinvestasikan. Fokus pada pengembalian jangka panjang, 10 tahun atau lebih jika memungkinkan. Anda tidak mencari tingkat pengembalian tertentu, tetapi Anda menginginkan dana yang secara konsisten mengungguli sebagian besar dana dalam kategorinya.


5. Temukan seorang profesional investasi.

Jika Dave pernah mengatakannya, ia mengatakannya ratusan kali: Jangan pernah berinvestasi pada apa pun yang tidak Anda pahami. Tidak ada yang peduli dengan masa depan Anda seperti Anda, jadi untuk kepentingan terbaik Anda adalah bertanggung jawab atas pendidikan reksa dana Anda sendiri.

Namun terkadang Anda membutuhkan sedikit bantuan untuk menerjemahkan. Dan di situlah ahli investasi berguna.

Seorang profesional investasi yang baik dapat membantu Anda memilah-milah istilah tersebut dan menentukan apakah reksa dana yang menurut Anda sesuai dengan tujuan Anda benar-benar berhasil. Perjelas tujuan Anda di awal untuk memastikan Anda dan profesional Anda berada di halaman yang sama sebelum membuat pilihan.

Ingatlah untuk meluangkan waktu Anda dan wawancarai beberapa Pro SmartVestor sebelum Anda membuat keputusan. Mempekerjakan penasihat keuangan yang tepat dapat membuat perbedaan besar!

Bagaimana jika Anda tahu banyak tentang investasi, dan senang meneliti pilihan Anda sendiri? Apakah Anda masih membutuhkan seorang penasihat? Iya! Faktanya, bahkan Dave memiliki seorang penasihat!

Pikirkan penasihat Anda sebagai seorang pelatih, namun Anda yang menentukan.


6. Tetap terlibat dalam rencana pengembangan kekayaan Anda.

Anda harus selalu tahu bagaimana uang Anda diinvestasikan dan peran apa yang dimainkannya dalam membantu Anda mencapai tujuan jangka panjang. Bagaimanapun, ini adalah masa depan Anda yang sedang kita bicarakan!

Tetap terlibat dengan kinerja dana Anda dan secara teratur menyeimbangkan kembali portofolio Anda. Seiring waktu, reksa dana tertentu dapat mulai mengambil lebih banyak ruang dalam portofolio investasi Anda, yang dapat membuat Anda berisiko. Ingat, Anda tidak ingin semua telur Anda berada dalam satu keranjang. Anda ingin risiko itu tersebar secara merata di antara empat jenis dana.

Anda harus selalu terbuka dan jujur tentang pertanyaan apa pun yang Anda miliki dalam pertemuan rutin dengan penasihat keuangan Anda. Mereka dapat membantu Anda membuat rencana pembangunan kekayaan dan memperkirakan pendapatan pensiun Anda berdasarkan keseluruhan gambaran keuangan Anda.
LihatTutupKomentar