Contoh Proposal Usaha Kerajinan, Makanan, Minuman, dan Jasa Terbaik

Dapatkan contoh proposal usaha makanan, minuman, dan jasa terbaru 2021. Bisa menjadi ide usaha Anda atau sebagai gambaran untuk memulai melakukan usaha Anda.



Sebelum Anda memulai melakukan usaha, ada baiknya Anda menyusun proposal usaha. Yang didalamnya secara detail menggambarkan rencana usaha Anda. Mulai dari jenis usaha, tujuan usaha, target usaha, hingga laba/rugi. Sehingga Anda dapat mengetahui apa-apa saja yang dapat Anda cita-citakan/harapkan dari usaha Anda, dan mitra usaha Anda pun mengetahui hal-hal detail tentang usaha Anda sebagai bahan pertimbangan kerjasama.


Proposal bisnis/usaha adalah dokumen formal yang dibuat oleh perusahaan dan diberikan kepada prospek dengan tujuan mengamankan perjanjian bisnis.


Kesalahpahaman umum bahwa proposal bisnis dan rencana bisnis adalah sama. Tujuan proposal adalah untuk menjual produk atau layanan Anda, bukan bisnis Anda sendiri. Alih-alih membantu pencarian investor untuk mendanai bisnis Anda, proposal membantu Anda mencari pelanggan baru.

JENIS-JENIS PROPOSAL USAHA/BISNIS

Ada dua jenis proposal bisnis: tidak diminta dan diminta.

  • Proposal Bisnis yang Tidak Diminta - Dengan proposal bisnis yang tidak diminta, Anda mendekati pelanggan potensial dengan proposal, meskipun mereka tidak memintanya, untuk mendapatkan bisnis mereka.
  • Proposal Bisnis yang Diminta - Proposal bisnis yang diminta diminta oleh calon klien.


STRUKTUR PROPOSAL USAHA

  • Halaman judul.
  • Daftar isi.
  • Latar Belakang yang ditulis dengan ringkasan eksekutif.
  • Sebutkan masalah atau kebutuhan.
  • Ajukan solusi.
  • Bagikan kualifikasi Anda.
  • Sertakan opsi harga.
  • Perjelas syarat dan ketentuan Anda.
  • Beri spasi untuk tanda tangan untuk mendokumentasikan perjanjian.


CONTOH PROPOSAL USAHA TERBAIK

CONTOH PROPOSAL USAHA MAKANAN

Proposal Usaha Nasi Kotak

A.Pendahuluan

Latar belakang

Saat ini warga yang ingin membuat acara atau pekerjaan dengan cara simpel serta singkat dalam soal sajian. Biasanya mereka bertambah berminat untuk pesan makanan dibanding membuat sendiri dengan fakta efektivitas tenaga dan waktu meskipun memang membutuhkan ongkos yang sedikit tambah mahal. Berdasar perihal ini pula kami memiliki ide untuk membentuk bisnis nasi kotak makanan.

A. Faktor manajemen

Usaha ini mempunyai skema buat modal untuk semua pemiliknya. Usaha ini diurus bersama yang mana tiap orang memiliki pekerjaan semasing, Misalnya dari lima orang, tiga orang akan bekerja mengolah masakanan serta menyajikannya. Sedang dua orang lainnya bekerja cari bahan masakan, mengantarkan pesanan serta penerimaan tenaga kerja baru jika diperlukan.

B. Faktor Marketing

a) Sasaran Pasar

Sasaran pasar dalam usaha ini yakni semua warga dari beberapa golongan yang ingin berefisien tenaga dan waktu. Kompetitor dalam usaha ini ialah perusahaan nasi kotak lainnya.

b) Ide marketing

  • lakukan survey
  • lakukan pengembangan
  • lakukan promo

c) Produk serta penentuan Harga

Sebelum tentukan harga kami perlu lakukan penelitian lebih dulu untuk memperbandingkan dengan kompetitor yang lain. Kami membutuhkan suplier yang sanggup menyuplai bahan uatama dengan harga terjangkau diabanding harga umunya, hingga kami bisa membuahkan menu catering nikmat lagi murah.

CONTOH DAFTAR MENU NASI KOTAK

NASI KUNING: Nasi uduk, Ayam goreng, Mie, Perkedel, Kering tempe, Krupuk udang

Harga Rp 15.000,-/kotak

NASI PUTIH/URAP: Nasi Putih, Trancaman, Rempeyek, Urap – urap, Ayam bumbu rujak

Harga: Rp. 15.000,-/Kotak

Serta beberapa masakan yang lain sesuai pesanan konsumen setia

d) Distribusi serta Promo

Untuk buka kesempatan dalam pasar kami akan mengawali dari acara-acara hajatan keluarga sendiri yang kami atur sendiri nasi kotaknya serta di tiap meja penyuguhan kami akan lekatkan nama usaha nasi kotak kami untuk pengenalan serta promo.

Untuk mengenali kualitas serta rasa dari masakan kami, kami akan mengawali dengan mengolah beberapa menu makanan serta menyajikannya dalam tiap acara arisan keluarga, atau perkumpulan yang seringkali kami turuti lantas kami akan minta beberapa tamu untuk memberi komentar menu masakan kami, baik rasa-rasanya atau penampilannya. Dari sini keyakinan ke usaha kami akan ada serta akan menebar dari mulut ke mulut

Selanjutnya, kami akan lakukan penawaran langsung ke beberapa instansi pemerintah dengan membuat promo. yakni tawarkan catering harga miring untuk pemesanan pertama.

C. Faktor Operasional

Faktor penerapan serta operasional sudah kami uraikan di atas jika usaha nasi kotak ini diurus dengan cara bersama-sama dan tiap orang yang terjebak mempunyai pekerjaan serta tanggung jawab semasing

Penjaminan kualitas kami kerjakan dengan kami cuman akan melkukan produksi sesudah memperoleh pesanan hingga makanan yan diberikan pada kondisi fresh.

Usaha nasi kotak makanan ini akan digerakkan dalam tempat yang ramai, seperti pada kantor-kantor, dekat sama instansi pendidikan serta tempat gampang dicapai warga.

D. Faktor Keuangan

Faktor keuangan dari usaha nasi kotak ini ialah kami mendapatkan modal dengan mengumpulkan modal dari lima orang, tiap orangnya keluarkan modal Rp 2.000.000,00. Jadi Modal awal kami sejumlah Rp 10.000.000,00. Di bawah ini kami rincikan prediksi keuangan kami dalam 1 bulan.

Pengendalian Keuangan 1 bulan

1. Kas Rp 10.000.000,00

Modal Rp 10.000.000,00

(Setoran untuk modal awal)

2. Peralatan Rp 2.000.000,00

Dipotong dari Kas Rp 2.000.000,00

(Pembelian Peralatan)

3. Perlengkapan Rp 1.000.000,00

Dipotong dari Kas Rp 1.000.000,00

(Pembelian Perlengkapan)


Hasil Pemasaran dalam 1 bulan

Minimum mendapatkan 4 kali pesanan

2 x Partai Besar (Minimum 200 Bagian @ Rp 15.000,00)

2 x (200 Bagian x Rp 15.000,00) = Rp 6.000.000,00

2 x Partai Kecil (Minimum 50 Bagian @ Rp 16.000,00)

2 x (50 Bagian x Rp 16.000,00) = Rp 1.600.000,00 +

Prediksi Penghasilan minimum 1 bulan Rp 7.600.000,00


Jurnal Transaksi dalam 1 bulan

1. Ongkos Angkut (4 @ Rp 50.000,00) Rp 200.000,00

Kas Rp 200.000,00

2. Ongkos Tenaga Kerja (lima orang @ Rp 50.000,00 x 4 Pesanan)

Ongkos Tenaga Kerja Rp 1.000.000,00

Kas Rp 1.000.000 ,00

3. Ongkos Bahan Baku(@ Rp 8.000,00).

Rp 8.000,00 x 500 Bagian = Rp 4.000.000,00

Ongkos Bahan Baku Rp 4.000.000,00

Kas Rp 4.000.000,00


Laporan Keuntungan /Rugi dalam 1 Bulan

Penghasilan

Bagian Besar 2 x(200 Bagian x Rp 15.000,00) =Rp 6.000.000,00

Bagian Kecil 2 x (50 Bagian x Rp 16.000,00) =Rp 1.600.000,00 +

Keseluruhan: Rp 7.600.000,00


Beberapa biaya

Ongkos Angkut Rp 200.000,00

Ongkos Tenaga Kerja Rp 1.000.000,00

Ongkos Bahan Baku Rp 4.000.000,00

Keseluruhan: Rp 5.200.000,-

Keuntungan Rp 2.400.000,00/bulan


NB:

Sebelum menulis proposal bisnis Anda, penting bagi Anda untuk memahami bisnis tempat Anda menulis proposal. Jika mereka telah mengirimi Anda RFP, pastikan Anda membacanya dengan cermat sehingga Anda tahu persis apa yang mereka cari. Ini juga dapat membantu untuk melakukan panggilan awal atau pertemuan dengan klien baru untuk memastikan Anda memahami sepenuhnya masalah yang mereka coba selesaikan dan tujuan mereka.

Setelah Anda melakukan riset, inilah saatnya untuk mulai menulis proposal bisnis Anda. Tidak ada pendekatan satu ukuran untuk semua dalam menulis proposal bisnis, tetapi mari kita lihat beberapa elemen yang sering disertakan dalam proposal.


CONTOH PROPOSAL USAHA KERAJINAN

Proposal Usaha Kerajinan Sandal Kreatif

BAB I PENDAHULUAN

A. Jenis Usaha

Kerajinan Sandal Kreatif

B. Status Usaha

Usaha yang akan kami lakukan adalah usaha peningkatan.

C. Gambaran Usaha

Usaha kerajinan sandal yang akan kami bangun adalah tipe usaha bertaraf kecil yang cuman akan menghasilkan sandal memiliki bahan baku sandal kempit yang dikasih hiasan boneka dari kain flanel. Alasan kami memastikan tipe usaha kerajinan sandal kreatif ini ialah berdasar atas beberapa hal seperti berikut:

  • Sandal menjadi barang keperluan primer manusia. 
  • Bahan baku yang dipakai tidak susah serta gampang didapatkan. 
  • Ingin Meningkatkan serta tuangkan kreativitas kami dengan membuat sandal yang makin menarik lagi.

D. Tujuan Usaha

Arah dibangunnya usaha kerajinan sandal kreatif ini ialah:

  • Untuk meningkatkan kreativitas kami dalam bagian kerajinan sandal hias kain flanel.
  • Mengubah sandal kempit biasa bertambah lebih menarik lagi.
  • Sebagai bentuk evaluasi kami dalam berwiraswasta. 


BAB II METODE USAHA

A. Produk

Produk kerajian yang ingin kami bikin ialah SANDAL KREATIF, yakni tipe sandal dengan bahan penting berbentuk sandal kempit yang dilapis kain flanel serta dikasih hiasan boneka/accessories yang dibuat dari kain flanel. Bentuk hiasan yang dibikin dapat disamakan dengan kemauan customer. Sandal ini berbentuk universal, tidak cuma untuk beberapa anak dan juga beberapa remaja serta orang dewasa. 

B. Bahan Baku

Bahan baku penting SANDAL KREATIF ialah sandal kempit yang memiliki bahan landasan karet. Dan kain flannel untuk ornament untuk bikin sandal menajadi KREATIF serta cantik.

C. Proses Produksi

Berikut proses pengerjaan SANDAL KREATIF:

  1. Pertama, bersihkan sandal kempit supaya kebersihan masih terbangun lantas dikeringkan.
  2. Bikin skema pada kain flanel sesuai ukuran sandal kempit selanjutnya digunting. Skema yang dibikin sedikit semakin besar dari sandal jepitnya untuk mempermudah di saat penempelanya.
  3. Kain flanel barusan dijahit ke sandal kempit dengan rapi.
  4. Tempelkan boneka kecil yang sduah disediakan pada sandal kempit yang telah terlapisi kain flanel dengan lem kayu.
  5. Sandal kreatif jadi serta siap dijual.

D. Pemasaran

Sasaran pasar yang diincar yakni daerah Cepu serta sekelilingnya. Diprediksikan jumlah penduduknya 6000 jiwa, misalnya 5% dari jumlah masyarakat sebagai target marketing tertarik pada produk sandal kreatif, karena itu jumlah calon customer 300 customer. Taktik marketing kami yakni dengan buka stand. Dengan asumsi customer seputar 300 orang, hingga kami harus menghasilakn minimum 300 produk/bulan.

E. Tempat Produksi

Tempat produksi dikerjakan di Sanggar Kreativitas Smansa Cepu. 

F. Strategi Marketing

  1. Sebar brosur.
  2. Tempel poster ke beberapa tempat.
  3. Datang langsung customer.

G. Analisis SWOT

Faktor kemampuan (strenght), kekurangan (waekness), peluang (opportunities), serta intimidasi (threath) pada usaha ini yakni:

1. Strenght

  • Sandal adalah keperluan primer hingga sandal tetap akan dicari oleh beberapa orang.
  • Sandal kreatif dibikin dengan full-colour serta dengan boneka yang unik hingga jadikan pemakai bertambah nampak menarik.

2. Weakness

  • Perkembangan mode sandal cepat sekali hingga akan susah untuk bertambah meningkatkan inspirasi yang makin baru kembali.
  • Sangat banyak kompetitor yang bekerja di tempat yang serupa.

3. Opportunities

  • Bahan gampang didapatkan.
  • Mengelolanya lumayan gampang.
  • Menghasilkan keuntungan yang lumayan banyak.

4. Threath

  • Perkembangan tren mode sandal yang cepat menyebabkan customer akan berubah ke tipe sandal yang makin paling baru lagi.
  • Pesaing makin banyak.

BAB III TARGET KELUARAN

A. Target produk

Produk sasaran ialah SANDAL KREATIF yang kuat serta menarik sebab hiasannya. Sesuai jumlah customer yang direncanakan, produksi sandal kreatif yang akan dibuat ialah 12 pasang sandal /hari atau 300 perbulan dengan hitungan 25 hari kerja per bulan.

B. Target customer

Sasaran customer adalah wanita semua umur.

C. Target penghasilan

Sasaran penghasilan yang ingin kami dapatkan/hari ialah Rp. 220.000,- serta dalam satu bulan bisa mendapatkan Rp. 556.000,-


BAB IV RENCANA ANGGARAN BIAYA

A. Rencana Ongkos Usaha

Gagasan ongkos usaha yang akan kami kerjakan ialah seperti berikut:

1. Biaya Operasional

No.

Jenis Bahan

Vol

Harga/Satuan

(Rp.)

Jumlah

(Rp.)

1

Sandal jepit

12

10.000,-

120.000,-

2

Kain flanel

10

4.000,-

40.000,-

3

Boneka hias

12

2.000,-

36.000,-

4

Lem kayu

3

4.000,-

12.000,-

5

Gunting

3

4.000,-

12.000,-

220.000,-

 


Bahan Pendamping


No.

Jenis Bahan

Vol

Harga/Sat

(Rp.)

Jumlah

(Rp.)

1.

Plastik

1

7.000,-

7.000,-

2.

Karton

2

3.000,-

6.000,-

3.

Pulpen

3

2.000,-

6.000,-

4.

Spidol

1

5.000,-

5.000,-

5.

Nota bon

1

5.000,-

5.000,-

6.

Steples + isi

1

8.000,-

8.000,-

7.

Jarum

1

3.000,-

3.000,-

8.

Benang

5

1.000,-

5.000,-

9.

Poster

1

15.000,-

15.000,-

10.

Fotocopy

100

200,-

20.000,-

11.

Taplak meja

2

10.000,-

20.000,-

100.000,-

 


B. Perhitungan Harga Jual

No.

Jenis Biaya

Jumlah Biaya (Rp.)

Kapasitas Produk

Biaya per Unit

1.

Biaya bahan baku per hari

220.000,-

12

19.000,-

2.

Biaya perlengkapan per hari

100.000,-

12

9.000,-

Total biaya operasi per hari

320.000,-

Total biaya per unit

27.000,-

Margin keuntungan yang diharapkan

30%

Harga jual produk per unit

27.000,- + 10.000 = 37.000,-

BAB V PENUTUP

Demikian proposal usaha kerajinan sandal kreatif ini kami berikan. Mengenai arah dari proposal usaha ini untuk mengenalkan lebih komplet/jelas mengenai produk kami serta agar mengundang beberapa penanam modal untuk bekerja bersama dalam membuat usaha kerajinan sandal kreatif ini. 

Mudah-mudahan semuanya yang tercatat dalam proposal ini bisa dimengerti dengan gampang serta calon penanam modal berasa berminat untuk masuk dalam usaha kerajinan ini. Atas perhatiannya kami berterima kasih. 


CONTOH PROPOSAL USAHA MINUMAN

Proposal Usaha Minuman Energi


1. Sekilas Industri

Industri produksi minuman energi adalah industri senilai $ 8 miliar yang memiliki pertumbuhan tahunan sebesar 14,3% dan telah mempekerjakan sekitar 6.500 orang di Amerika Serikat. Industri minuman energi telah mencapai pertumbuhan dua digit dari tahun 2010 hingga 2015.

Industri produksi minuman energi menurut indeks telah mengungguli sebagian besar industri produksi minuman dalam kemasan lainnya. Ini karena ekonomi positif telah memastikan peningkatan pendapatan yang dapat dibelanjakan yang membuat produsen minuman energi diuntungkan secara besar-besaran.

Seperti pada tahun 2011, pelanggan membeli minuman energi lebih sedikit terutama karena resesi, dan ini mempengaruhi industri minuman energi karena konsumen menimbun alternatif lain yang lebih murah. Ada juga peningkatan konsumsi minuman berenergi terutama di kalangan dewasa muda dan remaja, yang memungkinkan industri ini berkembang pesat dan bagi operator untuk mendapatkan kembali investasi mereka.

Namun, terlepas dari pertumbuhan positif di industri, pertumbuhan diperkirakan akan melambat dalam lima tahun ke depan, dari 2016 hingga 2021, terutama karena tampaknya pasar akan jenuh dengan produk dan merek baru dari perusahaan baru juga. seperti dari merek mapan.

Menurut Investopedia, industri minuman energi sedang jenuh, yang menyulitkan perusahaan kecil maupun baru untuk bersaing. Merek lama - Redbull, Monster atau Rockstar - tidak memiliki ancaman serius dari perusahaan yang baru didirikan atau perusahaan kecil lainnya.

Namun, merek yang membedakan dirinya dalam hal produk, layanan, pemasaran, dan publisitas memiliki peluang untuk berhasil di industri. Namun, masih ada persaingan untuk ruang pajang serta tantangan distribusi.

Intinya adalah bahwa industri produksi minuman energi masih tumbuh menguntungkan karena permintaan minuman lain telah menurun, terlepas dari semua kebijakan regulasi yang ketat terhadap industri dan tantangan kesehatan yang ditimbulkannya.

2. Ringkasan Eksekutif

Zuzu Lite Energy Drinks LLC adalah perusahaan produksi minuman energi terkemuka yang berbasis di Pittsburgh - California, AS dengan tujuan memproduksi minuman energi untuk dijual oleh distributor dan pengecer. Kami bermaksud untuk menjangkau berbagai macam pelanggan, itulah sebabnya kami telah menghasilkan rasa yang berbeda dari minuman energi kami.

Kami berada dalam bisnis tidak hanya untuk menghasilkan keuntungan tetapi juga bersaing secara menguntungkan dengan merek lain - yang sudah mapan dan akan datang di industri minuman energi. Kami telah menyempurnakan tujuan perusahaan serta struktur bisnis kami untuk memastikan bahwa kami menjadi yang terbaik di industri.

Kami juga telah memperoleh peralatan terbaik yang akan dibutuhkan untuk mencampur minuman energi kami. Selain itu, kaleng dan botol kami dirancang dengan mempertimbangkan pelanggan kami; itu untuk menarik pelanggan dan juga mencapai penggunaan ergonometri tinggi bagi pengguna, memberikan pegangan yang bagus.

Industri minuman energi memiliki regulasi yang ketat, sehingga minuman kami dikemas dalam lingkungan yang sangat terkontrol yang tidak hanya higienis tetapi juga kondusif untuk penyimpanan. Kami memegang standar produksi yang tinggi dan oleh karena itu tidak akan berkompromi untuk memastikan bahwa kami selalu menghasilkan yang terbaik untuk pelanggan kami.

Karena kami bermaksud untuk melangkah lebih jauh dalam bisnis ini, kami telah mempekerjakan orang-orang terbaik yang akan memastikan bahwa kami tidak hanya mencapai visi kami tetapi juga bahwa kami tumbuh menjadi pemimpin yang kami inginkan dan berkembang ke negara bagian lain di Amerika Serikat . Sumber daya karyawan kami menggunakan strategi ketenagakerjaan terbaik.

Karyawan kami akan sangat terlatih dan akan menjalani pelatihan berkelanjutan untuk memastikan bahwa keterampilan mereka tetap relevan baik di perusahaan maupun di industri. Kami juga tahu bahwa memiliki keterampilan ini akan meningkatkan produktivitas mereka di tempat kerja.

Karena kami menjunjung tinggi pelanggan kami, kami berkomitmen untuk memastikan bahwa kami tidak hanya memenuhi harapan mereka tetapi juga melampauinya. Ini akan memastikan bahwa pelanggan kami tetap setia kepada kami dan juga membantu merujuk orang lain kepada kami juga, sehingga meningkatkan basis pelanggan dan basis pendapatan kami juga.

Zuzu Lite Energy Drinks LLC dimiliki dan dioperasikan oleh dua pengusaha pribumi, Tuan Chu Zing dan Tuan Taylor Wang, keduanya lulusan Harvard dan mitra bisnis di beberapa bisnis. Kedua pria tersebut akan membawa pengalaman bisnis yang diperlukan yang dibutuhkan bisnis.

3. Produk dan Layanan Kami

Zuzu Lite Energy Drinks LLC bermaksud untuk menangani berbagai rasa dan jenis minuman energi yang akan dijual di berbagai lokasi di Pittsburgh - California dan di seluruh Amerika Serikat.

Namun, kami tidak bermaksud menghasilkan uang hanya dari penjualan minuman energi karena kami bermaksud menghasilkan uang dari berbagai sumber dengan menjual produk dan layanan lain. Namun, semua penjualan kita akan dipandu berdasarkan undang-undang hukum Amerika Serikat.

Di bawah ini adalah beberapa produk dan layanan yang ingin kami tawarkan di Zuzu Lite Energy Drinks LLC;

Rasa dan merek minuman energi yang berbeda
Minuman minuman lainnya
Jasa konsultasi
Pelatihan
Waralaba
Kemitraan Bisnis

4. Pernyataan Misi dan Visi Kami

Visi kami adalah membawa serangkaian tujuan baru ke industri produksi minuman energi dengan memproduksi minuman yang akan menjadikan kami pemimpin dalam industri.

Untuk mencapai visi kami, kami bermaksud untuk memulai dengan menyusun dan menerapkan strategi yang akan membuat kami menjadi pemimpin industri dan juga bersaing secara menguntungkan dengan pesaing kami. Kami bermaksud untuk menjadi salah satu dari 3 perusahaan produksi minuman energi teratas di Pittsburg - California dan 7 teratas di seluruh Amerika Serikat.

Struktur Bisnis Kami

Pentingnya struktur bisnis tidak boleh terlalu ditekankan dalam bisnis apa pun karena mendapatkan struktur bisnis yang benar akan memungkinkan bisnis tidak hanya dimulai dengan langkah yang benar tetapi juga memiliki kesalahan awal yang lebih sedikit daripada biasanya. Inilah alasan mengapa kami menangani struktur bisnis kami dengan sangat serius.

Kami tahu betapa pentingnya mendapatkan orang yang tepat, jadi kami bermaksud mencari karyawan yang tidak hanya kompeten dan profesional tetapi juga mereka yang memahami visi dan tujuan perusahaan kami dan bersedia melihat bahwa mereka bekerja untuk mewujudkannya. . Karena mendapatkan tangan yang tepat sangat penting bagi kami, kami bermaksud untuk membayarnya dengan baik.

Selain memastikan bahwa karyawan kami bekerja di lingkungan yang kondusif dan dibayar dengan baik, kami bermaksud untuk memastikan bahwa mereka memiliki paket kesejahteraan yang solid dengan standar tinggi di seluruh industri. Selain itu, kami bermaksud untuk memastikan bahwa karyawan kami menjalani pelatihan terus-menerus yang tidak hanya akan meningkatkan keterampilan mereka tetapi juga meningkatkan produktivitas mereka juga untuk kepentingan perusahaan.

Di bawah ini adalah struktur bisnis yang akan dibangun di Zuzu Lite Energy Drinks LLC;

  • Pejabat tertinggi Eksklusif
  • Manajer umum
  • Manajer Jaminan Kualitas
  • Manajer Sumber Daya Manusia dan Admin
  • Manajer pembelian
  • Manajer toko
  • Eksekutif Layanan Pelanggan
  • Akuntan
  • Pengemudi Pengiriman
  • Penjaga keamanan
  • Pembersih
5. Peran dan Tanggung Jawab Pekerjaan

Pejabat tertinggi Eksklusif
  • Bertemu dan bernegosiasi dengan klien kelas atas atas nama perusahaan
  • Mengembangkan anggaran dengan manajer umum dan akuntan
  • Mengembangkan visi strategis atas nama perusahaan

Manajer umum

  • Mengawasi dan mengoordinasikan seluruh departemen
  • Mengambil keputusan bersama dengan CEO
  • Mengawasi jalannya bisnis sehari-hari

Manajer Jaminan Kualitas

  • Memastikan produk diperiksa sehingga produk cacat tidak dijual ke pelanggan
  • Tinjau proses pemeriksaan produk

Manajer Sumber Daya Manusia dan Admin

  • Bertanggung jawab untuk memastikan kelancaran administrasi dalam organisasi
  • Merekrut karyawan baru dan melakukan orientasi untuk karyawan baru agar mereka dapat menyesuaikan diri dengan baik di perusahaan
  • Mewakili kepentingan karyawan setiap saat dan memastikan bahwa mereka dibayar dengan layak dan memiliki paket kesejahteraan
  • Bertugas melaksanakan penilaian kinerja dan melaksanakan pelatihan dan promosi.
Manajer pembelian

  • Bertanggung jawab untuk mencari bahan baku dan vendor serta distributor yang andal atas nama Zuzu Lite Energy Drinks LLC
  • Mempersiapkan dan meninjau kontrak dengan distributor dan vendor
  • Menyusun anggaran untuk departemen pembelian sejalan dengan anggaran perusahaan secara keseluruhan

Manajer toko

  • Bertanggung jawab untuk memastikan bahwa toko selalu kondusif dan aman
  • Memeriksa stok dan memastikan bahwa stok yang habis disimpan kembali.
  • Memastikan toko tetap bersih setiap saat

Eksekutif Layanan Pelanggan

  • Menghadiri pelanggan dan menerima pesanan mereka, menjawab pertanyaan mereka dan menangani setiap keluhan yang mungkin mereka miliki
  • Membuat dan menyimpan database pelanggan yang akurat atas nama perusahaan
  • Memastikan bahwa mereka tetap diperbarui sehubungan dengan informasi di industri minuman dan minuman energi

Akuntan

  • Bertanggung jawab untuk mempersiapkan semua laporan keuangan - laporan laba rugi, neraca - untuk Zuzu Lite Energy Drinks LLC
  • Mempersiapkan informasi pajak yang diperlukan atas nama Zuzu Lite Energy Drinks LLC untuk diserahkan ke otoritas pajak
  • Menyusun dan menyiapkan anggaran bekerja sama dengan pemilik Zuzu Lite Energy Drinks LLC

Pengemudi Pengiriman

  • Memastikan bahwa minuman energi dikirim dengan aman ke distributor dan pengecer
  • Mengawasi pengunggahan dan pembongkaran produk masuk dan keluar dari van atau truk pengiriman
  • Lakukan perawatan ringan pada van pengiriman dan laporkan kerusakan besar apa pun kepada manajer admin

Penjaga keamanan

  • Bertanggung jawab untuk mengamankan lingkungan selama dan setelah jam kerja
  • Secara konstan meninjau langkah-langkah keamanan dan memastikan bahwa mereka diperbarui
  • Pantau kamera pengintai untuk memeriksa pelanggan dan karyawan yang masuk dan keluar

Pembersih

  • Memastikan bahwa bangunan selalu bersih setiap saat
  • Bertanggung jawab untuk menyimpan persediaan pembersih
  • Melaporkan setiap kerusakan besar pada struktur perusahaan kepada manajer admin

6. Analisis SWOT

Karena kami percaya untuk memulai dengan fondasi yang benar, kami menyewa konsultan bisnis di California yang mengambil beberapa pandangan kritis pada konsep bisnis kami sehingga dapat memberi kami evaluasi faktual tentang apakah kami akan bertahan dalam minuman dan minuman energi. industri.

Evaluasi kritisnya adalah analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats) yang bertujuan untuk membantu mengetahui apakah kami memiliki kekuatan untuk dapat menahan kelemahan dan terutama ancaman yang mungkin muncul selama kami menjalankan bisnis di Pittsburgh - California dan di seluruh Amerika Serikat.

Di bawah ini adalah analisis yang dilakukan atas nama Zuzu Lite Energy Drinks LLC;

Kekuatan
Kekuatan kami terletak pada kenyataan bahwa kami memproduksi sesuatu yang baru dan unik di pasar, minuman energi kami memiliki rasa yang tidak mudah ditemukan di pasar. Selain itu, kami diposisikan di lokasi yang strategis di Pittsburgh - California yang memungkinkan pelanggan dan distributor dengan mudah mengakses kami.

Kami juga tahu pentingnya teknologi, itulah sebabnya kami menonjol di internet untuk memastikan bahwa kami melayani berbagai pelanggan yang lebih suka berbelanja online. Selain itu, kami mempekerjakan karyawan terbaik dengan memastikan bahwa kami hanya mendapatkan karyawan yang kompeten, benar-benar memahami pekerjaan mereka dan selaras dengan visi kami untuk menjadi lima merek teratas di seluruh Amerika Serikat.

Kelemahan
Industri minuman dan minuman energi sebagian besar dipenuhi dengan merek-merek ternama dan perusahaan baru yang akan datang di Pittsburgh - California, serta di Amerika Serikat secara keseluruhan, jadi kami akan berjuang keras untuk memastikan bahwa kami diakui dan diperhatikan. . Kami memiliki strategi yang akan membantu kami mencapai ini.

Peluang
Minuman berenergi masih banyak diminati sehingga ada banyak peluang yang tersedia bagi kita di industri ini. Kami telah melihat peluang dalam menawarkan pelatihan dan waralaba untuk memulai dengan mendirikan pusat pelatihan yang telah disetujui untuk tujuan tersebut.

Ancaman
Setiap bisnis dihadapkan pada ancaman tidak peduli seberapa fantastis bisnis itu. Oleh karena itu, kami cenderung menghadapi ancaman dari ekonomi, kebijakan pemerintah, pergeseran permintaan dan juga pesaing serupa di lokasi yang sama di mana minuman energi kami berada.

7. ANALISIS PASAR

Trend pasar
Pasar minuman energi tidak tumbuh dengan kecepatan yang sama seperti 3 tahun lalu, namun bukan berarti permintaan stagnan atau negatif, masih positif tetapi tidak dengan lonjakan yang sama tahun-tahun sebelumnya. Ini karena lebih banyak pengusaha yang terjun ke bisnis ini, karena ada lebih banyak dana awal yang tersedia; yang telah menyebabkan industri menjadi tertahan oleh terlalu banyak persaingan, terutama di tingkat penjualan.

Selain itu, minuman energi harus bersaing dengan minuman lain yang ada di pasaran terutama minuman bermerek besar. Untuk tetap di atas, itu berarti keluar dengan minuman dengan rasa yang unik.

Dengan semakin banyaknya orang yang terjun ke bisnis ini, biaya produksi meningkat. Riset dan perencanaan adalah kunci dalam bisnis ini. Seperti tahun lalu, lebih dari 300 bisnis energi diluncurkan di Amerika Serikat. Untuk melakukan penjualan, biasanya dibutuhkan tenaga penjualan dan kesepakatan. Tenaga penjualan melakukan tugas mencari penawaran dan memastikan bahwa minuman energi masuk ke sebanyak mungkin outlet distributor dan toko ritel.

Selain itu, memastikan minuman dijual setelah diproduksi, pemasaran merupakan aspek kunci yang membantu perusahaan, dan dengan teknologi yang berkembang, perusahaan minuman energi menyadari bahwa sebagian besar pelanggan mereka dapat ditemukan melalui internet dan pemasaran melalui internet. dapat memungkinkan penetrasi yang lebih dalam ke pasar sasaran daripada yang biasanya dilakukan melalui metode pemasaran konvensional.

8. Target Pasar Kami

Setiap bisnis memiliki target pasar yang mereka yakini; Namun, bisnis serius apa pun yang ingin menghasilkan keuntungan besar dan bertahan lama perlu melakukan survei pasar. Keuntungan dengan melakukan survei pasar adalah bahwa perusahaan mengetahui siapa target pasarnya dan di mana mereka berada dan kemudian dapat menyusun strategi yang memungkinkan mereka menangkap pasar sasaran.

Inilah mengapa kami melakukan survei pasar dengan bantuan konsultan untuk membantu kami menentukan dari mana kami kemungkinan besar akan menghasilkan lebih banyak uang dan dari mana kami perlu mengiklankan lebih banyak untuk mendapatkan pelanggan untuk produk kami di Zuzu Lite Energy Drink LLC.

Dari survei pasar yang dilakukan, sebagian besar Minuman Energi Zuzu Lite akan dijual secara grosir dan eceran kepada kelompok orang berikut;

  • Kepribadian Olahraga
  • Rumah tangga
  • Eksekutif Perusahaan
  • Orang bisnis
  • Toko ritel
  • Mahasiswa
  • Pria dan wanita militer
  • Turis

Setiap bisnis yang sedang didirikan pasti tahu maksud utamanya adalah untuk mendapatkan keuntungan sekaligus bersaing secara menguntungkan dengan kompetitor di industri yang sama, namun untuk mencapai hal tersebut, terdapat keunggulan kompetitif tertentu yang harus dimiliki bisnis tersebut yang akan menonjol dari bisnis sejenis.

Di Zuzu Lite Energy Drinks LLC, kami tahu bahwa untuk mencapai visi kami menjadi tiga teratas di Pittsburgh - California dan lima teratas di seluruh Amerika Serikat, kami harus memiliki beberapa strategi keunggulan kompetitif.

Strategi kompetitif pertama kami adalah memastikan bahwa kami memberikan produk kami - minuman berenergi - nama yang mudah dikenali. Selain itu, kami terletak di area strategis yang memudahkan pelanggan dan distributor kami untuk mengaksesnya.

Kami juga bermaksud untuk mempekerjakan berbagai karyawan profesional dan kompeten yang memahami industri minuman energi dan minuman secara menyeluruh dan yang juga selaras dengan visi kami untuk menjadi salah satu dari lima merek teratas di seluruh negeri, untuk membantu mencapai visi dan tujuan kami.

Kami tahu betapa pentingnya membuat karyawan kami senang, dan karena itu kami bermaksud memastikan bahwa karyawan kami bekerja di lingkungan yang mudah diakses dan kondusif. Kami juga bermaksud untuk memastikan bahwa karyawan kami dibayar dengan layak dan memiliki paket kesejahteraan terbaik yang dapat dicapai di industri. Selain memberikan pelatihan berkelanjutan kepada karyawan, kami bermaksud untuk memastikan bahwa kami mempromosikan karyawan yang bekerja keras dengan melakukan penilaian kinerja.

Kami juga bermaksud untuk memiliki layanan pelanggan yang sangat baik sehingga pelanggan kami dapat kembali kepada kami berkali-kali. Kami tahu bahwa kunci untuk mempertahankan pelanggan adalah memastikan bahwa harapan mereka tidak hanya terpenuhi tetapi juga terlampaui. Eksekutif layanan pelanggan kami adalah yang terbaik di industri dan terus menjalani pelatihan yang akan memastikan bahwa mereka melayani pelanggan kami lebih baik daripada perusahaan minuman energi lainnya.

9. STRATEGI PENJUALAN DAN PEMASARAN

Sumber pemasukan
Zuzu Lite Energy Drinks LLC adalah perusahaan yang didirikan dengan tujuan menghasilkan keuntungan di industri minuman. Namun, kami tidak hanya didirikan untuk menghasilkan keuntungan tetapi juga untuk meningkatkan basis pendapatan kami juga dengan terlibat dalam layanan atau produk penghasil pendapatan lainnya secara legal di Amerika Serikat.

Oleh karena itu, Zuzu Lite Energy Drinks LLC bermaksud untuk menghasilkan pendapatan dengan menjual produk dan layanan yang tercantum di bawah ini;

  • Rasa dan merek minuman energi yang berbeda
  • Minuman minuman lainnya
  • Jasa konsultasi
  • Pelatihan
  • Waralaba
  • Kemitraan Bisnis

10. Perkiraan Penjualan

Industri minuman energi mungkin tidak memiliki permintaan sebanyak tiga tahun lalu, tetapi industri ini masih belum mencapai titik jenuh karena permintaan minuman energi yang relatif stabil.

Karena posisi strategis kami di Pittsburgh - California, kami optimis dapat mencapai target pendapatan yang ditetapkan dalam setidaknya satu tahun operasi yang akan menopang dan membantu mengembangkan bisnis kami.

Optimisme kami tidak didasarkan pada fiksi tetapi pada fakta yang dihasilkan dari analisis kritis dan evaluasi yang dilakukan oleh konsultan bisnis kami yang ahli dan terkemuka, yang menganalisis industri minuman dan minuman energi di dalam dan sekitar lokasi kami di California serta di seluruh Amerika Serikat. Amerika Serikat.

Namun demikian, proyeksi penjualan Zuzu Lite Energy Drinks dibuat dengan asumsi bahwa beberapa faktor perusahaan kami akan tetap sama selama periode analisis.

Tahun Fiskal Pertama-: $ 550.000
Tahun Fiskal Kedua-: $ 1.200.000
Tahun Fiskal Ketiga-: $ 2.400.000


N.B: Perlu dicatat bahwa proyeksi penjualan di atas didasarkan pada fakta bahwa tidak akan ada krisis ekonomi atau kehancuran; kami tidak akan memiliki pesaing di lokasi yang sama dan lokasi kami serta strategi lain dalam menghasilkan pendapatan akan tetap sama. Jika ada perubahan positif atau negatif pada faktor-faktor di atas, hal itu dapat mempengaruhi proyeksi penjualan kami, menjadikannya lebih rendah atau lebih tinggi.

Strategi Pemasaran dan Strategi Penjualan

Industri minuman dan minuman energi adalah tempat yang sangat kompetitif sehingga tidak mudah bagi minuman baru untuk menemukan ruang di rak atau dengan mudah menggantikan merek lama dan mapan lainnya, itulah sebabnya untuk mendapatkan pengakuan dan bertahan di industri ini, kami melakukan survei pasar menyeluruh yang memungkinkan kami menembus pasar sasaran yang tersedia dan juga memastikan bahwa kami berada pada posisi yang memadai untuk menarik pelanggan yang kami butuhkan di Pittsburgh - California dan di seluruh Amerika Serikat.

Mengetahui peran teknologi di zaman sekarang ini, kami telah memutuskan untuk memanfaatkan aspek ini secara besar-besaran karena penelitian kami menunjukkan bahwa lebih banyak pelanggan lebih memilih untuk berbelanja online daripada mengunjungi toko fisik. Inilah sebabnya kami telah membuat situs web unik yang tidak hanya interaktif tetapi juga ramah pengguna.

Ini agar mayoritas pelanggan kami yang membuka situs web kami dapat dengan mudah menemukan produk yang mereka inginkan serta menghubungi kami untuk pertanyaan, saran, dan keluhan apa pun yang mungkin mereka miliki. Selain itu, kami tidak terbatas pada pemasaran atau penjualan melalui situs web kami, karena semua platform media sosial kami seperti Facebook, Instagram, dan Twitter juga aktif untuk melayani sebagian besar pelanggan kami yang padat.

Konsultan pemasaran yang kami pekerjakan bersama dengan tim pemasaran kami telah menyusun strategi yang akan memungkinkan kami menembus pasar sasaran dan menghasilkan pendapatan sambil juga mengkomunikasikan merek kami kepada pelanggan kami. Konsultan pemasaran sewaan kami memiliki pemahaman yang tinggi tentang pasar industri minuman energi, dan dengan rekam jejak mereka, kami yakin akan memperoleh persentase besar dari target pasar di seluruh Amerika Serikat.

Selain itu, dari menyusun strategi pemasaran yang akan membantu menghasilkan pendapatan bagi perusahaan; kami juga memastikan bahwa mereka bekerja sama dengan tim penjualan untuk membantu mereka menerapkan strategi ini. Kami juga telah memberdayakan mereka agar mereka dapat mencapai tujuan perusahaan kami tanpa hambatan.

Intinya, strategi pemasaran dan penjualan yang kami harap dapat diterapkan di Zuzu Lite Energy Drinks LLC adalah;

  • Memastikan bahwa perusahaan minuman energi kami diperkenalkan ke toko ritel dan distributor serta pemangku kepentingan lainnya di industri minuman dan minuman energi.
  • Luncurkan perusahaan minuman energi kami dengan menggebrak dengan mengadakan pesta besar yang akan menjadi berita selama beberapa hari sehingga meningkatkan kesadaran pelanggan untuk perusahaan kami.
  • Iklankan produk dan layanan kami di surat kabar, majalah, radio, dan stasiun televisi lokal dan nasional
  • Pastikan bahwa bisnis kami terdaftar di halaman kuning dan muncul di urutan teratas dalam direktori online
  • Terlibat dalam pemasaran dan penjualan langsung
  • Gunakan internet untuk mempromosikan minuman energi kita secara besar-besaran

11. Strategi Penetapan Harga Kami

Penetapan harga suatu produk bergantung pada banyak faktor, dan tidak jauh berbeda dengan minuman energi. Dalam menetapkan harga minuman energi Anda, Anda perlu mempertimbangkan biaya operasional dan biaya overhead dan berapa banyak pesaing Anda menjual minuman mereka. Industri ini sangat kompetitif dan tidak menetapkan harga yang tepat untuk produk Anda dapat menyebabkan bisnis Anda gagal bahkan sebelum dimulai.

Meskipun minuman energi kami akan berbeda dari yang ditawarkan di pasar, kami tahu bahwa akan sulit untuk mendapatkan banyak kesadaran di pasar jika kami tidak menurunkan harga kami dalam beberapa bulan pertama operasi. Strategi menurunkan harga kami sedikit di bawah harga rata-rata yang dijual di pasaran selama minimal 6 hingga 12 bulan adalah agar dapat menarik lebih banyak pelanggan untuk membeli minuman energi unik kami dan juga merujuk kami kepada orang lain.

Opsi pembayaran

Zuzu Lite Energy Drinks LLC selalu memperhatikan kebutuhan dan kenyamanan pelanggan kami, dan ini meluas ke opsi pembayaran yang kami tawarkan kepada berbagai pelanggan kami, karena kami menyadari bahwa memiliki opsi pembayaran yang berbeda akan meningkatkan basis pelanggan kami, dan selalu, kami basis pendapatan.

Oleh karena itu, opsi pembayaran yang akan tersedia untuk setiap pelanggan Zuzu Lite Energy Drinks adalah;

  • Pembayaran tunai
  • Pembayaran melalui cek
  • Pembayaran melalui Mesin Point of Sale (POS)
  • Transfer bank online
  • Pembayaran kartu kredit

Karena kami tahu betapa pentingnya pelanggan dapat bertransaksi tanpa hambatan dengan kami, platform pembayaran ini dipilih secara cermat dengan bank terkemuka yang kami percaya.

12. Pengeluaran Startup (Anggaran)

Memulai bisnis minuman energi tidak semudah kelihatannya, karena kita perlu mengembangkan rasa yang unik, cobalah sedikit demi sedikit sebelum memproduksi dalam jumlah besar untuk dijual. Seringkali modal yang dihasilkan biasanya dimasukkan ke dalam biaya overhead dan biaya operasional utama seperti desain dan produksi kaleng atau botol, pembayaran tagihan utilitas, gaji karyawan, peralatan dan pengiriman truk.

Bidang utama yang perlu kami fokuskan pada modal awal kami adalah;

  • Total biaya untuk penggabungan bisnis - $ 800
  • Memperoleh lisensi, izin, perangkat lunak dan legalitas lainnya - $ 2.000
  • Biaya mempekerjakan peneliti dan konsultan bisnis - $ 20.000
  • Perlindungan asuransi (kewajiban umum, asuransi properti dan kompensasi pekerja) - $ 5.000
  • Biaya operasional untuk 6 bulan pertama (pembayaran tagihan, gaji karyawan) - $ 150.000
  • Biaya persediaan awal (bahan baku dan bahan pengemas) - $ 20.000
  • Pengembangan dan pengujian formula minuman - $ 15.000
  • Biaya pemasaran (promosi malam pembukaan dan pemasaran umum) - $ 10.000
  • Pengeluaran awal lainnya seperti telepon, komputer, furnitur, printer dan alat tulis - $ 5.000
  • Biaya peralatan dan instalasi pembuatan minuman energi - $ 150.000
  • Biaya peralatan toko (rak, tempat sampah, rak, daftar toko) - $ 5.000
  • Biaya pembelian van pengiriman minuman energi - $ 40.000
  • Biaya peluncuran situs web - $ 1.000
  • Biaya pesta pembukaan - $ 5.000
  • Lain-lain - $ 10.000

Dari item yang tercantum di atas, kami memerlukan perkiraan $ 440.000 untuk berhasil mendirikan perusahaan produksi minuman energi kami di Pittsburgh - California. Modal terlihat besar karena kami akan membayar karyawan kami selama 6 bulan dan utilitas juga.

Menghasilkan Pendanaan / Modal Awal untuk Bisnis Produksi Minuman Energi Zuzu Lite

Zuzu Lite Energy Drinks LLC adalah bisnis yang didirikan dan dioperasikan oleh dua mitra bisnis Tuan Chu Zing dan Tuan Taylor Wang. Kedua mitra ini bermaksud untuk menjalankan bisnis tanpa banyak campur tangan dari investor sehingga telah memutuskan untuk membatasi sumber modal awal mereka ke sumber-sumber ini.

Sumber dari mana kami bermaksud untuk mendapatkan modal awal kami adalah;

  • Penjualan properti pribadi oleh kedua pemilik untuk menghasilkan sebagian modal
  • Mengajukan pinjaman dari bank
  • Mendekati teman kaya untuk mendapatkan pinjaman

N.B: Kami dapat menghasilkan sejumlah $ 100.000 dari penjualan properti pribadi kami. Kami juga mendapat uang sejumlah $ 50.000 dari teman-teman kaya kami. Kami mencari pinjaman $ 290.000 untuk bank, dan setelah mengirimkan beberapa dokumen, kami baru saja diberitahu oleh bankir kami bahwa pinjaman kami telah disetujui dan bahwa akun kami akan dikreditkan segera setelah semua modalitas telah ditangani dari ujungnya. .

13. Strategi Keberlanjutan dan Perluasan

Langkah-langkah keberlanjutan dan ekspansi adalah bagian dari tujuan jangka panjang bisnis setelah perusahaan mungkin didirikan dan menghasilkan laba. Ada tiga faktor - produk, karyawan, pelanggan - yang memastikan bahwa perusahaan tidak hanya bertahan untuk jangka waktu yang lama, tetapi juga dapat berkembang dengan kecepatan mereka sendiri.

Salah satu tujuan utama keberlanjutan kami adalah produk dan layanan kami. Tanpa memiliki produk untuk dijual atau layanan untuk ditawarkan, kita tidak akan menjalankan bisnis sama sekali; dan karena itu kita harus memastikan bahwa produk kita dan layanan lainnya tidak hanya unik dan menonjol dari yang lain, tetapi juga bahwa kita tetap pada tingkat konsistensi dalam produk dan layanan kita.

Selain itu, tanpa memiliki tangan kanan, bisnis kemungkinan besar akan runtuh dalam waktu singkat. Kami bermaksud untuk mencari dan merekrut hanya tangan-tangan profesional dan berpengalaman untuk membantu memastikan bahwa tujuan dan sasaran kami tercapai sebagaimana mestinya.

Pekerja kami memiliki salah satu tingkat gaji terbaik di industri dengan paket kesejahteraan yang membuat iri. Selain itu, karyawan kami terus menjalani pelatihan agar mereka tetap relevan dan juga memastikan bahwa tingkat produktivitas perusahaan meningkat.

Akhirnya, pelanggan adalah alasan mengapa bisnis tetap ada. Pelanggan kami penting bagi kami dan kami bermaksud untuk memberi tahu mereka hal ini dengan mendengarkan dan bertindak segera atas keluhan mereka, menjawab pertanyaan dan mendapatkan serta menghargai masukan. Selain itu, kami bermaksud untuk selalu memastikan bahwa kami tidak hanya memenuhi ekspektasi pelanggan kami tetapi kami juga melampauinya.

CONTOH PROPOSAL USAHA JASA

Proposal Usaha Jasa Percetakan

Meski banyak bisnis yang beroperasi secara digital, masih banyak industri yang permintaannya tinggi terhadap layanan percetakan. Bisnis yang memerlukan laporan tercetak, dan kartu nama mungkin mencari printer profesional untuk memenuhi kebutuhan mereka. Lakukan riset dan kembangkan proposal yang efektif untuk menjual layanan Anda.

Pahami Kebutuhan Pelanggan Anda
Kunci untuk menulis dan menjual proposal sukses untuk layanan percetakan adalah dengan meneliti dan memahami kebutuhan pelanggan Anda. Jangan mengirimkan proposal kerangka dan umum ke bisnis. Alih-alih, sesuaikan proposal Anda, tunjukkan pengetahuan Anda tentang kebutuhan pelanggan Anda.

Misalnya, pertimbangkan biro iklan lokal. Mereka mungkin mencari layanan pencetakan yang dapat memenuhi persyaratan kampanye untuk klien mereka. Mereka mungkin membutuhkan barang-barang seperti selebaran, bahan POS, bungkus kendaraan vinil dan poster. Temui mereka untuk memahami kualitas apa yang penting bagi mereka. Apakah mereka membutuhkan waktu penyelesaian yang cepat? Apakah mereka menghargai pencetakan resolusi tinggi? Apakah mereka memiliki anggaran ketat yang harus mereka patuhi?

Mengetahui kebutuhan pelanggan Anda dan menjelaskan bagaimana Anda dapat memenuhinya dalam proposal akan membantu meyakinkan para eksekutif dan pembuat keputusan tentang nilai bisnis Anda. Misalnya, dalam contoh surat yang menawarkan layanan percetakan ke biro iklan, Anda dapat menyebutkan bagaimana Anda memiliki 10 tahun pengalaman memenuhi jadwal yang ketat. Tunjukkan bahwa Anda memahami bahwa jadwal mereka ditetapkan di atas batu dan bahwa Anda dapat mencetak materi mereka dan meminta mereka dikirimkan saat mereka membutuhkannya.

Bicaralah dengan Calon Pelanggan Anda
Saat Anda mencoba melakukan penjualan, penting untuk membicarakan masalah yang dihadapi audiens Anda. Pelajari apa yang Anda bisa tentang kontak Anda. Mereka di departemen apa? Rasa frustrasi harian apa yang mereka hadapi, yang dapat Anda bantu? Jika Anda dapat meyakinkan pembuat keputusan bahwa solusi Anda akan memperbaiki situasi mereka, maka Anda akan memiliki kesempatan untuk melakukan penjualan.

Misalnya, jika Anda berbicara dengan COO start-up teknologi lokal tentang mencetak semua kartu bisnis mereka, pahami masalah apa pun yang mungkin dihadapi kontak Anda. Misalnya, apakah dia terus memiliki staf baru untuk mencetak kartu nama? Apakah mereka memiliki dana terbatas untuk layanan percetakan?

Karena mereka mungkin memiliki anggaran kecil, pertimbangkan untuk menawarkan diskon massal untuk pencetakan kartu nama jika mereka berkomitmen untuk mencetak semua kartu mereka dengan Anda selama 12 bulan ke depan. Jika ini adalah startup yang berkembang, ini bisa berarti puluhan karyawan baru. Perhatikan beberapa tingkatan harga dalam surat proposal bisnis percetakan Anda. Anda dapat mempertimbangkan untuk memasukkan satu set label amplop gratis untuk setiap set kartu nama yang telah mereka cetak.

Menonjol dari Pesaing Anda
Mengapa bisnis harus memilih perusahaan Anda untuk persyaratan layanan pencetakan mereka? Apa yang dapat Anda tawarkan kepada mereka yang tidak dapat ditawarkan oleh printer lain? Dalam proposal bisnis Anda, pastikan untuk menguraikan apa yang unik tentang layanan pencetakan Anda yang tidak dapat ditandingi oleh perusahaan lain. Ini bisa berupa komitmen Anda untuk membangun hubungan dengan pelanggan Anda, kemampuan Anda untuk mencetak pekerjaan terburu-buru dalam delapan jam atau printer resolusi tinggi Anda yang tidak dimiliki toko lain di kota ini.

Buat Template Proposal Pencetakan Menarik
Kembangkan template proposal pencetakan yang dapat Anda sesuaikan untuk setiap bisnis yang Anda dekati. Dalam proposal Anda, pastikan untuk menyertakan:

  • Tujuan proposal: Ini harus membantu bisnis memenuhi persyaratan pencetakannya. Tentukan apa persyaratan tersebut.
  • Layanan Anda: Jelaskan apa yang Anda tawarkan yang memenuhi kebutuhan pelanggan Anda.
  • Harga: Tawarkan beberapa paket atau tingkatan harga berbeda yang dapat dipilih oleh bisnis.
  • Perusahaan Anda: Berikan gambaran singkat tentang siapa Anda, pengalaman apa yang Anda miliki, dan mengapa Anda perusahaan yang tepat untuk pekerjaan itu.
  • Syarat dan ketentuan Anda: Sebutkan berapa lama proposal ini berlaku sampai, dan persyaratan khusus lainnya yang Anda miliki.
  • Langkah selanjutnya: Nyatakan dengan jelas apa yang Anda ingin pelanggan lakukan. Apakah Anda ingin mereka menelepon Anda setelah meninjau proposal? Apakah Anda akan menelepon mereka dalam tiga hari untuk membahas pekerjaan itu?
  • Lampiran: Lampirkan contoh item yang telah Anda cetak yang sesuai dengan persyaratan yang dicari bisnis. Ini membantu perusahaan melihat kualitas yang Anda tawarkan.

TIPS MENULIS PROPOSAL USAHA


Ada banyak hal yang perlu diingat saat menulis proposal bisnis. Berikut beberapa tip untuk membantu Anda:

1. Mulailah dengan garis besar.
Sebelum Anda mulai menulis, buat garis besar bagian utama dari proposal bisnis Anda dan informasi terkait yang ingin Anda sertakan. Ini akan memastikan Anda tetap fokus dan pesan Anda tetap utuh saat Anda menulis.

2. Sertakan data dan visual.
Jangan lupa untuk menyertakan data kuantitatif yang menarik. Jika memungkinkan, gunakan visual seperti bagan dan grafik untuk menyempurnakan proposal.

3. Tambahkan bukti sosial.
Kutipan dan testimonial pelanggan bisa lebih dipercaya daripada kata-kata Anda sendiri.

4. Gabungkan video ke dalam proposal Anda.
Jika Anda membuat proposal online melalui dokumen atau PDF, Anda dapat menyertakan elemen multimedia untuk meningkatkan pengalaman proposal. Apakah Anda menambahkannya di awal sebagai pengantar proposal Anda atau dalam rincian proyek untuk membahas secara lisan beberapa bagian yang lebih membingungkan, tambahan seperti ini dapat memberi kesan, terutama pada prospek yang merupakan komunikator visual atau auditori.

5. Gunakan ajakan bertindak.
Pastikan pembaca mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya setelah membaca proposal Anda. Jika pembaca siap untuk mengambil tindakan, CTA Anda harus dengan jelas menunjukkan langkah selanjutnya dalam proses tersebut.

6. Sertakan peluang up-sell dan add-on.
Mereka mengatakan Anda tidak akan menerima kecuali Anda memintanya.

Dalam hal upsell, prospek mungkin menggunakan dukungan tambahan tetapi mereka tidak tahu apa yang Anda tawarkan.

7. Ciptakan rasa urgensi.
Proposal Anda tidak boleh menjadi tawaran yang tidak terbatas. Beri pembaca tenggat waktu untuk menindaklanjuti proposal untuk mempercepat proses pengambilan keputusan.

8. Buatlah tetap sederhana.
Meskipun tidak ada panjang proposal bisnis yang ideal, fokuslah pada kualitas daripada kuantitas. Buat kalimat tetap pendek dan sederhana, dan hindari penggunaan jargon bisnis.

9. Buat keputusan untuk mereka.
Buat salinan Anda dengan cara yang sepertinya mengatakan 'tidak' pada proposal akan melebihi dolar untuk mengambil uang. Tawaran Anda harus melampaui harapan mereka, dan Anda harus melakukan segala daya untuk menghilangkan gesekan dan keberatan di sepanjang jalan.

10. Tetap pada merek.
Jangan takut untuk membiarkan kepribadian perusahaan Anda bersinar dalam proposal Anda. Tetap setia pada merek Anda dan tunjukkan kepada klien apa yang membedakan Anda dari pesaing Anda.

11. Kontrol kualitas.
Sebelum Anda mengirimkan proposal, pastikan untuk membaca dan membacanya kembali jika ada kesalahan ketik atau kesalahan tata bahasa.

LihatTutupKomentar