Pengepul Ikan Neon Tetra Berbagai Jenis dengan Harga Terbaik

Informasi lengkap pengepul ikan neon tetra semua jenis dengan harga terbaik.

ikan neon tetra


Neon Tetra biasanya termasuk dalam sepuluh spesies pertama ikan air tawar yang diawali oleh sebagian besar pemelihara akuarium rumahan. Mereka adalah ikan yang cukup damai dan anggun yang mengemas banyak warna dan kepribadian ke dalam tubuh kecil.


Ini adalah ikan berbentuk torpedo yang memiliki sirip dan ekor yang kompak, tembus cahaya hingga bening.


Untuk warna, baik jantanmaupun betina sebagian besar berwarna keperakan, warna abu-abu. Saat mereka berenang, Anda mungkin melihat garis biru cerah yang mengejutkan muncul di atas mata mereka yang melewati sekitar 3⁄4 dari seluruh tubuh mereka. Perhatikanlah, dan garis itu menghilang dengan perubahan kondisi pencahayaan!


Selanjutnya, garis merah cerah dimulai di bagian bawah tubuh mereka dan kemudian meluas ke atas dan ke daerah ekor di mana itu sedikit memudar menjadi oranye. Terakhir, bagian bawah tubuh Neon Tetra biasanya berwarna putih atau abu-abu sangat terang.


Ikan ini biasanya akan berenang berkelompok dengan cepat dan anggun di sekitar akuarium. Meskipun mereka cukup kecil, menonton sekolah mereka sangat menarik karena warna mereka berkilau dan berubah saat mereka berpindah dari satu tempat ke tempat lain.


Seperti penjaga akuarium lainnya selama bertahun-tahun, saya telah kembali ke Neon Tetra beberapa kali karena mereka berwarna-warni, dan kebanyakan ikannya damai. Meskipun mereka agak rapuh, mereka masih memberi kesempatan bagus bagi aquarist rumahan untuk mempertahankan dan mengembangkan keterampilan baru.


Spesies Ikan Neon Tetra

Keluarga: Characidae

Nama Ilmiah: Paracheirodon innesi

Nama Umum Lainnya: Neon Fish

Tingkat Perawatan: Mudah sampai sedang


Awalnya, Neon Tetra diambil dari sungai yang jernih dan kaya tanin di Lembah Amazon di negara-negara seperti Brasil, Kolumbia, dan Peru.


Tidak seperti beberapa ikan lain yang populer di kalangan penjaga akuarium, Neon Tetra biasanya tidak hidup di habitat asing. Dengan demikian, mereka tidak dianggap sebagai spesies invasif di Amerika Serikat dan legal untuk dipelihara di sebagian besar, jika tidak semua negara bagian.


Neon Tetra terlihat cukup mirip dalam warna dan bentuk dengan Cardinal Tetra. Mereka juga sangat mirip dengan Tetra Kaca dan anggota keluarga tetra yang lebih kecil. Meskipun Neon Tetra dianggap sebagai salah satu ikan paling damai untuk akuarium air tawar, mereka berkerabat jauh dengan piranha.


Dari segi temperamen, saya biasanya menempatkan Neon Tetra di suatu tempat di antara Tetra Kaca dan Tetra Rok. Yang terakhir ini masih merupakan ikan yang damai, namun mereka memiliki ukuran tubuh yang sedikit lebih besar dan akan memukul atau menggigit jika perlu.


Tak satu pun dari ikan ini yang seagresif Buenos Aires Tetra, namun, Anda akan segera melihat kesamaan dalam pola renang dan gerakan matanya.


Cara Budidaya Ikan Neon Tetra

Kondisi Air Optimal untuk Neon Tetra

  • Suhu Air 70 - 78 derajat Fahrenheit
  • Laju Aliran Air Perlambat hingga sedang dengan batu udara untuk meningkatkan dan meratakan sirkulasi air secara perlahan
  • pH 6.0 - 7.0
  • Kekerasan: lembut
  • Rekomendasi Garam Akuarium: Garam akuarium dapat digunakan dalam jumlah kecil untuk mencegah penyakit, dan juga untuk mengobati infeksi aktif

Menentukan jumlah ikan baru bisa jadi rumit. Saya biasanya tidak membeli Neon Tetra dari toko hewan peliharaan setempat sampai saya melihat mereka berenang di dalam akuarium selama 2 hingga 3 hari. Jika mereka melakukannya dengan baik, itu berarti air di dalam tangki sudah biasa mereka gunakan.


Dari sana, saya hanya mengambil pembacaan salinitas di dalam tas dan mengatur tangki karantina saya ke tingkat salinitas tersebut. Kemudian, selama level karantina, saya perlahan-lahan menyesuaikan level salinitas agar sesuai dengan tangki komunitas tempat mereka akan pindah.

  • Rekomendasi Tannin: Ya, blackwater sangat dianjurkan
  • Kebutuhan Kimia Air Lainnya: Seiring dengan berada dalam rentang toleransi Neon Tetra, kualitas air yang stabil dan baik sangat penting. Bahkan sedikit perubahan pun dapat menyebabkan penyakit dan kematian pada ikan ini.

Saat menambahkan ikan baru, yang terbaik adalah menggunakan tangki ikan karantina sehingga Anda dapat melakukan perubahan perlahan antara parameter di tangki pedagang dan tangki komunitas Anda. Jangan pernah memasukkan Neon Tetra langsung ke dalam tangki karantina dari tas transportasi.


Biarkan kantong mengapung di dalam tangki selama sekitar 15 menit agar suhu air bisa menyesuaikan. Selama waktu ini, Anda dapat menambahkan air dari tangki karantina ke dalam kantong agar ikan dapat mulai beradaptasi.


Berhati-hatilah dengan pembacaan parameter air kantong yang berada di luar pembacaan pH dan kekerasan optimal untuk ikan Neon Tetra, terutama jika Anda tidak dapat mengamati ikan selama beberapa hari sebelum membeli.


Amonia dan bahan kimia lain yang terlarut dalam air dapat dengan mudah merusak pembacaan kantong. Jika ikan menunjukkan tanda-tanda kesusahan, Anda dapat mencoba beralih ke kisaran optimal.


Biasanya, saya juga meminta tambahan galon air dari tangki pedagang jika ikan menunjukkan tanda-tanda kesusahan dan saya perlu memasukkannya ke dalam mangkuk untuk penyesuaian yang lebih lama (serupa dengan yang saya gunakan untuk ikan air asin).


Saya juga selalu menanyakan water conditioner yang digunakan pedagang di tangki mereka. Jika berbeda dari apa yang saya gunakan di tangki saya, maka saya memeriksa kompatibilitas antara kedua produk dan mempertimbangkan penyesuaian antara kedua formula selama proses aklimasi dan karantina.


Penyiapan Tangki

  • Ukuran Tangki Minimal 20 galon
  • Ukuran Tangki Optimal 55 galon
  • Bentuk Tangki Optimal Neon Tetra akan baik-baik saja di tangki dangkal, dalam, dan tengah.
  • Jenis Filter Neon Tetra yang direkomendasikan terlihat seperti ikan kecil yang kokoh, namun dapat sangat rapuh. Mereka akan bekerja paling baik di tangki dengan filter gelembung, di bawah sistem penyaringan kerikil, atau lainnya di mana tidak ada saluran masuk yang kuat yang dapat menariknya ke dalamnya.
  • Aliran Udara Ekstra dan Cara Memperolehnya Anda dapat menggunakan batu udara dan tirai dengan Neon Tetra, namun yang terbaik adalah menjaga aliran udara dari setiap perangkat pada rentang bawah hingga menengah.

Saya setuju dengan sebagian besar penjaga akuarium yang mengatakan bahwa yang terbaik adalah tidak menggunakan Neon Tetra sebagai ikan pertama di akuarium yang baru didaur ulang. Tunggu sampai kimia air stabil ke titik di mana Anda hanya perlu mengganti air yang hilang melalui penguapan.


Bergantung pada ukuran tangki, ini mungkin memakan waktu hanya beberapa bulan (untuk tangki 10 galon), hingga sekitar 18 bulan untuk tangki yang lebih besar.


Karena Neon Tetra sangat sensitif terhadap perubahan kimia air, Anda harus menguji kadar nitrit, nitrat, amonia, pH, kesadahan, dan salinitas (hanya jika Anda menggunakan garam akuarium, kondisioner air, atau antibiotik yang mengandungnya) setiap minggu. Lakukan penyesuaian secara perlahan selama 2 - 3 hari untuk mengurangi kejutan pada ikan sebanyak mungkin.


Nanti, saat akuarium matang dalam hal kimiawi air, Anda mungkin dapat menebak dengan baik kualitas dan stabilitasnya hanya dengan melihat ikannya.


Neon Tetra yang berkinerja baik dan nyaman akan menampilkan garis-garis biru elektriknya dan keseluruhan pewarnaan akan tampak cerah dan berkilau. Jika ikan menjadi tumpul atau tingkat aktivitasnya berkurang, itu pertanda kimiawi air mulai keluar dari kisaran nyamannya.


Membuat Lanscape

  • Neon Tetra berasal dari sungai yang biasanya kaya akan bahan organik yang mengubah air menjadi coklat atau hitam. Ini termasuk tanaman yang merontokkan banyak daun serta kayu apung yang juga melarutkan tanin ke dalam air.
  • Tanaman Terbaik Aponogetons, java moss, dan tanaman cepat tumbuh lainnya yang akan tumbuh dengan baik dalam kondisi cahaya rendah dan dalam air asam.
  • Pencahayaan Terbaik Pencahayaan rendah hingga sedang dengan banyak area teduh.
  • Dekorasi Terbaik Kayu apung, batu bulat, dan gua. Karena ikan ini juga sangat lincah, mereka akan cocok dengan mainan yang memiliki lubang untuk masuk dan keluar. Pastikan tidak ada tepi yang tajam di sekitar lubang. Anda juga dapat membuat cincin khusus dari tabung akuarium yang jauh lebih aman dan menghilangkan risiko ikan terperangkap di dalamnya.
  • Dekorasi yang Harus Dihindari Tanaman palsu dengan tepi tajam yang dapat memotong lapisan lendir ikan yang halus. Sebaiknya hindari juga cangkang kerang yang diberi makan udara atau mainan bergerak lainnya yang dapat membuat ikan terperangkap.


Pertimbangan Fisiologi

  • Ukuran Maksimum Sedikit di atas 1,5 inci. Ikan yang lebih tua juga akan sedikit lebih berat dan lebih panjang.
  • Tingkat Pertumbuhan Mencapai ukuran penuh dalam waktu sekitar 1 tahun.
  • Umur 5 - 8 tahun
  • Temperamen Namun, cukup damai, mereka bisa menjadi agresif di antara mereka sendiri atau dengan ikan kecil jika mereka merasa tidak aman.
  • Wilayah Tank bagian Tengah yang disukai, namun mereka akan pergi ke atas dan ke bawah untuk mencari makanan.
  • Ketebalan Skala Neon tetra tidak memiliki timbangan. Karena itu, Anda perlu berhati-hati saat memilih antibiotik untuk mereka.


Perawatan Insang

Dari segi penyakit, Neon Tetra cenderung memiliki insang yang cukup kokoh. Mereka akan tumbuh cukup baik di air yang bergerak lambat dan tidak membutuhkan air yang bergerak cepat untuk menjaga kesehatan insangnya.


Di sisi lain, insangnya secara fisik kecil dan cukup rapuh. Mereka akan menjadi merah dengan cepat jika kimiawi air salah, dan juga membengkak. Inilah bagian yang membuat merawat ikan ini sedikit rumit.


Perawatan Swimbladder

Ini bukan ikan bertubuh dalam, jadi mereka tidak rentan terhadap masalah swimbladder yang membutuhkan makan kacang polong. Saya tetap memperkenalkan makanan mereka di bawah permukaan air untuk mengurangi risiko ikan menghirup udara saat mereka makan.


Selain itu, Neon Tetra memang turun dengan infeksi internal yang menyebabkan pembengkakan dan tanda-tanda penyakit swimbladder lainnya.


Pertimbangan Bentuk Fin

Meskipun Neon Tetra adalah perenang yang cepat, mereka cukup lemah dalam hal kemampuannya melawan arus yang bergerak. Yang terbaik adalah menyimpannya di dalam tangki dengan arus air yang lembut, tetapi terus bergerak.


Neon Tetra juga cukup mampu melompat keluar dari air, jadi sebaiknya tutup akuariumnya dengan rapat.


Pahami Komunitas Neon Tetra

Neon Tetra jantan dan betina sebagian besar memiliki perilaku yang sama. Mereka berdua cukup damai dan sebagian besar merupakan ikan kawanan. Tidak ada rasio khusus jantan dan betina, namun, saya mencoba untuk mempertahankan rasio saya pada 1 jantan untuk sekitar 5 atau 6 betina.


Sejauh spesies lain, Neon Tetra akan berenang dan makan bersama ikan lain yang ukurannya kurang lebih sama. Biasanya, ikan ini tidak akan menyerang orang lain di dalam akuarium, juga tidak akan mengejar udang air tawar, siput, atau makhluk lainnya.


Meskipun jarang, Anda mungkin menemukan Neon Tetra yang menggigit sirip atau mengejar ikan lain. Hal ini dapat terjadi pada spesies jantan dan betina. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Biasanya, ikan terbesar di sekolah adalah yang berubah menjadi pengganggu. Seperti banyak spesies lainnya, penindas Neon Tetra akan mengejar ikan yang lebih lemah atau lebih kecil. Jantan akan lebih mengejar satu sama lain ketika betina yang akan bertelur hadir. Mereka juga akan mengejar betina, namun itu akan lebih difokuskan untuk membuat betina tertarik pada tanaman tertentu, atau tempat pemijahan yang baik.
  • Sebelum Neon Tetra masuk untuk menyerang, mereka akan melebarkan siripnya, dan kemungkinan besar juga akan saling melingkari. Tindakan mereka biasanya jauh lebih cepat dan diarahkan ke bagian tengah tubuh musuh mereka. Biasanya, ikan ini tidak akan mengunci mulut seperti tiger barb, tetapi itu bisa terjadi.


Jika Anda memiliki ikan pengganggu di dalam akuarium, ada beberapa cara berbeda untuk mengatasi masalah ini:

  • Cobalah untuk mendapatkan 4 ikan lagi yang berukuran sama dengan si pengganggu sehingga mereka dapat mengembangkan urutan kekuasaan di antara mereka sendiri. Neon Tetra dapat merasa sangat tidak aman jika jenisnya di dalam akuarium tidak cukup, atau ikan akuarium dengan ukuran yang sama tidak cukup.
  • Beberapa agresi mungkin berasal dari kelangkaan atau ketidakamanan pangan. Cobalah memberi makan tetra tiga kali porsi kecil sehari, bukan dua kali.
  • Tambahkan lebih banyak penanda atau dekorasi teritorial di dalam tangki. Terkadang, ikan pengganggu menginginkan tanaman hidup atau benda lain untuk tujuan menandai wilayah. Jika Anda melihat pengganggu berkeliaran di sekitar satu tanaman tertentu, coba masukkan lebih banyak jenis itu ke dalam akuarium. Dengan cara ini, ikan lain dapat mengklaim wilayahnya, atau memiliki tempat lain untuk bersembunyi.
  • Jika penindas terus mengejar dan mengancam ikan lain di dalam akuarium, Anda harus memasukkannya ke dalam akuarium sendiri, atau membuat sekat tempat ia bisa hidup sendiri. Secara emosional, ini bisa sangat sulit bagi si penindas pada awalnya, tetapi pada akhirnya akan baik-baik saja tanpa ditemani makhluk lain.


Perhatikan Gender, Bibit dan Reproduksi

Dapat dikatakan bahwa Neon Tetra adalah salah satu ikan yang dibudidayakan paling banyak dalam perdagangan hobi akuarium. Secara genetik, Anda tidak mungkin mendapatkan ikan yang dapat berkembang biak pada tingkat penghobi. Meskipun Neon Tetra Anda kemungkinan besar akan bertelur, yang terbaik adalah tidak mencoba dan membesarkan benih hingga dewasa. Seringkali, mereka menjadi makhluk cacat yang tidak akan sesehat induknya.


Jika Anda tertarik untuk memelihara Neon Tetra, mulailah dengan ikan yang bersertifikat cukup sehat dan cukup layak untuk berkembang biak. Ikan ini mungkin harganya sedikit lebih mahal, tetapi itu akan sepadan dalam hal kesehatan dan penampilan keturunan yang dihasilkan.


Setelah Neon Tetra mencapai kematangan, betina akan menunjukkan perut yang lebih dalam atau lebih gemuk saat telur siap dilepaskan. Anda mungkin melihat pejantan cenderung lebih sering bergaul dengan betina, serta peningkatan perilaku mengejar.


Jika Anda ingin memelihara tetra baru, Anda harus memindahkan calon induk ke dalam tangki breeder. Tangki ini harus dimulai dengan bahan kimia air yang sama dengan tangki komunitas.


Gunakan filter gelembung untuk penyaringan. Pastikan untuk menempatkan stoking nilon di atas ventilasi agar telur dan goreng tidak tersangkut ke dalam filter nantinya.


Untuk dekorasi, Anda dapat menggunakan rumput dan karpet lumut untuk membantu menyembunyikan telur dari induk yang akan memakannya segera setelah betina melepaskannya.


Perkenalkan betina yang Anda tahu akan melepaskan telur, dan setidaknya satu jantan saat matahari terbenam. Ini memberi ikan waktu untuk beradaptasi dengan pengaturan baru dalam semalam.


Jika ikan tidak bertelur dalam satu atau dua hari, lakukan penggantian air parsial untuk menghasilkan penurunan kadar nitrat secara tiba-tiba. Karena ikan ini biasanya bertelur setelah hujan di alam liar, ini akan meniru perubahan air yang tiba-tiba.


Setelah pemijahan, yang terbaik adalah mengeluarkan induk ikan dan memasukkannya kembali ke tangki komunitas secepat mungkin. Biarkan telur di dalam tangki pembiakan, karena tangki tersebut sekarang akan berfungsi sebagai tempat pembibitan.


Jika semuanya berjalan lancar, antara 60 dan 130 telur akan menetas dalam waktu sekitar 24 jam. Burayak sangat sensitif terhadap cahaya dan akan melompat atau mencoba berenang jika Anda menyinari mereka.


Ketika burayak pertama kali menetas, mereka memiliki perut yang besar atau karung kuning telur yang akan mereka tinggali selama sekitar 2 hari. Setelah itu, Anda bisa mulai memberi mereka infusoria atau makanan komersial untuk telur ayam petelur.


Anda juga bisa menggunakan kuning telur rebus. Saya biasanya menemukan cara terbaik untuk memperkenalkan makanan dengan pipet, dan hanya menargetkan makanan ke tempat saya melihat gorengan. Ini membantu mengurangi pencemaran air, dan juga memberi Anda kesempatan untuk melihat burayak makan.


Setelah benihnya sedikit lebih besar, Anda bisa mulai memberi mereka makan bayi udang air asin yang sudah mati atau makanan beku yang dipotong-potong. Saya tidak pernah memberi makan ikan goreng atau remaja ikan hidup air asin udang sampai mereka setidaknya 1⁄2 inci panjangnya.


Kebutuhan Gizi Neon Tetra

  • Secara keseluruhan, Neon Tetra adalah omnivora. Di habitat alami, mereka akan dengan mudah mengkonsumsi daging serta makanan nabati dan alga.
  • Jenis Makanan Rezeki Terbaik: Neon Tetra cocok dengan pakan ikan pellet berkualitas baik seperti pelllet mikro merek Hikari.
  • Saya tidak merekomendasikan makanan serpihan untuk ikan ini karena mereka memiliki mulut yang sangat kecil dan dapat dengan mudah tersedak serpihan yang lebih besar. Jika Anda menghancurkan serpihannya, serpihannya juga bisa tersangkut di tenggorokannya.
  • Makanan Tambahan untuk Kesehatan Optimal: Cacing darah beku, daphnia, dan cacing tubfiex. Mereka juga akan dengan mudah menerima cacing tubifex kering yang dibekukan. Di sini sekali lagi, Anda mungkin perlu memotong makanan menjadi potongan-potongan kecil, karena Neon Tetra dapat tersedak partikel yang terlalu besar.
  • Makanan Khusus dan Pertimbangan untuk Warna dan Pertumbuhan Terbaik: Beri makan udang air asin hidup 1 hingga 2 kali per minggu. Mereka juga dapat menikmati wafer alga atau sayuran segar dari waktu ke waktu.
  • Kapan dan Seberapa sering memberi makan ikan berdasarkan siklus hidup: Beri makan benih dan ikan muda 3 kali sehari. Anda dapat menguranginya menjadi dua kali sehari ketika ikan mendekati usia 1 tahun. Jika saya memiliki betina di dalam tangki yang penuh dengan telur, saya mencoba menambahkan lebih banyak makanan beku dan bahan nabati ke tangki.


Perawatan Tangki Neon Tetra

Ada banyak alasan mengapa Neon Tetra berhenti makan. Berikut ini yang paling umum dan cara mengelolanya. Bergantung pada situasinya, hanya satu atau semua Tetra yang mungkin berhenti makan:

  • Kualitas Air Buruk: Neon Tetra terkenal rentan terhadap masalah kualitas air. Ini termasuk parameter kimia air yang berada di luar kisaran ideal untuk spesiesnya serta perubahan mendadak pada pH, kekerasan, nitrat, dan nitrit. Untuk pH dan kekerasan, lakukan penyesuaian secara perlahan. Nitrat, nitrit, dan amonia dapat Anda atur segera dengan bantalan penghilang nitrat / nitrit dan zeolit untuk amonia.
  • Ikan Pengganggu di Dalam Tangki: Jika Anda memperhatikan dengan hati-hati, Anda mungkin melihat satu ikan yang mengejar yang lain selama waktu makan. Anda dapat mencoba memberi makan yang ditargetkan dengan baster kalkun (taruh sedikit makanan di baster, lalu isi dengan akuarium air) tempat ikan korban bersembunyi, atau pisahkan si pengganggu ke bagian lain akuarium.
  • Cedera dan Penyakit: Infeksi bakteri, jamur, virus, dan parasit dapat menyebabkan ikan berhenti makan. Demikian pula, cedera sirip dan tubuh dapat membuat ikan terbuka terhadap patogen yang mungkin tidak selalu muncul sebagai infeksi eksternal. Anda dapat mencoba menggunakan berbagai antibiotik untuk infeksi luar, dan kemudian makanan obat untuk parasit internal.


Pengepul Ikan Neon Tetra

Prime Fish Farm

Phone : 0896 5268 5643 ( WA )

Telp : 021 94114 025

PIN BB : 73D60FCF

Email : deni.primevision@yahoo.co.id

Gmail : elshaaputra89@gmail.com


Tia Aquarium Depok

WA 081906656809


Defa Aquatis Surabaya

WA: 08974910007
LihatTutupKomentar