Sukses Investasi Properti dengan Terapkan Cara Ini

Bagi Anda yang ingin memulai investasi properti dengan sukses, pahami dan terapkan cara-cara atau langkah-langkah berikut agar Anda bisa mengambil keputusan dengan mantap.
investasi properti

 

Apa itu Investasi Properti?

Investasi Properti adalah properti yang dibeli untuk menghasilkan laba atas investasi. Dua cara orang mendapatkan keuntungan dari melakukan investasi di properti adalah dengan pengembalian sewa reguler, pengembalian dari penjualan kembali properti di masa mendatang yang nilainya semakin meningkat, atau keduanya.


Apa Itu Investor Properti?

Seorang investor properti adalah seseorang yang membeli satu atau beberapa properti untuk disewakan atau dijual dengan harga yang lebih tinggi. Peran investor properti biasanya dilakukan bersamaan dengan karir tambahan, tetapi melakukan investasi di properti terkadang bisa menjadi karir penuh waktu itu sendiri.


Jenis Investasi Properti

Hunian: Sewa rumah adalah cara yang populer bagi investor untuk menambah penghasilan mereka. Seorang investor yang membeli properti residensial dan menyewakannya kepada penyewa dapat mengumpulkan uang sewa bulanan. Ini bisa berupa rumah keluarga tunggal, kondominium, apartemen, townhome, atau jenis bangunan tempat tinggal lainnya.


Komersial: Properti yang menghasilkan pendapatan tidak selalu harus berupa tempat tinggal. Beberapa investor — terutama perusahaan — membeli properti komersial yang digunakan secara khusus untuk tujuan bisnis. Pemeliharaan dan peningkatan properti ini bisa lebih tinggi, tetapi biaya ini dapat diimbangi dengan pengembalian yang lebih besar. Itu karena sewa untuk properti ini sering kali meminta sewa yang lebih tinggi. Bangunan ini mungkin merupakan bangunan apartemen milik komersial atau lokasi toko ritel.


Penggunaan Campuran: Properti serbaguna dapat digunakan secara bersamaan untuk tujuan komersial dan residensial. Misalnya, sebuah bangunan mungkin memiliki etalase ritel di lantai utama seperti toko serba ada, bar, atau restoran, sedangkan bagian atas bangunan menampung unit hunian.


Cara/Langkah Memulai Investasi Properti


1. Periksa keuangan Anda

Ini bisa sesederhana menghitung pengeluaran Anda dan mengimbanginya dengan total pendapatan dan aset Anda. Ini akan memberi Anda gambaran tentang berapa banyak uang yang harus Anda investasikan.

Jangan langsung berasumsi bahwa Anda tidak mampu membeli properti investasi. Selama Anda memiliki pekerjaan yang stabil, dengan gaji yang cukup baik dan memiliki riwayat pekerjaan yang cukup panjang, Anda tidak akan kesulitan mendapatkan pinjaman.


2. Dapatkan Pra-persetujuan 

Pra-persetujuan adalah indikasi formal dari pemberi pinjaman bahwa mereka akan meminjamkan Anda sejumlah uang. Anda bisa mendapatkan pra-persetujuan langsung dari pemberi pinjaman Anda atau melalui broker hipotek tepercaya. Menanyakan kepada pialang sebelum mengajukan pra-persetujuan adalah ide yang bagus jika Anda tidak yakin mampu untuk berinvestasi.


Meskipun baik Anda maupun pemberi pinjaman tidak diwajibkan untuk menindaklanjuti pinjaman rumah yang telah disetujui sebelumnya, mengajukan beberapa persetujuan di muka tidaklah bijaksana. Setiap kali Anda melamar, pemberi pinjaman memeriksa catatan kredit Anda. Menemukan banyak pertanyaan saat mereka melakukan pemeriksaan menandakan bendera merah dan meningkatkan kemungkinan mereka akan menolak aplikasi Anda.


3. Tetapkan tujuan Anda

Apa yang ingin Anda capai? Seperti apa kesuksesan itu bagi Anda? Untuk mencapai tujuan Anda, Anda harus terlebih dahulu mengartikulasikan apa itu. Lebih penting lagi, Anda perlu menetapkan tenggat waktu untuk diri sendiri. Ini memungkinkan Anda untuk membuat rencana, dengan memberikan tanggal akhir yang akan dituju.


Misalnya, jika Anda ingin mengganti pendapatan dan menghentikan investasi Anda dalam 10 tahun, mulailah dengan membuat rencana 10 tahun. Kemudian bagi tujuan jangka panjang Anda menjadi tujuan mingguan, bulanan, dan tahunan.


Hal ini tidak hanya memberi Anda rencana tindakan yang jelas, tetapi juga membuat tujuan Anda lebih mudah dikelola, mencegah Anda kewalahan oleh besarnya tugas.


4. Pahami sikap Anda terhadap risiko

Risiko macam apa yang bisa Anda toleransi? Sikap Anda terhadap risiko harus menginformasikan strategi Anda.


5. Mulai penganggaran

Penganggaran adalah satu-satunya cara untuk memastikan Anda dapat menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran Anda. Ini memungkinkan Anda untuk memahami bagaimana Anda membelanjakan uang Anda dan membantu Anda merencanakan pengeluaran yang lebih besar di kemudian hari.


Dengan alat penganggaran, sebenarnya tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak menyiapkan anggaran. Pastikan untuk menyiapkannya bahkan sebelum Anda mulai mencari properti.


6. Buat rencana pembelian

Seperti apa rencana pembelian yang ideal? Ini akan membantu Anda mencapai titik di mana portofolio Anda menghasilkan pertumbuhan atau pendapatan target Anda. Dan itu harus berfungsi sebagai struktur untuk membantu Anda tetap dalam permainan.


Berikut contoh paket pembelian yang dapat Anda ikuti:

  • Tentukan strategi Anda
  • Siapkan kriteria Anda
  • Lakukan riset Anda
  • Pilih properti dari daftar pilihan Anda
  • Dapatkan penilaian
  • Lakukan uji tuntas Anda
  • Buat penawaran dan negosiasi


7. Diinformasikan

Gunakan alat yang tersedia untuk membuat keputusan yang tepat dan mengikuti tren pasar properti; memahami pasar akan sangat penting untuk membuat pilihan investasi yang tepat.


Mendapatkan informasi juga berarti menghindari skema cepat kaya dan penjual properti. Jika seseorang menjanjikan Anda jaminan pengembalian dan kekayaan dalam semalam, tinggalkan; satu-satunya orang yang menjadi kaya adalah mereka.


Tidak ada yang namanya psikis properti, dan meskipun ada metode penelitian yang telah dicoba dan diuji, tidak ada yang dapat menjamin.


8. Tetap fokus

Investasi properti harus didorong oleh angka, bukan emosi. Pastikan Anda tetap fokus pada tujuan akhir Anda dengan:

  • melukis gambaran yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai,
  • menetapkan tenggat waktu untuk tujuan Anda,
  • memecah tujuan jangka panjang Anda menjadi tujuan jangka pendek
  • Anda mudah kewalahan saat menjelajah ke sesuatu yang serumit investasi properti.


Tapi jangan menyerah pada impian Anda. Katakan pada diri Anda: jika saya membeli properti yang tepat hari ini, dalam sepuluh tahun saya akan bersandar dengan kaki terangkat dan koktail di tangan, merayakan fakta bahwa saya membeli properti yang nilainya lebih dari dua kali lipat, sementara rekan-rekan saya duduk-duduk sambil mengutuk keputusan mereka untuk tidak mengikuti saya melalui jalan investasi.


Kelebihan dan Kekurangan Investasi Properti

Dibandingkan dengan bentuk lain, investasi properti adalah metode yang aman dan terbukti untuk meningkatkan kekayaan Anda.


Kelebihan Investasi Properti

Kinerja historis yang kuat: Properti residensial mengungguli semua jenis investasi lainnya, termasuk saham selama 20 tahun terakhir.

Pengendalian: Properti adalah investasi besar karena Anda memiliki kendali langsung atas keuntungan darinya. Salah satu manfaat utamanya adalah Anda dapat mengelola aset daripada menyerahkan keputusan kepada perusahaan besar atau fund manager. Artinya, Anda dapat meningkatkan properti atau membeli properti dengan twist yang akan memberi Anda pertumbuhan modal yang cepat. Jika properti Anda tidak menghasilkan keuntungan yang baik, Anda dapat menambahkan nilai melalui renovasi atau menambahkan furnitur agar lebih diminati oleh penyewa. Dengan kata lain, Anda dapat secara langsung memengaruhi keuntungan Anda dengan menaruh minat pada properti Anda, memahami dan memenuhi kebutuhan calon penyewa Anda.

Leverage: Salah satu hal khusus tentang properti adalah bank akan meminjamkan Anda hingga 80% dari nilai properti, memungkinkan Anda menggunakan uang orang lain untuk membeli investasi Anda dalam jumlah yang lebih besar.

Keuntungan pajak: Properti investasi menawarkan keuntungan pajak yang besar termasuk depresiasi dan kemungkinan pengalihan negatif jika sesuai untuk Anda.

Keamanan: Sering dikatakan bahwa real estate perumahan menawarkan keamanan batu bata dan mortir. Artinya, rumah tidak "bangkrut" seperti yang dilakukan perusahaan atau saham. Hal ini sebagian disebabkan oleh besarnya pasar perumahan dan juga fakta bahwa di bawah 70% orang yang memiliki properti bukanlah investor, tetapi adalah pemilik pemilik. Pasar residensial adalah satu-satunya pasar investasi yang tidak didominasi oleh investor dan ini menyediakan jaring pengaman yang terpasang di dalamnya. Tabungan-bank-rumah-pasangan-simpan-properti-rapat-anggaran-300x199

Pendapatan: Pendapatan sewa yang Anda terima dari properti memungkinkan Anda untuk meminjam dan mendapatkan keuntungan dari leverage dengan membantu membayar bunga atas hipotek Anda.

Properti itu memaafkan. Bahkan jika Anda membeli properti terburuk pada waktu yang paling buruk, kemungkinan besar nilainya masih akan naik di tahun-tahun mendatang. Sejarah telah membuktikan bahwa real estat mungkin merupakan aset yang paling pemaaf dari waktu ke waktu. Jika Anda siap untuk memiliki properti investasi selama beberapa tahun, nilainya pasti akan naik.

Anda dapat mengasuransikan banyak risiko: Tidak hanya asuransi bangunan, tetapi investor cerdas mengambil asuransi tuan tanah untuk melindungi kepentingan mereka.


Kekurangan Investasi Properti

Biaya masuk yang tinggi: Dengan harga properti yang terus naik, semakin sulit untuk masuk ke pasar. Biaya masuk yang tinggi ini membuat banyak investor keluar dan menyulitkan untuk memulai jika Anda tidak memiliki disiplin menabung dan sedikit uang di belakang Anda. stres emosi membeli rumah

Kurangnya diversifikasi: Karena biaya masuk yang tinggi, investor pemula biasanya memiliki semua telur mereka dalam satu keranjang. Kurangnya diversifikasi ini berisiko jika pasar berubah tiba-tiba atau investasi Anda tidak berjalan seperti yang Anda harapkan. Tentu saja, jawabannya adalah memiliki jenis real estat yang tepat, jenis yang nilainya tidak berfluktuasi secara signifikan ketika pasar berubah. (Saya akan menjelaskan ini lebih detail sebentar lagi.)

Biaya berkelanjutan dan tambahan: Properti investasi membawa serta biaya berkelanjutan seperti biaya asuransi, tarif dewan, pembayaran kembali hipotek, pemeliharaan, renovasi, dll. Pengeluaran ini mungkin rutin atau mungkin mengejutkan ketika Anda tidak menduganya. Dan jika Anda memiliki properti dengan pertumbuhan tinggi, kemungkinan pada tahun-tahun awal pendapatan sewa tidak akan mampu menutupi pengeluaran Anda sepenuhnya. Sementara banyak investor menambah arus kas negatif ini dari tabungan mereka, investor yang cerdas membuat penyangga arus kas di jalur kredit atau rekening offset untuk menutupi gearing negatif mereka.

Masalah Penyewa: Meskipun melibatkan manajer properti terbaik untuk menjaga properti Anda, Anda masih dapat mengalami masalah penyewa atau periode lowongan sewa, yang kecuali Anda memiliki perlindungan asuransi tuan tanah atau penyangga arus kas dapat mengganggu keuangan Anda.

Properti tidak likuid dan tidak rata: Butuh waktu untuk menjual dan Anda tidak bisa begitu saja menjual satu bagian rumah dan mengubahnya menjadi uang tunai.

Kejutan: Ini sepertinya selalu merayap pada investor - hal-hal seperti mengubah suku bunga atau perbaikan yang tidak terduga

LihatTutupKomentar