Ada Apa Saja Sih di Pantai Panjang Bengkulu ? Mari Kepoin Pantai Panjang Bengkulu Bersama

 Ke Bengkulu rasanya belum afdol ya jika Readers belum mampir ke pusat iconic-nya bengkulu, siapa lagi jika bukan pantai panjang. Jangan herannya apabila musim libur telah tiba, area pantai panjang acap kali di penuhi oleh pelancong, baik dari luar maupun luar kota. Bahkan, ada sebagian pelancong yang memang sejak awal pergi ke Bengkulu hanya untuk mengunjungi Pantai panjang, loh Readers


Banyak hal yang bisa Readers lakukan disini, mulai dari bersepeda di sepanjang bibir pantai, menikmati sunset, berburu kuliner yang menarik hingga menghabiskan waktu dengan bermain air bersama keluarga. Mau lebih kepo lagi dengan pantai unik ini, mari kita ulik bersama !


Seperti yang Readers tau bahwa pantai panjang merupakan pantai yang berada di Provinsi Bengkulu. Letaknya hanya sekitar 4 km dari pusat kota, loh . Pantai ini memiliki garis pantai mencapai 7 km dan lebar pantai sekitar 500 meter, sebab Pantai Panjang ini hanya memiliki sedikit karang, sehingga saat terjadi air pasang jangkauan air lautnya menjadi sangat jauh yang menjadikan pantai panjang sebagai pantai yang mempunyai garis pantai terpanjang di Indonesia Pantai Panjang tentu mempunyai keistimewaan tersendiri, ya Readers, yaitu pantai yang landai, hamparan pasir yang luas dan airnya yang bersih menjadikan daya tarik tersendiri dari objek wisata Pantai Panjang ini. Dengan demikian pelancong semakin bebas untuk bermain, bercanda gurau dan mandi kecil sambil menikmati semilir angin pantai. Selain itu, ditambah dengan tumbuhan cemara yang tumbuh subur di pinggiran pantai, padahal habitat asli pohon cemara ini tumbuh di gunung sangat membuat pantai ini semakin istimewa.

 Apabila Readers ingin kesana menggunakan kendaraan, baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, Readers hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk sampai kesana. Pantai Panjang sendiri terletak di Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Teluk Segara, & Kecamatan Ratu Samban. Apakah Readers pernah mendengar nama Pantai Tapak Paderi dan Pantai Zakat? Nah, pantai Panjang Panjang berletakan sejajar dengan pantai-pantai tersebut.

Untuk masuk ke Pantai Panjang tidak terkena biaya untuk para pelancong ya Readers, alias gratis ! Readers hanya perlu mengeluarkan biaya parkir, yaitu untuk sepeda motor Rp 2.000 dan untuk mobil Rp 5.000. Dan juga Pantai Panjang selalu buka 24 jam, tidak ada yang melarang Readers maupun pelancong untuk menikmati indahnya pantai panjang ini. Jadi wisatawan bisa datang kapan saja.

Tepat bersebrangan dengan pantai panjang, terdapat Sport Center yang sering digunakan oleh  masyarakat untuk melakukan kegiatan olahraga menyenangkan seperti voli, basket, berjalan santai, dan futsal. Namun tak jarang juga sport center sering digunakan untuk konser musik atau hiburan lainnya seperti bazar atau pasar malam yang diadakan oleh pemerintah setempat maupun swasta. Tapi jika Readers ingin jogging sambil menikmati kencangnya angin pantai, Readers bisa datang saat pagi atau sore hari dan berjoging di jogging track. 

Jika Readers ingin bersepeda santai namun tidak memiliki sepeda, Readers bisa menyewa yang telah disediakan oleh pemilik sepeda. Mulai dari sepeda listrik, manual maupun yang berbentuk unik yang bisa di kayuh bersama-sama termasuk becak juga loh Readers. Untuk menyewa, biasanya pemilik hanya meminta penyewa meninggalkan KTP atau tanda pengenal lainnya. 


Pantai panjang hanya dikhususkan untuk tempat piknik atau bersantai di pinggir pantai, Readers maupun pengunjung yang lin dilarang keras untuk berenang bakhan melakukan olahraga air lainnya. Apalagi jika sedang saat libur panjang atau libur hari besar, untuk memastikan tidak ada pengunjung yang mandi di lokasi terlarang tersebut, Kapolresta menerjukan tim khusus guna memantau dan terus memberi peringatan dan imbauan kepada pengunjung, nih Readers. Seperti yang Readers ketahui bahwa di beberapa titik lokasi pantai panjang itu ada yang dilarang untuk mandi sebab memang situasi dan kondisi pantainya tidak memungkinkan untuk berenang. Kecuali Pantai Jakat, ya Readers. Pantai ini punya geografis tepi pantai teluk, jadi arusnya tidak terlau kencang dan gelombangnya masih kategori aman untuk pengunjung.


Di pinggir pantai, ada banyak pondok yang dibangun warga lokal untuk tempat para pelancong duduk atau rebahan guna menikmati suasana semilir nan sejuknya pantai disiang hari, namun sebelum singgah di pondok Readers wajib memesan makanan atau minuman terlebih dahulu,ya karena tidak ada yang gratis disini. jika ingin berjalan-jalan di bibir pantai namun mager, solusi terbaiknya adalah Readers bisa menyewa andong, loh untuk berjalan-jalan di sepanjang bibir pantai dengan durasi tertent, ya Readers.



Opsi selanjutnya adalah jika Readers ingin berfoto ria tepat di icon tulisan ' PANTAI PANJANG' , Readers bisa menyewa fotographer keliling yang siap sedia memotret anda dan keluarga dan langsung memberikan hasil foto dengan selembar kertas foto. Readers tak perlu bolak-balik untuk berfoto karena Readers akan langsung mendapatkan foto keluarga dengan sekali tembakan cahaya.


Untuk kuliner, disini juga tersedia beberapa kuliner ringan maupun berat, termasuk juga dengan kelapa muda, minuman dingin dan masih banyak lagi. Para pedagang berjualan di tempat yang telah di sediakan oleh pemerintah setempat agar tidak mengganggu tata letak keindahan pantai. Pantai yang kita tau biasanya sedikit jauh dari hiruk pikuk kota, namun jika Readers mengunjungi pantai panjang Readers akan dibuat kagum oleh banyaknya fasilitas yang tersedia diantaranya terdapat restoran, cafe, penginapan, area bermain, pusat perbelanjaan dan lainnya. 


Terlanjur basah karena bermain air dan tidak membawa baju ganti ? Jangan khawatir ya Readers, sebab di sepanjang jalan utama di pantai panjang banyak warga lokal yang menjual bermacam pakaian santai, pakaian dalam, dan daster baik untuk anak-anak atau dewasa semua tersedia dan harga yang ditawarkan cukup bervariasi ya Readers. Jika Readers ingin pakaian yang lebih mahal, Readers bisa langsung pergi ke pusat perbelanjaan terbesar di bengkulu yang jaraknya dekat dengan pantai panjang yakni Bengkulu Indah Mall / Bancoolen Mall (BIM). Disana hampir semua brand maupun cafe terkemuka di Indonesia hadir disatu tempat yang sangat luas.


Pada bagian penginapan, terdapat banyak pilihan ya Readers, dari vila hingga hotel yang tersohor berbintang 3 di Bengkulu, yakni Grage Horizon Hotel. Hotel ini terkenal karena kolam renang yang view terbaiknya adalah hamparan luas pantai panjang. Vila yang disediakan oleh warga lokal terdapat banyak tema. Ada yang berbentuk rumah panggung maupun seperti rumah sungguhan. Semua tergantung dengan apa yang Readers pilih.


Bagi Readers penikmat sunset, pantai panjang sangat dianjurkan sebagai tempat yang pas saat menanti sunet tiba. Readers akan ditemani oleh kencangnya angin nan deburan ombak yang menenangkan. Jika sudah sore menjelang malam, banyak pedagang yang menggunakan motor menjajakan makanannya seperti bakar-bakaran.  Atau Readers jug berkemah di pinggir pantai bersama temn. Yang mana saja yang akan Readers pilih tetap pilihn terbaik kok, jadi tunggu apa lagi Readers segera kunjungi pantai iconik di bengkulu sekarang juga, happy weekend and see yaaa....