Ayo Berkemas ! "Tanah Lot" Ada di Bumi Rafflesia Bengkulu Tengah, Pantai Sungai Suci.

 Hayoo... siapa yang gagal fokus sama judulnya !

Dalam satu judul ada 2 kalimat yang membingungkan untuk Readers, kan. Tanah Lot versi bumi Raflesia dan Pantai Sungai Suci. Lalu, yang mana dulu yang akan kita bahas ? Apa hubungan antara keduanya ? Penasaran, ya ? Ayo kita bahas bersama.


Pantai sungai Suci. Ada banyak pertanyaan jika Readers belum pernah menginjakan kaki di sini. Bingung dengan nama yang tampak ambigu. Ya, writer akui memang namanya sangat unik namun cantik. Jadi, apa yang Readers pikirkan tentang Pantai Sungai Suci? Pantai yang tidak ada pengunjungkah sehingga namanya ' suci '? atau pantai yang bersentuhan langsung dengan sungaikah yang membentuk muara sehingga namanya Pantai Sungai Suci atau sebenarnya ini adalah sebuah sungai yang memiliki riak air yang sama dengan pantai ? 


Aduh, sayang sekali. Semuanya salah ya, Readers. Pantai Sungai Suci adalah sebuah pantai laut lepas yang sangat cantik nan mempesona. Memiliki pasir putih dan sebuah sungai dimana warga lokal maupun turis sering kali mencari batu akik di sungai tersebut. meskipun pasir putih itu sangat menggoda, namun pengunjung dilarang keras untuk mendekati pasir atau sampai mandi di bibir pantai. Sebab posisi pantai yang tepat berada di bawah tebing yang curam. Akan sangat beresiko jika Readers tetap memaksa turun. Belum lagi Ombak air sangat besar dan ganas yang siap melahap Readers kapan saja.


Lalu apa hubungannya dengan Tanah Lot yang ada di Bali ?


Sebenarnya tidak ada hubungan sama sekali dari segi manapun, tapi pulau kecil ini sangat mirip dengan Tanah Lot yang berada di Bali. Seperti yang kita tau bahwa Tanah Lot di Bali benar-benar indah tak terkira namun Bali terlalu jauh dan membutuhkan budget yang tidak sedikit. Jadi, jika ingin liburan ke Tanah Lot tapi versi sumatera, silahkan Readers datang ke Bengkulu Tengah.


Apakah aksesbilitas menuju Pantai Sungai Suci memadai ?


Tentu saja memadai ya Readers, meskipun dikelola langsung oleh warga lokal tanpa adanya campur tangan dari dinas pariwisata setempat, Pantai Sungai Suci ini terletak di Desa Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah ini memiliki aksebilitas yang memumpuni. Jaraknya  juga cukup dekat dari pusat Kota Bengkulu, yakni hanya sekitar 1,5 kilometer. Apabila Readers berkendara dengan kendaraan pribadi, maka jarak tempuhnya hanya memakan waktu 20 menit saja. Belum lagi posisi Pantai Sungai Suci tepat di tepi Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Kabupaten Bengkulu Tengah, sehingga Readers tidak akan sulit untuk menemukannya. Apalagi jika Readers lihat ke sisi kiri jalan menuju objek wisata ini, Readers juga akan berdecak kagum karena tak kalah indah, sebab memang ruas Jalinbar dekat dari bibir pantai.


Dari jalan utama menuju titik Pantai Sungai Suci cukup dekat, mungkin hanya 5 menit menggunakan kendaraan. Jangan takut tersesat, sebab sepanjang perjalananpun Readers telah di temani oleh deburan ombak yang keras, sesekali wajah pantai mengintip di sela-sela pepohonan yang tertanam guna menutup terjalnya batu di pinggir jalan.


Sesaat setelah sampai, Readers akan diarahkan oleh juru parkir pada area parkir yang cukup luas. Area nya berupa tanah kosong yang lagi-lagi dibangun oleh masyarakat lokal.


Ada yang unik dari Pantai Sungai Suci ini Readers, Selain dapat menikmati keindahan pantai, Pantai Sungai Suci memiliki kejutan yang tak terduga, loh. yakni terdapat jembatan gantung kembar yang dikelola langsung oleh warga lokal. Jembatan ini berfungsi untuk menghubungkan daratan utama dengan sebuah pulau kecil "tanah lot" yang terbentuk secara alami di laut. Disebut kembar bukan tanpa sebab, karena jembatan ini ada 2 cabang rute masuk dan keluar. Dahulu, antara daratan utama dan pulau kecil ini menyatu. Namun, sebab terkikis air terus menerus akhirnya terbentuklah pulau kecil yang berukuran 20 meter persegi ini. 


Disini, pengunjung cukup membayar Rp 5.000 untuk dapat melintasi jembatan gantung kembar dan menyeberang ke pulau kecil yang kita bicarakan sedari tadi. Jembatan ini sendiri memiliki ketinggian 6-7 meter dari permukaan laut. Wow, cukup tinggi ya, Readers. Jembatan ini sendiri sudah berusia sekitar 11 tahun. Hampir semua pengunjung selalu menyempatkan diri untuk berkali-kali berfoto di jembatan yang bisa menjadi daya tarik utama wisata Pantai Sungai Suci ini. Beban yang dapat di tanggung oleh jembatan kembar ini adalah 5 orang dewasa saja Readers, jadi harap antri dan jangan berdesak-desakan saat akan menyebrang, ya. Setelah membayar jembatan gantung, Readers akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp 3.000 untuk masuk ke pulau kecil.

Lalu, jika sudah menyebrang ke pulau kecil, apa yang akan Readers dapat ?


Di sana, Readers dapat bersantai di tempat duduk dengan suasana pohon yang rindang sambil menikmati hamparan laut lepas sepanjang mata memandang yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Pantai yang juga dijuluki sebagai Tanah Lot-nya Bengkulu ini sempat menjadi spot favorit Bung Karno saat beliau diasingkan ke Bengkulu oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda pada tahun 1938 hingga 1942. Rumornya, presiden pertama RI itu sering menghabiskan waktu di pantai yang membentang sepanjang 2 kilometer ini untuk menyegarkan pikiran.


Namun jika Readers ingin duduk lebih santai dan tak mau menyebrang ke pulau kecil, para penjual makanan menyiapkan pondok-pondokan untuk para pengunjung yang langsung berhadapan dengan gagahnya lautan lepas.


Jangan takut kelaparan ya Readers, baik di daratan utama maupun di pulau kecil, Readers masih bisa mendapatkan penjual yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman, mulai dari snack hingga makanan berat. Namun, Readers harap bijak dalam berbuat ya, jangan membuang sampah dengan sembarang apalagi sampai membuang sampah ke laut Readers.


Siapa sih yang tidak tertarik untuk duduk di sebuah pulau kecil dengan ditemani oleh kopi sepaket dengan deburan ombak ganas nan berisik apalagi jika Readers menunggu saat matahari kembali pulang ke ufuk barat. Bisa Readers bayangkan seberapa mengagumkannya momen itu. Jika Readers sudah terlanjur hanyut dalam menikmati keindahan Pantai Sungai Suci, maka Readers bisa menginap di beberapa penginapan yang tersedia di sepanjang jalan setapak yang dekat dengan pantai, dan penginapan ini bahkan mengusung konsep cotage seperti penginapan di Bali. penginapan pun milik dan dikelola secara pribadi oleh warga lokal, ya Readers


Tanpa ditambah dengan atribut apapun, Pantai Sungai Suci sudah sangat aestetic, setiap sudut pantainya memiliki spot foto yang sangat eksotis dan instagramable ! Readers tak akan mendapatkan kata 'bosan' jika sudah menginjakan kaki di pantai cantik ini. Bisa di bilang, Pantai Sungai Suci adalah salah satu hiden gem di bengkulu tengah. Ada juga yang mengatakan bahwa Pantai Sungai Suci adalah Piece of heaven . Tentu saja, apapun namanya, Readers tidak akan bisa mengelak sebutan itu. Sekalipun banyak pelancong yang mengatakan bahwa pantai suci hampir sama dengan 'Tanah Lot' yang tersohor di Bali, maka itu tidak berlebihan, kan Readers


Ayo, kemasi barang-barang dan segera atur jadwal untuk segera menikmati keindahan pantai suci bengkulu. Happy weekend Readers, see yaaaaa.