Habiskan Weekend Terbaik di Tebing Suban Bengkulu

Provinsi bengkulu sangat diberkahi dengan berbagai macam keindahan alam seperti pantai, bukit dan dataran tinggi yang sangat subur. Ditambah warga lokal dan pemerintah sangat kompak dalam memajukan daerah, terbukti dengan banyaknya terobosan wisata di Kota Curup, Provinsi Bengkulu. Nah, salah satu contoh adalah wisata Tebing Suban. Ngomong-ngomong, apakah ada yang sudah pernah kesana ? Bagaimana kesan pertama Readers setelah menghabiskan waktu di tempat secantik Tebing Suban. Meskipun tergolong masih baru, namun peminatnya sangat ramai, loh Readers. Apalagi jika musim liburan telah tiba, banyak pengunjung yang berbondong-bondong datang dari berbagai macam kota.

Seperti yang Readers ketahui bahwa wisata Tebing Suban adalah salah satu objek wisata yang cukup booming beberapa bulan belakangan ini. Beberapa video dari konten kreator yang berseliweran di tiktok, ig dan beranda facebook yang menunjukkan betapa menyenangkan saat menghabiskan waktu weekend atau liburan disana. Namun, apakah Readers tau bahwa untuk mencapai wisata Tebing Suban ini sebenarnya membutuhkan sebuah effort yang cukup besar? Ya, Readers tidak salah baca , karena posisi wisata ini berada di perbukitan dengan ketinggian 720 mdpl di wilayah Curup, cukup tinggi nan curam. Alamat utama wisata Tebing Suban ini sendiri berada di Jl. Raya Curup - Lubuk Linggau, Talang Ulu, Curup Tim., Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.

Untuk mencapai Wisata Tebing Suban ini, Readers harus menempuh waktu sekitar 3-4 jam dari pusat Kota Bengkulu, tapi jangan khawatir dulu, karena akses jalan menuju lokasi bisa Readers lewati dengan mudah, baik dengan kendaran roda dua maupun roda empat. Sebab, akses jalan menuju Wisata Tebing Suban sendiri sudah beraspal dan rute jalan yang hanya sekitar 13 km dari pusat Kabupaten Rejang Lebong.

Apa tidak ada tempat yang lebih mudah untuk di datangi, Mengapa harus Tebing Suban ?

Eiitttt.... Sabar dulu, dong Readers. Mari kita bahas hal menarik apa saja yang kan Readers dapatkan jika berkunjung ke Tebing Suban , Check this out !

Wisata Tebing Suban buka mulai dari pukul 08.00 WIB sampai 23.00 WIB di setiap harinya. Sejak diresmikan 2020 lalu, pengelola tidak hentinya memberian gebrakan terbaru untuk memberikan kesan menyenangkan pada konsumen. Sesaat setelah Readers sampai pada lahan parkiran yang cukup luas, Readers akan disuguhkan oleh hamparan taman bunga yang begitu memanjakan mata. Jika menoleh ke samping dan belakang, Readers akan melihat hamparan sayuran yang ditanam oleh petani lokal.

Kemudian jangan lupakan bahwa sudah ada spot unik nan lucu seolah memanggil Readers untuk ber-selfie ria saat itu juga. Hamparan bunga itu ternyata dihiasi oleh beberapa kolam yang diisi dengan ikan hias. Hati-hati saat melintasi kolam, ya Readers karena ada beberapa kolam yang cukup dalam untuk anak kecil ditambah aliran air yang cukup deras yang mengalir dari atas turun ke bawah bukit.


Dari bawah, Readers akan memulai 'pertualangan kecil ' dengan menaiki anak tangga yang cukup banyak. Itu sangat melelahkan, Readers. Writer pernah merasakannya. 

Tahap selanjutnya, Readers akan kembali dibuat kagum dengan beragam keindahan alam yang mempesona. Jika ingin lebih menarik, Readers bisa menaiki bangunan yang menyerupai benteng yang berdiri dengan gagah. Diatas sana, Readers akan merasakan bagaimana sensasi berdiri dengan view hamparan kota Curup yang menawan di temani oleh awan yang cantik. 

Tidak terlalu menikmati waktu karena anak atau keponakan Readers sangat aktif dan bikin khawatir, takut jika salah langkah malah terjungkal jatuh kebawah? Wah, pemikiran yang sangat random sekali ya, Readers .

Terdengar menggelikan namun itu masuk akal mengingat sebagai orang tua engelola Wisata Tebing Suban bahkan sampai menyiapkan playground dan tentunya didampingi oleh profesional staff, ya Readers. Jadi, jangan khawatir anak akan merasa tidak nyaman selama bermain di playground. Playgroud juga difasilitasi dengan berbagai macam permainan agar anak semakin ceria saat berada di playground.

Lalu, ada juga kafe yang sangat menarik perhatian nih, dengan mengusung tema aestetic dan retro, kafe ini berhasil menjadi salah satu spot yang wajib untuk Readers kunjungi. Suasananya benar-benar bikin nyaman, Readers bisa menikmati sunset dengan secangkir kopi hangat di sore hari. Nongki cantik ala selebgram dengan spot yang sangat instagramable , siapa sih yang nggak mau. Apabila Readers lebih suka outdoor daripada indoor, solusinya adalah Readers bisa duduk di kursi luar atau naik ke lantai 2 ya. Duh , jadi mupeng kan. Ngomong-ngomong, tidak hanya kopi loh yang dijual, cafe ini juga menyediakan berbagai camilan hingga makanan berat untuk para pengunjung. 


Mau indoor tapi nggak mau di cafe? ada kok , Reader bisa nongkrong cantik di area piknik. Disini, Readers disediakan tenda lengkap dengan rumput sintetis yang membuat suasana seperti benar-benar sedang piknik di lapangan terbuka, Loh. Ukuran tendanya pun nggak kaleng-kaleng ya Readers, muat untuk 3 orang dewasa. Pengunjung juga di perbolehkan untuk membawa makanan dari luar, namun tidak membuang sampah sembarangan, ya. Sejauh ini, Readers hanya perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk dan parkir. Untuk tiket masuk sendiri, Readers dikenakan biaya Rp 10.000/orang.

Selain beberapa spot yang telah Writer sebutkan diatas, masih ada banyak spot foto buatan yang menunggu Readers untuk kunjungi. Tolal lebih dari 15 spot foto nih , seperti rumah pohon, bilik telpon dan masih banyak lagi. Untuk Wahana permainan, Pengelola menyediakan berbagai wahana permainan yang sangat menarik seperti flying fox dan yang terbaru yakni rainbow slide. Readers cukup membayar Rp 35.000 perorang. Rainbow slide hadir sesaat sebelum lebaran idul fitri 2024 lalu, jadi tak heran jika banyak pengunjung yang bahkan rela antri hanya demi merasakan meluncur dari atas sampai kaki bukit. Seperti namanya , Rainbow slide diciptakan dengan berbagai warna cerah dan bergelombang. Bikin deg-degan tapi juga penasarankan readers, he..he...

Tak jarang juga banyak pengunjung yang datang dimalam hari hanya untuk menikmati keindahan kerlap-kerlip lampu di malam hari. Jika Readers tak cukup hanya dengan satu hari di Wisata tebing Curup, Readers bisa menginap di homestay yang terletak di lereng perbukitan yang gagah nan kokoh. Pengelola siapkan khusus untuk para pelancong yang berasal dari luar daerah, tapi jangan lupakan dengan biaya tambahan ya readers, he...he..

tertarik untuk menginap ? Readers bisa menghubungi nomor yang tertera (085883251885)
Mungkin dari sebagian Readers masih sedikit ragu dan merasa bahwa Writer sedikit melebih-lebihkan, Cuss langsung kepoin IG resminya di @tebing_suban, disana Readers bisa melihat sendiri bagaimana keseruan dari para pengunjung dalam menikmati setiap spot maupun wahana yang pengelola siapkan. 

Readers, panjangkan list perjalananmu dengan mendatangi wisata Tebing Suban, bagi Readers yang akan melewati perjalanan lintas utama dari bengkulu-lubuklinggau atau sebaliknya jangan lupa untuk mampir sejenak,dong . Istirahat sebentar sambil bersantai sebelum kembali melanjutkan perjalanan ke kota tujuan Readers. Happy Weekend.