Hidden Gem di Bengkulu : Pulau Tikus tanpa tikus di Bengkulu

 Indonesia dengan sejuta pesona, keberagaman flora dan fauna, pulau eksotis dan masih banyak hal yang tidak akan puas untuk kita kagumi, ya Readers. Nah, yang akan kita bahas kali ini adalah sebuah pulau eksotis yang selalu menjadi primadona di tengah gemerlapnya kota Bengkulu. Tidak hanya saat berapa di atas pulau, pemandangan di bawah pulaupun tidak bisa di remahkan Readers.

Jika Readersberpikir bahwa Pulau Tikus ini identik dengan hewan pengerat yang menggelikan, maka Readers akan salah besar,ya. dinamai Pulau tikus karena bentuk pulau ini yang mungil seperti tikus. Pulau Tikus sendiri berada di laut lepas Samudera Hindia sebelah Barat Bengkulu. Untuk bisa ke sini, Readers bisa berangkat dari pantai Zakat melalui pantai Tapak Paderi, dari pantai Zakat Readers akan berangkat menggunakan speadboat atau kapal nelayan dari warga sekitar.Bagi Readers yang ingin menggunakan speedboat maka jarak tempuh menuju Pulau Tikus tidak memakan waktu, karena lebih cepat sampai meskipun harga sewanya sedikit lebih mahal. Akan tetapi yang ingin menikmati keindahan laut di sekitar pulau Bengkulu, Readers bisa memilih opsi kedua yakni Readers dipersikahkan menyewa kapal nelayan yang membutuhkan waktu untuk sampai di pantai Tikus kurang lebih satu jam. Tergantung kondisi laut dan cuaca. 


Pulau Tikus, yang saat 'lahir' memiliki luas 2,5 hektare, sekarang malah menyusut jauh dan kini hanya tinggal 0,5 hektare. Bukan tanpa alasan hal, ini disebabkan oleh abrasi air laut secara terus menerus, maka dari itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu berupaya semaksimal mungkin untuk menyelamatkan Pulau Tikus dari ancaman abrasi. Abrasi ini di sendiri disebabkan oleh meningkatnya volume air laut akibat pencairan kutub yang terjadi karena pemanasan global. secara tidak langsung, hal ini pasti mengancam keberadaan Pulau Tikus.


Namun sayangnya,  Pemprov menjelaskan bahwa reklamasi belum bisa dilakukan, karena untuk melakukan reklamasi tentu ada prosesnya, yakni sebuah perencanaan. Seperti penentuan lokasi, penyusunan rencana induk, studi kelayakan dan pembuatan detail design. Selain itu, Pemprov menekankan harus sesuai dengan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K). Ternyata cukup rumit, ya Readers.


Apa sih yang akan Readers lakukan di lakukakan saat berada disana ? 


Pertayaan yang cukup menarik ya Readers, mengingat pulau ini hanya memiliki luas 0,5 meter jadi apa yang akan Readers lakukan di pulai kecil tak berpenghuni ini. Jangan salah, dong. Kecil-kecil cabe rawit, loh. Wisatawan yang melancong disini seperti snorkeling untuk dapat menikmati keindahan pesona bawah laut yang sangat mempesona, Pilihan snorkeling dan divingnya cukup beragam. Ada pilhan wisata untuk snorkeling di perairan yang agak dangkal sekitar 1-3 meter. Dan ada pula pilihan untuk diving di perairan yang agak dalam, yakni sekitar 8, 12, hingga 25 meter. Sesuaikan pilihan ini sesuai dengan budgetmu, ya. Tapi jika Readers mempunyai hobi memancing, Readers juga bisa melakukan kegiatan ini. Banyak sekali jenis ikan yang hidup di perairan pulau ini diperbolehkan untuk di pancing, kemudian konsumsi oleh para pelancong.


Saat melakukan snorkeling, Readers akan terpesona dengan beragam bentuk gugusan terumbu karang, terutama penghuni laut yang kerap bermain di terumbu karang, yang paling dikenal salah satunya adalah ikan nemo atau ikan badut. Ikan ini mempunyai kulit berwarna-warni dan indah, tapi kenyataannya, ada beberapa oknum yang melakuan penangkapan ikan dengan cara yang sedikit 'kasar'. Mereka tidak memperhatikan kelestarian alam dan terumbu karang yang membuat ekosistem alam sekitar laut Pulau Tikus terancam. Tapi, kabar baiknya adalah, sejak 2015, ada sebuah komunitas diving yang berusaha menjaga kelestarian alam di sekitar Pulau Tikus. Salah satunya, melakukan transplantasi terumbu karang di laut sekitar Pulau Tikus.


Daya tarik selanjutnya yang Pulau Tikus miliki adalah pasirnya yang putih dan lembut, juga warna lautnya yang sangat jernih. Ah, jangan lupakan Hal unik dari Pulau Tikus lainnya yakni keberadaan menara suar. Sebenarnya, jumlah menara suar di Pulau Tikus lebih dari tiga, namun saat pulaunya mulai habis terkena abrasi, menara suar ini tinggal sedikit. Jika ingin berfoto diatas menara suar, Readers harus mendapatkan izin dari penjaga, Tentu Readers harus berhati-hati saat sedang naik, ya.


Menara suar berada di tengah pulau, dan kamu akan mendapatkan pemandangan menarik sepanjang mata memandang, laut lepas yang berhadapan langsung dengan samudra hindia ini sangat pas saat Readers gunakan untuk latar berfoto dari atas sana. Untuk beristirahat, Readers bisa duduk di bawah rindang pohon nyiur sambil mengobrol bersama teman atau keluarga. Saat ini, di Pulau Tikus sudah ada jasa pemandu yang bisa menemani pengunjung. Pemandu akan membawamu pada spot-spot terbaik, dan memberimu informasi mengenai tempat-tempat tersebut. Bersama pemandu, kamu akan mendapatkan informasi mengenai Pulau Tikus secara utuh.Sunset di Pulau Tikus merupakan salah satu poin utama, dengan langit yang berubah warna menjadi jingga kemerah-merahan, menciptakan suasana yang dramatis dan romantis.


Sayangnya, Pulau Tikus belum memiliki penginapan, nih. Jadi, jika Readers ingin bermalam disini, Readers disarankan untuk membawa tenda dan beberapa perlengkapan darurat, seperti makanan dan obat-obatan sebab di Pulau Tikus adalah pulau yang tidak berpenghuni, ya Readers.

Saat bermalam, Readers akan melihat berbagai macam penyu yang terdapat di Pulau Tikus. Bahkan ika sedang beruntung, Readers bisa langsung menyaksikan penyu yang sedang bertelur, namun tentunya tidak diperbolehkan mengganggu penyu yang sedang bertelur, ya. Apalagi sampai memotret menggunakan flash, karena penyu menggunakan penerangan melalui sinar bulan.

Untuk harga sewa dan ongkos cukup bervriasi ya Readers. Ada beberapa paket yang agen wisata berikan kepada Readers. seperti yang di bawah ini :


Agen wisata lebih memprioritaskan untuk melakukan promosi Pulau Tikus pada pelancong luar dibanding warga lokal Bengkulu, apalagi pelancong asing yang telah lama menetap. menurut sebagian agen wisata, ternyata pelancong luar lebih bisa menghargai Pulau Tikus, seperti menjaga keindahan Pulau Tikus, dan cenderung menjaga alam bawah laut yang ada di bawahnya. Hal inilah yang menyebabkan sejumlah agen memilih mempromosikan Pulau Tikus lebih gencar ke luar negeri melalui media online. Selain itu faktor tarif juga menjadi pengaruh, wisatawan luar daerah berani membayar harga yang lebih mahal.

Mau pengalaman Readers selama berwisata ke Pulau Tikus Bengkulu menjadi lebih menyenangkan, Nah, Writer ada beberapa tips dan rekomendasi nih yang perlu banget buat Readers perhatikan, yakni 

  • Yang pertama adalah Readers harus mempersiapan semua hal dengan baik sebelum keberangkatan. Ini sangat penting, mulai dari membawa perlengkapan pribadi hingga makanan ringan. Jangan lupa untuk membawa pakaian renang, perlengkapan snorkeling, tabir surya, serta obat-obatan pribadi. Mengingat fasilitas di pulau ini terbatas, membawa bekal makanan dan minuman juga sangat dianjurkan. Bila peru, Readers membawa semua serba ekstra, ya.
  • Kedua adalah pastikan Readers pergi di waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Tikus. Nah, waktu terbaiknya adalah pada musim kemarau, antara bulan April hingga Oktober. Pada periode ini, cuaca sangat cerah dan laut lebih tenang, sehingga kegiatan snorkeling dan eksplorasi pantai Readers menjadi lebih aman dan menyenangkan. 
  • Selain persiapan fisik, yang lebih pentingnya adalah menjaga kebersihan dan kelestarian alam selama berada di Pulau Tikus. Ini merupakan bentuk tanggung jawab setiap wisatawan. tidak ada salahnya jika Readers membawa kantong plastik untuk sampah pribadi dan pastikan Readers tidak meninggalkan jejak apapun selain jejak kaki. Jika Anda melihat sampah di sekitar, tidak ada salahnya untuk mengambil dan membersihkannya.
  • Keamanan juga menjadi prioritas utama selama berwisata. Selalu ikuti petunjuk dan peringatan yang diberikan oleh pemandu atau pihak yang berwenang. Jika Readers belum berpengalaman dalam snorkeling, pastikan untuk meminta panduan dari instruktur profesional. Jangan lupa untuk selalu mengawasi anak-anak dan pastikan mereka berada dalam pengawasan yang baik saat bermain di pantai atau di air.

Sekian untuk informasi tentang Pulau Tikus, Writer harap, Readers bisa mengunungi Pulau Tikus dan bisa langsung menikmati hidden gem yang sangat populer ini, happy weekend and see yaaa...