Air Terjun Napal Jungur Seluma : Bak Zamrud yang Tenggelam di Bumi Bagian Selatan Bengkulu

Bengkulu bagian selatan memang terkenal dengan 1001 keindahan alamnya. Tak hanya pantai, Seluma juga mempunyai air terjun dan objek wisata lainnya yang mampu bersaing dengan wilayah yang lain. Nah, dari banyaknya objek wisata mengagumkan yang ada di Seluma, ada satu objek wisata yang berhasil membuat Readers maupun pelancong lain berdecak tak habis pkir dengan keindahannya yang luar biasa. Ya, namanya adalah Air terjun Napal Jungur Seluma. Namun, sebelum kita masuk ke penjelasan air terjun, bagaimana jika Readers berkenalan dulu dengan Kabupten Seluma yang penuh dengan kisah zaman terdahulu, tertarik untuk mendengarkan ?

Kabupaten Seluma adalah salah satu kabupaten di provinsi Bengkulu, Indonesia. Ibu kotanya adalah Pasar Tais. Kabupaten yang penuh dengan kisah legenda ini merupakan wilayah yang berasal dari pemekaran Kabupaten Bengkulu Selatan, loh Readers. Dimana selain bahasa Indonesia, warga lokal banyak menggunakan bahasa Serawai, yakni bahasa suku Serawai yang mendiami kabupaten ini. Bisa dikatakan bahwa Seluma merupakan lumbung padi untuk wilayah sekitaran Kabupaten Seluma, nih. Dengan luas wilayah sebesar 240.004 Ha, menjadikan Kabupaten Seluma sebagai wilayah terbesar ketiga di Propinsi Bengkulu. Nah, adapun perbatasan Kabupaten Seluma yakni berbatasan langsung dengan Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Lahat Propinsi Sumatera Selatan dan Samudra Hindia. Wahh... Kerenkan Readers.

Apakah Readers tahu bahwa nama Seluma dan Tais memiliki cerita tersendiri, loh. Penasaran ? Begini ceritanya. Rumor yang berhembus kencang tentang tercetusnya nama Seluma ternyata berasal kata siluman, nih Readers. Konon katanya kisah siluman berawal dari diutusnya Puyang Perpati Sakti oleh Adica Warman, yakni seorang Raja di Kerajaan Pagar Uyup yang mendiami daerah Sungai Terap, Nah tujuan Puyang Perpati Sakti ini diutus yakni untuk mengetahui potensi di Pulau Sumatera.Setelah perjalanan yang jauh, akhirnya Ia sampai di Kerajaan Selebar. Namun, alangkah terkejutnya Puyang Perpati Sakti saat melihat secara langsung seekor naga yang memiliki dua butir telur yang menutup Danau Bukit Campang di Kerajaan Selebar. Saat telur itu menetas, naga dan telur tersebut langsung menghilang bak di telan bumi. Dari sanalah Puyang Perpati sakti mengetahui bahwa naga tersebut merupakan Siluman. Akhirnya, Ia memutuskan untuk memberi nama daerah itu dengan nama Seluma yang saat ini menjadi kabupaten Seluma. 

Kemudian untuk penamaan Tais yang saat ini menjadi ibukota Kabupaten Seluma, juga berdasarkan kisah di masa lampu. Diceritakan bahwa, Raja Pagar Uyup yang kerajaannya berpusat di Sungai Terap memberi titah kepada para pembantunya untuk berkeliling Sumatera, hal ini bertujuan untuk mengetahui seluk beluk Pulau Sumatera. Ia menugaskan Maharaja Sakti yaitu adik kandung sang raja sendiri untuk pergi ke arah bagian selatan pulau Sumatera. Saat sang adik tiba di Kerajaan Bangkahulu, Maharaja Sakti dan rombongannya kembali melanjutkan perjalanannya ke arah selatan pusat kerajaan. Waktu itu, tibalah waktu untuk berhenti dan beristirahat sejenak dimana terdapat beberapa pondok kebun dan beberapa penduduk setempat. Saat sedang beristirahat, tiba-tiba jatuh buah pohon yang ada di dekat mereka. Maharaja Sakti mengambil buah tersebut. Bentuknya seperti buah embacang tapi memiliki massa yang lebih besar. Saat ditanyakan ke salah seorang penduduk, Ia menjawab bahwa buah tersebut bernama buah Tais.  Buah tersebut tidak mengandung racun, namun saat dimakan rasanya gatal dan sangat asam. Jadi sebab nama buah yang i temukan itu Maharaja Sakti memberikan nama wilayah itu menjadi Tais, sama seperti buah yang Ia temukan.


Bagi penduduk asli Kabupaten Seluma, pasti tidak asing dengan Air Terjun Napal Jungur. Air terjun yang sangat indah ini adalah pilihan yang cocok untuk Readers yang ingin menjernihkan pikiran dari beban masalah dan deadline kerja yang harus dikerjakan, loh. Ini bukan omong kosong belaka, loh Readers. Sebab,Air Terjun Napal Jungur memiliki air yang unik. Pemandangan air terjun yang dikelilingi hutan hijau yang alami tak akan mengecewakan. Meskipun air terjunnya hanya memiliki ketinggian sekitar 5 meter tapi aliran airnya dari air terjunnya cukup deras, nih Readers. Belum lagi tempat pemandiannya yang berada di bawah air terjun ini tergolong cukup luas di sekitaran sungai yang tersusun dari bebatuan sungai sehingga menyerupai bentuk kolam renang yang alami. Oh iya pada bagian hulu terdapat sebuah tempat terjun yang di buat untuk pelancong yang hobi menguji adreanalin, loh. Yang menarik adalah selain air yang masih sangat terjaga,  warna air yang dihantarkan dari atas itu berwarna kebiru-biruan bercampur hijau, bak batu zamrud yang tenggelam dan menyebarkan warna di dalam air. Inilah daya tarik utama dari air terjun ini.

Jika ingin kesini, pastikan untuk memiliki badan yang cukup fit, ya Readers. Karena perjalanan menuju air terjun ini sedikit melelahkan. Sebab air terjun mempesona ini berlokasi di Desa Napal Jungur, Kecamatan Lubuk Sandi, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. Yang berarti jika Readers berangkat dari Kota Bengkulu, Readers harus menempuh perjalanan sepanjang 50km, atau sekitar 1,5 jam perjalanan, ya. Setelah sampai di Kabupaten Seluma, Readers pun harus menempuh perjalanan lagi dengan estimasi kurang lebih 30 menit untuk sampai kewisata Air Terjun Napal Jungur. Nah, dalam perjalanan yang tidak mulus ini Readers akan disuguhkan dengan suasana alam yang masih sangat asri seperti melewati perpohonan yang menjulang tinggi, kemudian disambung dengan perkebunan karet milik warga lokal, suara burung dan gemuruh air yang seakan mengundang untuk langsung mandi. Untuk Menuju ke air terjunnya dapat menggunakan kendaraan roda dua saja, ya Readers. Sebab jalan yang masih licin, menanjak dan berlubang. Akan sangat menyusahkan jika Readers memaksakan untuk membawa kendaraan roda empat. 

Untuk menikmati semua keindahan ini, Readers cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja per orang, ya. Apalagi, fasilitas yang diberikan oleh pihak pengelola cukup Lengkap, nih Readers. Fasilitasnya berupa beberapa kamar ganti di berbagai titik, Toilet dan jejeran Warung yang menyediakan makanan cepat saji. Apabila Readers membawa anak kecil ataupun teman yang tidak terlalu lancar dalam berenang, sangat disarankan untuk menyewa ban atau pelampung,ya . Tarifnya cukup bervariasi, nih Readers. Jika ingin informasi yang lebih lanjut, Readersbisa langsung bertanya ke bagian informasi pengelola wisata.


Banyak hal yang bisa Readers lakukan disini, seperti piknik, berenang, tracking dan berfoto ria bersama keluarga. Belum lagi pondokan yang tersedia untuk beristirahat sangat cocok untuk Readers kumpul keluarga, nih. Ada beberapa tips yang bisa Readers lakukan selama berada di Air Terjun Napal Jungur, tujuannnya agar acara liburan Readers di air terjun berjalan dengan lancar dan meninggalkan kesan yang menyenangkan. Apa saja, ya tips yang sebaiknya Readers lakukan. Yuk kita intip :

  • Pakaian ganti. Mau mandi ataupun tidak, Readers sepertinya wajib membawa baju ganti, ya. Mengingat perjalanan yang licin dan kemungkinan besar Readers akan berkena air dari air terjun. jadi ekstra pakaian bisa Readers bawa untuk berjaga-jaga agar tidak masuk angin, ya Readers.
  • Sepatu yang tepat. Kadang, Readers akan menemukan jalan yang berbatu dan licin, jadi alas kaki yang Readers pakai harus sesuai, ya. Yakni sepatu yang dilengkapi dengan grip yang nyaman.
  • Readers juga bisa membawa topi agar kepala terhindar dari sinar matahari langsung atau adanya serangga yang berbahaya.
  • Obat-obatan dan perawatan luka. Ini hanya sebagai jaga-jaga bila Readers terluka baik saat di air terjun maupun di rute yang lain.
  • Ekstra kantong sangat wajib untuk Readers bawa, sebab terkadang Readers yang membawa makanan atau minuman kemasan, jadi berguna untuk menampung sisa sampah yang Readers bawa. Jangan membuang sampah di area air terjun agar lokasi tetap asri!
  • Jaga anak agar selalu dalam pengawasan, ya. Meskipun mereka telah di lengkapi dengan alat keselamatan seperti pelampung, tapi alangkah baiknya jika Readers masih siaga terhadap apa yang dilakukan oleh si kecil, ya.
Ayo, kapan lagi bisa liburan dengan budget yang tidak masuk akal, nih Readers. Selama disini, Readers akan benar-benar merasa dimanjakan oleh alam sekitar. Yuk, ajak keluarga untuk menghabiskan waktu bersama disini. Happy weekend and see yaaa...