Air Terjun Pengantin Bengkulu dan Seberkas Rumornya

Jika Readers berlibur ke Provinsi Bengkulu, jangan lupa untuk mampir ke Talang Empat, ya. Sebab di sana ada berbagai macam wisata alam yang sangat sayang jika Readers lewatkan. Nah, di Talang Empat merupakan sebuah kecamatan di Bengkulu Tengah, ya.  Sama seperti kecamatan maupun Kabupaten pada umumnya, Talang Empat juga mempunyai Ibu kota, loh Readers yang mana nama Ibu Kota nya adalah kecamatan Karang Tinggi. Talang Empat merupakan hasil dari pemekaran dari Kabupaten Bengkulu Utara, ya Readers. Adapun hasil dari pemekaran ini adalah terciptanya 11 kecamatan yang terus berkembang hingga saat ini.

Nah, salah satu objek wisata yang ada di Karang Tinggi adalah Air terjun pengantin. Yap... Readers tidak salah membaca, ya. Bukan pulau Jawa saja yang terkenal akan air terjun pengantinnya, namun Bengkulu juga memiliki air terjun yang memiliki nama populer itu. Apakah Readers ada yang pernah bermain kesini? Jika belum, mari kita bahas air terjun ini agar bisa Readers pertimbangkan untuk mendatangi nya saat akhir pekan maupun libur panjang, ya. 

Langkah awal, Readers harus menempuh perjalanan dulu selama 1 jam dari Kota Bengkulu. Nah, saat sampai di Gapura Selamat Datang ke Bengkulu Tengah, Readers hanya perlu jalan terus sampai nanti Readers akan menemui pom bensin di sebelah kanan. Lalu, Readers silahkan berhenti sebelum pom bensin itu, ya. Readers akan memasuki jalan yang berada di sebelah pom bensin. Kemudian, Readers bisa berjalan terus sampai ketemu gapura atau taman yang bertuliskan Curug Pengantin. Letaknya berada di sebelah kanan, ya. Untuk pergi kesini, Readers tidak usah khawatir sebab jalanan sudah bisa di akses menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Selama satu jam perjalanan, Readers tidak akan merasa jemu, sebab Readers akan di temani oleh kota-kota kecil yang akan Readers temui sepanjang perjalanan, belum lagi jejeran pepohonan semakin membuat suasana perjalanan Readers semakin menyenangkan.

Saat sampai di kawasan ini, Readers akan langsung di suguhkan dengan luasnya area parkir yang tersedia disini. Jangan lupa untuk menggunakan alas kaki yang nyaman, karena Readers melanjutkan perjalanan ke tempat ini dengan berjalan kaki, ya. Sesaat setelah sampai, Readers akan dibuat terpukau dengan keindahan yang disuguhkan oleh air terjun pengantin. Meskipun tidak memiliki ketinggian yang terlalu tinggi seperti air terjun pada umumnya, namun air terjun ini masih mempunyai kesan keindahan tersendiri.

Meski dalam kondisi yang tidak terlalu terawat, bukan jadi penghalang untuk para pelancong untuk tetap mendatangi air terjun pengantin. Udara sangat sejuk, rindangnya pepohonan karet serta gemericik air dari air terjum membuat suasana di air terjun pengantin semakin melankolis. Kurang terawat sebab kurangnya perhatian dari Pemda setempat, ya. Bukan kurang terawat seperti banyaknya sampah dimana-mana. Hal ini terjadi karena berlakunya larangan bahwa khusus anak kecil- di larang untuk mandi di kolam air terjun pengantin, sebab dipercaya bahwa pasalnya sering muncul wujud sakral yang mendiami lokasi wisata. Sebenarnya, kemunculan sosok gaib tersebut tergantung pada niat baik dan buruk orang itu sendiri, ya Readers. Kejadian ini pernah dialami oleh salah satu warga lokal desa tersebut, dimana warga itu mengaku bahwa Ia pernah bertemu dengan sesosok pria yang mengenakan pakaian adat lengkap sedang duduk bersila di atas batu yang berbentu petak yang menghadap ke air terjun. Pada saat itu, dirinya sedang bersiap akan pergi menuju ke kebun kopi, yang mana jalan untuk menuju kebun kopi miliknya itu memang melintasi jalan di dekat air terjun pengantin tersebut. Sebab melihat sosok itu, sang warga lokal akhirnya jatuh sakit selama satu minggu penuh, loh Readers.

Di air terjun itu, Readers akan melihat terdapat dua air terjun yang dapat Readers pakai untuk berenang. Namun, bentuk dua air terjun ini berbeda, ya.  Salah satu dari dua air terjun cantik ini merupakan aliran air yang airnya langsung mengalir dari mata air di hulu sungai. Yang konon kabarnya apabila seseorang mandi disana, si pemandi akan memiliki manfaat di luar nalar manusia, loh Readers. Saat memasuki kolam alami dari air terjun pengantin, Readers akan menemukan dua buah batu besar di dalam air yang kerap kali digunakan tempat berpijak bagi para pelancong yang hendak mandi di kolam alami tersebut. 

Selain untuk menikmati keindahan alam yang sangat menyejukkan, ternyata banyak pelancong yang datang kesini untuk tujuan lain, ya Readers. Salah satu contohnya adalah  apabila seseorang mandi di air terjun pengantin tersebut adalah seorang yang belum menikah maka enteng mendapatkan jodoh, apabila seseorang yang mandi adalah seorang yang sudah menikah maka juga akan diarahkan mandi di Air Terjun Pengantin, yang bertujuan untuk kelaknya saat memasuki masa mengandung, sang istri tidak mudah keguguran, nih Readers

Namun, meskipun anak-anak dilarang mandi untuk menghindari dari mitos yang beredar, ada pula sebagian dari orang tua yang 'tidak terlalu' percaya dengn rumor tersebut membiarkan anak mereka bermain di aliran air yang sangat segar ini. Ditambah dengan kedalaman air yang cukup bersahabat untuk anak-anak menjadi daya tarik sendiri bagi pelancong, namun jangan tinggalkan anak-anak untuk bermain sendiri, sebab ada beberapa batu yang licin dan runcing di sepanjang aliran sungai, ya Readers

selain untuk bermain air, Readers juga bisa menjadikan air terjun pengantin sebagai lokasi piknik, loh. Karena suasananya sangat pas untuk dijadikan tempat healing bersama keluarga, membawa makanan atau bekal dari rumah, lalu makan bersama di pondokan yang telah tersedia oleh pedagang setempat, atau jika Readers malas untuk membawa banyak barang, Readers bisa membeli makanan di sekitar air terjun karena sudah banyak penduduk lokal yang berdagang di pinggiran air terjun, nih Readers. Untuk Readers yang membawa makanan atau minuman kemasan, ada baiknya jika Readers membuang sampah makanan itu di tempatnya, ya. Banyak kotak sampah yang di sediakan oleh pihak pengelola demi kenyamanan para pengunjung.

Agar liburan singkat Readers di air terjun pengantin ini berjalan dengan lancar dan penuh dengan kenangan baik, tidak ada salahnya jika Readers mengikuti tips dari writer, ya. Ada beberapa tips yang bisa Readers terapkan sebelum, selama dan sesudah berada di air terjun pengantin. Tips nya adahlah : 

  • Pergi Saat Cuaca Cerah : Salah satu tips aman mengunjungi air terjun pengantin adalah dengan memastikan cuaca yang cukup cerah saat akan berangkat. Jika cuacanya sedang mendung bahkan turun hujan, sebaiknya tunda terlebih dahulu. Pasalnya, Kondisi ini sangat rawan akan resiko karena dapat memicu debit air yang tinggi atau banjir Bah yang dapat membahayakan keselamatan Readers dan pengunjung lainnya. Jadi sebaiknya pertimbangkan dahulu, ya.
  • Berangkat Pagi Hari : Hal ini bertujuan agar Readers tidak akan tergesa-gesa di perjalanan. Selain itu juga, Readers pastinya juga memiliki waktu yang lebih banyak untuk bermain di air terjun bersama teman maupun keluarga. Sehingga, hasrat liburan dapat terpenuhi dengan baik dan lebih tenang dalam menikmati momen. Lebih menyenangkan, bukan?
  • Hindari Air Terjun dengan Aliras Deras : Perhatikan debit air. Meskipun cerah namun debit air yang sedikit mencurigakan adalah awal dari bencana banjir Bah. Siapa yang tahu jika di hulu sungai sedang terjadi hujan yang akhirnya menyebabkan sungai mengirim banjir Bah untuk anak-anak sungai.
  • Segera Menjauh Saat Hujan Tiba : Sudah terlanjur sampai bau hujan? Jika bisa, langsung tinggalkan lokasi air terjun pengantin untuk menghindari debit air yang akan naik.Tidak hanya beresiko banjir dari aliran air terjun, ini juga bisa menyebabkan tebing di sekitarnya longsor akibat debit air meningkat. Jangan sampai terlena dengan keseruan bermain air, Readers juga harus was-was dengan situasi dan kondisi juga, ya Readers.
Dibalik benar atau tidaknya semua rumor tentang sungai air terjun pengantin, ada baiknya jika readers lebih menghargai dan menghormati semua hal yang berhubungan dengan air terjun pengantin. Jangan merusak semua hal yang berhubungan dengn