Jenuh ? Bermain Arum Jeram Lebong-Bengkulu Solusinya !

Jika ingin berbicara tentang aneka ragam wisata di Bengkulu, mungkin saat Readers menghabiskan waktu satu bulan penuh di Bengkulu pun, Readers sepertinya tidak akan bisa menyambangi wisata yang ada di Bengkulu satu per satu. Sebab, terlalu banyak wisata alam maupun wisata modern yang sangat menyenangkan. Salah satu contohnya adalah arung jeram. Ya, Bengkulu sudah memiliki aru jerannya sendiri, loh Readers.

Bagi Readers yang masih simpang siur tentang arung jeram, yuk simak beberapa informasi yang akan writer sematkan, ya. Arung Jeram adalah salah satu olah raga air yang bersifat menelusuri sungai dengan menggunakan sekoci karet. Dalam menjalan aktifitas olahraga Arung Jeram, perlu adrenalin keberanian, lantaran tantangan yang dihadapi berupa derasnya aliran sungai, terjalnya medan permainan dan tentu membutuhkan safety (keselamatan) menjadi prioritas.



Arung jeram gagah nan deras ini 'hidup' di Kabupaten Lebong. Sebuah Kabupaten milik Bengkulu yang sangat terkenal dengan keindahan alamnya dan patut menjadi destinasi wisata. Arung jeram ini sangat wajib Readers jadikan sebagai pengobat kejenuhan. Karena olahraga Arung Jeram Sungai Ketahun ini mengarungi derasnya sungai Ketahun selama lebih kurang 2 hingga 3 jam dengan panjang jalur yakni 7-14 km, ya. Readers akan melakukan start dari Desa Teluk Dien, Kecamatan Rimbo Pengadang, hingga finish di Desa Talang Ratu. Medan sungai Ketahun yang lumayan sulit menjadi daya tarik sendiri selama Readers mengarungi sungai ini. Kejernihan dan kebeningan air sungai seolah tertutup dengan ganasnya arus dan ombak sungai Ketahun.

Seperti yang Readers tahu bahwa arung jeram tergolong sebagai olahraga ekstrim, namun owner Lebong rafting mengungkapkan bahwa di sini sangat aman untuk di lakukan karena sudah menetapkan layanan berstandar dan selama melakukan arung jeram, para pemain akan ditemani oleh pemandu profesional. Jalur arung jeram di Sungai Ketahun dikelompokan ke dalam dua trek, yakni trek Wisata dan trek sport. Nah, trek wisata biasanya mencakup rute Talang Baru - Talang Ratu (Topus-Rimbo Pengadang) dan trek sport di rute Lebong Selatan-Bingin Kuning. Jalur arung jeram wisata di Lebong termasuk Grade 3 dan 4, sedangkan jalur sport masuk kategori Grade 2.

Meskipun berada jauh dari pusat ibu Kota Bengkulu, namun Arung jeram Sungai Ketahun ini sudah menjadi primadona, loh. Olahraga yang memiliki nuansa outbound ini ternyata cukup banyak peminatnya, terbukti pada saat weekend atau libur panjang banyak pelancong yang datang pelancong baik lokal maupun nasional, bahkan internasional, Readers. Apabila Readers masih belum puas bermain tapi belum ingin pulang, jangan khawatir ya Readers sebab para pelancong bisa menginap dengan cara menyewa villa yang telah disediakan oleh penduduk lokal. Disini, Readers akan benar-benar merasakan menjadi warga lokal, sebab villa ini sudah di bangun dengan nuansa rumah panggung khas suku Rejang dan villa ini diberi nama Villa Dayang Reginang. Ada sekitar 10 unit rumah panggung berukuran mini cukup untuk satu keluarga kecil.

Jika Readers datang bersama dengan rekan kerja, jangan takut meeting tiba-tiba, ya. Karena di tempat ini turut menyediakan aula dan ruang rapat bagi Readers yang ingin mengadakan kegiatan, atau bisa juga untuk acara bersifat formal seperti pelantikan atau rapat kantor, maupun kegiatan informal seperti acara pesta pernikahan atau lainnya. Untuk mendapatkan paket menginap dan outbound serta makan 3 kali, Readers cukup mengeluarkan budget sebesar Rp250.000/orang, permalam. Belum lagi ketika pagi menyingsing, Readers akan di sambut hangat oleh embun pagi. Jangn lupakan kicauan burung yang siap menemani Readers, ya. Atau untuk informasi yang lebih lanjut, Readers bisa hubungi nomor yang tertera, ya .
  • Phone : 0738. 2210119
  • HP      : 0853 5757 4197
  • WA     : 0812 7878 6475

Arung jeram di Kabupaten Lebong sangatlah membawa dampak yang sangat positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar. Contohnya seperti umbuhnya simpul ekonomi baru yang di butuhkan oleh pelancong seperti guide dari masyakat lokal yang paham akan lingkungan dan medan rute Arung Jeram, pedagang kuliner, souvenir dan jasa transportasi serta lainnya.

Di tahun 2013, Arung Jeram Sungai Ketahun pertama kali diperkenalkan. Namun, sebelum di perkenalkan kepada masyarakat luas, pengelola terlebih dahulu  melakukan survey dan penelusuran oleh club arung jeram Lebong Rafting yang dimulai dari Desa Talang Baru, Kecamatan Topos hingga Desa Talang Liak, Kecamatan Bingin Kuning, sepanjang 30 km. Hasil survey kemudian dilaporkan ke pemerintah daerah dan akhirnya disadari bahwasanya Sungai Ketahun Lebong memiliki potensi yang sangat luar biasa untuk pengembangan wisata arung jeram.

Mengingat arung jeram cukup beresiko, maka pelancong yang dibawah umur atau kurang dari usia 15 tahun dilarang untuk ikut andil dalam bermain arung jeram, ya. Ada 4 paket harga yang akan Readers pilih dan bayar dengan jarak tempuh yang berbeda-beda untuk per orang. Yakni, paket dengan jarak tempuh 6km dan menelan waktu sekitar 1,5 Jam, Readers harus membayar biaya tarif sebesar Rp. 225 ribu. Selanjutnya, paket kedua Rp. 250 ribu Readers akan bertemu dengan jarak tempuh 8 Km atau sekitar 2 jam. Lalu, paket Rp. 275 ribu dengan jarak tempuh 10 Km atau Readers akan menghabiskan waktu 2,5 jam. Sedangkan, paket yang terakhir sekitar Rp. 320 dengan jarak tempuh 14 Km atau membutuhkan waktu 3 jam lamanya. Dalam satu perahu karet akan diisi oleh 6 orang penumpang serta satu orang Skipper (pemandu) yang telah bersertifikasi, ya Readers. Adapun Fasilitas yang disediakan seperti Peralatan Arung Jeram, Transportasi Lokal (camp - starpoin), Makan 1x, Rescue Team, Dokumentasi .

Pemilik wahana ini cukup bertanggung jawab, ya. Sebab, sebelum bertualang, Readers akan diberikan asuransi (Jaminan) kecelakaan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Termasuk Readers akan mendapatkan pelatihan gerakan aba-aba dari skipper, seperti gerakan mendayung hingga mengarahkan perahu selama mengarugi Sungai Ketahun.

Selama perjalanan, setiap penumpang sepertinya akan melihat jenis hewan yang datang dengan tiba-tiba dari dipinggiran sungai. Seperti jenis hewan biawak, burung-burung hingga jenis hewan lainnya. Lalu, Readers akan mulai merasakan sensasi digoyang diatas perahu karet dengan tinggi jeram mencapai 30 cm hingga 1,5 meter. Tak ayal jika ada beberapa penumpang yang terjatuh, loh. Tapi, disinilah letak menaiknya, ya Readers. Disini pun, selama Readers menjalani arung jeram, Readers dituntut untuk jalin kekompakan demi menaklukan ganasnya Arus Ketahun.

Ada beberapa tips yang bisa Readers terapkan selama melakukan aktivitas arung jeram, nih seperti :
  • Memakai Jaket Pelampung : Karena masuk dalam kategori olahraga yang cukup berbahaya, dan ada potensi bahwa tubuh Readers kemungkinan besar akan terhempas ke air ada baiknya jika Readers memakai jaket pelampung akan membantu saat badan Readers terhempas ke air. Jaket pelampung bisa berfungsi saat arus air sedang kencang.
  • Perangkat Pelindung : Ini juga termasuk penting, ya. Perlengkapan perlindungan adalah memakai helm untuk perlindungan kepala, kaus tangan jika diperlukan. Peralatan keselamatan biasanya selalu akan diperkenalkan oleh instruktur arung jeram.
  • Pakaian yang Nyaman : Akan sangat lucu jika Readers menggunakan gaun atau dress saat hendak bermain di air. Pakaian yang dipakai saat arung jeram hendaknya sesuai dengan kebutuhan. Jangan memakai sandal dengan hak tinggi atau sepatu kets yang bisa menyerap banyak air.
  • Ikuti Proses Briefing : Proses briefing biasanya akan diperkenalkan ke semua peserta arung jeram. Jangan pernah menyepelekan semua instruksi yang diberikan oleh ketua atau panitia arung jeram. Instruksi penting biasanya berkaitan dengan:
    • Teknik dayung
    • Teknik bertahan dalam perahu
    • Teknik untuk menguasai arus deras
    • Cara untuk menyelamatkan diri saat jatuh ke air
    • Ikuti semua petunjuk sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka bisa mengetahui jalan keluarnya.
  • Ikuti Pemimpin saat Arung Jeram : Dalam proses arung jeram maka sebaiknya terus menaati perintah pemimpin dan tidak membuat hal yang bersifat membahayakan semua peserta. Jangan bandel, ya Readers.
  • Tidak Mudah Panik : Ini sangat penting, terutama untuk Readers wanita. Jangan mudah panik, itulah salah satu hal yang paling sering dikatakan dalam olahraga arung jeram. Para peserta harus percaya kepada semua anggota dalam satu perahu sehingga jika terjadi hal-jal yang tidak dibayangkan maka bisa mudah mengambil tindakan.
  • Kuasai Teknik Berenang : Sebenarnya, Arung jeram tidak membutuhkan keahlian berenang secara khusus karena berenang di arus sungai memang sangat sulit. Untuk mencegah semua kecelakaan maka semua orang yang ingin melakukan arung jeram harus menguasai teknik berenang. Manfaat berenang tidak hanya menyehatkan badan, namun dapat menjamin keselamatan dalam kondisi tertentu.

Jika Readers bermain disini, Readers akan diberikan kesempatan untuk melepaskan jenuh dengan cara bermain di arum jeram yang menguras adrenalin. Pacuan adrenalin yang Readers keluarkan sangat memungkinkan Readers untuk berkonsentrasi pada kegembiraan. Oleh sebab itu, arung jeram akan terasa lebih cenderung menjadi aktivitas yang menyenangkan daripada olahraga yang berat lainnya.  Jadi tunggu apa lagi, bersiap dan lakukan perjalanan Readers ke sini, arum jeram Lebong, Bengkulu.