Menikmati Sunset Menyenangkan di Wisata Hutan Mangrove Bengkulu

Siapa yang tidak mengenal Bengkulu? Ibukota Provinsi Bengkulu ini sangat terkenal sebab banyak memeluk keindahan alam yang luar biasa indah, seperti hutan, sungai, serta pantai yang eksotis. Bengkulu juga termasuk salah satu kota yang berdiri gagah di daerah pesisir. Dan karena berdiri di tanah pesisir itulah, Bengkulu acap kali mendapat banyak ancaman dari ombak yang menghampiri. Maka dari itu, hutan mangrove bisa menjadi solusi terbaik dengan cara dilestarikan guna melindungi daerah pesisir dari ganasnya abrasi. Dengan kreativitas yang dimiliki warga lokal, hutan mangrouve yang tadinya hanya berguna sebagai tameng dari abrasi tersebut, kini menjadi wajah baru bagi wilayah ini yakni menjadi tempat wisata yang apik. 



Readers, Wisata Mangrove Bengkulu ini memiliki jarak yang lumayan jauh dari kota Bengkulu berjarak kurang lebih 13 kilometer. Namun, akses jalan untuk sampai ke hutan yang cantik ini tidaklah susah, bahkan Readers bisa menggunakan kendaraan bermotor. Namun apabila Readers adalah eorang pelancong yang sedang menginap di hotel dan tidak memiliki kendaraan, Readers bisa kok menggunakan kendaraan umum seperti taksi dan ojek online. Dengan menggunakan jasa taksi dan ojek online, Readers tak perlu khawatir untuk tersesat, ya. Sebab, setiap kendaraan yang Readers tumpangi telah dilengkapi dengan maps. 


Kawasan Wisata Hutan Mangrove Bengkulu ini berlokasi di Kampung Nelayan Sejahtera, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu. Kawasan Wisata Hutan Mangrove Bengkulu sendiri ramai dikunjungi baik oleh penduduk lokal maupun pelancong pada saat akhir pekan atau libur nasional, nih Readers karena banyak yang meng-klaim bahwa Wisata Hutan Mangrove Bengkulu adalah destinasi yang murah dan terjangkau untuk semua kalangan masyarakat. Sesampainya disini, Readers akan di sambut dengan semilir angin yang berhembus dengan cukup deras. Menginjakan kaki di Wisata Hutan Mangrove Bengkulu ternyata tidak ada tiket masuk, loh Readers ALIAS gratis ! Hanya saja, Readers dikenai biaya parkir, ya. Untuk kendaraan motor akan di kenakan biaya sebesar Rp 3.000,- dan untuk kendaraan mobil sebesar Rp 5.000,- saja. Jam operasional-pun terbilang fleksibel yakni buka pukul 08:00 sampai pukul 18:00.


Wisata Hutan Mangrove Bengkulu menyediakan tempat duduk bagi pelancong yang ingin bersantai di sekitar tempat ini, piknik sambil bercanda ria bersama teman maupun saudara adalah pilihan terbaik yang bisa readers lakukan selama di Wisata Hutan Mangrove Bengkulu. Ada yang menarik, nih Readers. Yaitu, wisata ini menyediakan perahu kecil atau sejenis spead-boat untuk para pelancong yang ingin mengelilingi kawasan Wisata Hutan Mangrove Bengkulu, cukup bayar Rp 20.000,-/orang maka Readers dapat mengelilingi Wisata Hutan Mangrove yang memiliki luas kawasan hingga  ± 256 hektar ini, loh. Dengan kurun waktu tempuh kurang lebih 1 jam, Readers bisa menikmati keindahan alami yang di peluk oleh Wisata Hutan Mangrove Bengkulu . Selama perjalanan, Perahu yang Readers tumpangi akan berhenti sekitar 30 menit, ya. Nah, disaat itulah waktu yang tepat bagi Readers dan rombongan untuk mengambil foto di tengah hutan mangrove yang lebat. Readers juga akan diberikan penyuluhan mengenai apa kegunaan utama dari hutan mangrove serta hewan yang hidup di sana. hutan mangrove ini juga masih menjadi habitat alami bagi berbagai spesies burung dan fauna lainnya, yang menjadikannya tempat yang cukup ideal bagi penggemar bird watching atau fotografi alam. Suara burung dan hembusan angin yang sejuk menciptakan suasana yang damai, jauh dari hiruk pikuk kota.Hal ini juga dapat menambah wawasan Readers akan kegunaan pohon bakau dalam kehidupan sehari-hari, ya.


Untuk yang berencana menghabiskan waktu disini, ada beberapa tips yang harus Readers lakukan agar selama berada di Wisata Hutan Mangrove, akan terasa lebih menyenangkan, ya. Yang pertama adalah Bawalah bekal dari rumah. Hal ini penting sekali mengingat bahwa tempat ini tidak menyediakan rumah makan yang menjual makanan ringan maupun berat juga minuman. Jadi, piknik sekalian bermain di Wisata Hutan Mangrove-pun tidak ada salahnya, ya Readers. Kedua adalah pastikan bahwa Readers selalu mengunakan pakaian yang tertutup maupun penutup kepala seperti topi jika tidak ingin kulit kamu menjadi terbakar. Seperti yang Readers tau bahwa fungsi hutan Mangrove sendiri adalah sebagai tumbuhan yang menahan arus air laut yang mengikis daratan pantai, jadi secara tidak langsung Wisata Hutan Mangrove ini bersinggungan langsung dengan pantai yang memiliki matahari yang cukup terik disiang hari. Atau bila perlu, Readers bisa menggunakan sunblock di area yang terbuka agar tidak terbakar oleh panasnya matahari, ya.


Biasanya, para remaja akan mendatangi Wisata Hutan Mangrove Bengkulu disaat sunrise maupun sunset. Mereka bahkan rela menunggu berjam-jam demi melihat langit merah sebab bias dari warna matahari itu sendiri. Menunggu sunset sambil berjoging, menunggu sunset menikmati secangkir kopi benar-benar menyenangkan. Disini, para remaja juga akan mendapatkan spot foto sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Sebab kecantikannya, tak heran banyak tenaga pendidik menjadikan Wisata Hutan Mangrove Bengkulu sebagai salah satu destinasi wisata yang harus siswa/i kunjungi saat melakukan study tour. Selain menampilkan visual hutan mangrouve yang lebat nan indah, adapun daya tarik utama dari wisata ini adalah Readers bisa dengan leluasa menikmati terumbu karang dan juga biota laut yang beragam di air yang lumayan  jernih.


Bagi para pelancong, disini adalah surga-nya pernak-pernik yang menggoda. Diketahui bahwa Kawasan perumahan penduduk di sekitar sini sangat terkenal dengan jajakan kerajinan tangan yang mereka buat dengan berbahan dasar kerang, nih Readers. Hayo, siapa yang lagi mikirin masalah harga ? Meskipun terkesan cantik dan aestetic, namun semua kerajinan disini ternyata terbilang cukup murah, kok ! Pernak -pernik yang dijual bisanya dibandrol dengan harga mulai dari Rp5.000 sampai dengan Rp250.000, itupun tergantung dari ukuran dan kerumitan dalam proses pembuatannya, ya Readers. Adapun oleh-oleh lain yang bisa Readers temui adalah berupa ikan asin yang dibuat sendiri oleh penduduk lokal disini, tentu saja Readers akan mendapatkan harga yang lumayan miring di banding harga ikan asin yang beredar di pasaran, ya.


Wisata Hutan Mangrove Bengkulu sendiri adalah wisata alam yang dibangun sendiri oleh masyarakat lokal, ya Readers jadi sebenatnya jika ingin wisata ini lebih maju dengan pesat, maka butuh dukungan khusus pemerintah dan investor untuk meningkatkan kawasan ini menjadi sesuatu yang menarik, sebab jika Readers amati dengan cermat dari segala aspek yang dimiliki oleh Wisata Hutan Mangrove Bengkulu, tempat ini bisa berpeluang menjadi salah satu destinasi wisata yang akan menarik minat para wisatawan. loh Readers. Bengkulu akan selalu menjadi rumah untuk banyakya mahluk hidup yang eksotis.


Ayo, kunjungi Wisata Hutan Mangrove Bengkulu untuk merasakan sensasi berlibur sambil bermain, ya Readers. Ajak teman berserta rombongan untuk menghabiskan waktu di hutan yang sangat berperan penting untuk keberlangsungan mahluk hidup yang ada di sekitarnya. Pastikan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, ya Readers. Selalu bijak dalam berbuat sesuatu. Semoga informasi mengenai Wisata Hutan Mangrove Bengkulu ini berguna untuk Readers semua, happy weekend and see yaa...