Pantai Laguna Samudra Bengkulu : Pantai yang Masih Otentik Akan Keindahan

 Hallo, Readers ! Sudah ada rencanakah untuk liburan akhir tahun ini ?

Jika Readers ingin berjalan-jalan menikmati semilir angin di bibir pantai, jangan buru-buru langsung ingin pergi ke luar negeri, dong. Indonesia masih banyak kok pantai yang Readers inginkan. Laut yang biru kehijauan, ribuan bentuk biota laut dan masih banyak lagi yang akan Readers temui di pantai Indonesia. Nah, salah satu pantai yang akan kita bahs sekarang adalah Pantai Laguna Samudera.


Jika Readers pernah melintasi rute jalan Bengkulu-Lampung atau sebaliknya, maka Readers tak akan asing lagi dengan nama pantai yang satu ini, namanya Pantai Laguna Samudera. Namun, bagi yang baru mendengar nama pantai yang cantik ini jangan khawatir, Writer akan membagi informasi seputar Pantai Laguna Samudera, siapa tahu Readers akan kecantol dan segera berkemas untuk mendatangi pantai ini. 

Pantai Laguna Samudra ini ini terletak dipesisir pantai ini sekira 25 Km dari Kota Bintuhan dan 3 jam perjalanan dari Kota Manna, Bengkulu Selatan ke arah Propinsi Lampung. Pantai ini terletak di Desa Merpas, Kecamatan Nasal. Pantai Laguna samudera sendiri langsung bersinggungan dengan samudra hindia , ya . Apabila Readers ingin bertamasya disini, maka Readers harus mengggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor maupun mobil untuk menuju lokasi Pantai Laguna. Akses untuk mencapai pantai laguna samudera bisa digolongkan dengan jalan yang baik sepanjang jalan menuju kawasan Pantai Laguna. Adapun rute yang akan Readers lewati yakni jika Readers melewati jalan Lintas Barat Sumatera biasanya para pelancong akan berpatokan dengan rumah makan Mbak Tiwi Merpas, yang jaraknya dari rumah makan ke gerbang utama pantai ini sekitar  5 km.


Pantai Laguna Samudera mulai dikenalkan pada masyarakat luas pada tahun 2002. Sebenarnya, Pantai ini hanya dipenuhi oleh hutan blantara namun karena keindahannya pihak desa Merpas akhirnya mengambil alih utuk mengolah Pantai ini untuk menjadikannya sebagai lokasi wisata. Dengan atas izinnya pihak desa Merpas dan juga masyarakat setempat tepatnya pada tahun 2002 untuk pertama kalinyaPantai Laguna dibuka untuk umum. Pantai yang memiliki luas 7000 m2 ini 'menyediakan'  pasir putih yang halus kontras dengan air yang berwana kebiruan dengan hamparan karang-karang yang sebagian besar memenuhi pinggir pantai. Ada yang membuat pantai ini berbeda, loh Readers. yakni, saat Readers mandi di Pantai Laguna, pasirnya yang tidak begitu menempel di tubuh setelah mandi, berbeda dengan pantai lainnya.


Karena ramai dan sering di kunjungi oleh pelancong baik dalam maupun luar daerah, Pemkab Kaur mulai memberikan beberapa fasilitas di lokasi wisata ini, seperti adanya spot foto yang instagramable. Tak lupa juga bahwa di sekitar pantai, Readers dapat menikmati beragam kuliner laut yang masih sangat fresh.


Ada banyak hal yang bisa Readers lakukan bersama keluarga disini, salah satunya adalah dengan bermain air. Adapun olahraga air yang bisa Readers lakukan disini adalah, sebagai berikut 

  • Selancar : Hal yang satu ini adalah hal yang wajib Readers lakukan selama berada di Pantai Laguna Samudra. Meskipun ombak yang tergolong tinggi, namun ombaknya masih tergolong cocok untuk para peselancar pemula hingga yang berpengalaman, loh Readers.
  • Readers :Salah satu pantai terbaik untuk snorkeling adalah di sekitar Pantai Laguna Samudra. bukan hanya snorkeling, disinipun Readers bisa tau mengenai biota laut yang dapat ditemui saat ReadersReaders bisa menyewa semua alat, ya.
  • Readers : Spot-spot menyelam yang menarik pun ada di sekitar pantai.Pusat penyelaman yang dilengkapi dengan peralatan modern dan instruktur berpengalaman. Keterlibatan komunitas diving dalam kegiatan konservasi laut.

Nah, selain berolahraga air, Readers juga bisa berjemur di Pasir Putih dekat bibir pantai. Cuaca yang tropis sangat cocok untuk Readers yang ingin mempunyai warna kulit Tan. Kemudian, selain itu, Readers bisa menikmati laut laguna dengan menyewa sampan yangkerap ditawarkan oleh warga lokal dengan mengelilingi sepanjang pantai wisata laguna yang dihiasi pantai berkarang yang dangkal terlihat sampai dasar karang, tentu menjadi daya tarik sendiri bagi pelancong saat menikmati pesona alam laguna samudera. Belum lagi beberapa kuliner laut menjadi salah satu hal yang wajib Readers icipi. Ada beberapa menu yang bisa menggugah selera Readers yang ingin berkuliner disini, antara lain :

  • Ikan Bakar : Di Pantai Laguna Samudra yang memiliki limph ruah hasil laut, tentu saja menu ini menjadi menu andalan untuk setiap rumah makan. Belum lagi ikan yang dibakar dari hasil pancing nelayan  dipanggang dengan cita rasa khas daerah, memberikan pengalaman kuliner laut yang lezat.
  • Sate Gurita : Jika Readers sering makan sate ayam atau sate kambing, disini Readers akan menemukan sate gurita. Ini merupakan kuliner khas Pantai Laguna yang paling terkenal di antara kuliner yang lain, loh Readers. Harganya pun tidak akan membuat dompet anda terkuras, sebab hanya dengan 25 ribu saja, Readers sudah bisa mencicipi satu porsi sate gurita.
  • Kerang Rebus : Kerang segar yang dimasak oleh penduduk lokal dengan bumbu khas memberikan rasa yang unik dan nikmat.
  • Es Kelapa Muda : Kalau minuman yang satu ini tidak perlu diragukan lagi kenikmatannya, ya Readers. Suasana pantai yang hangat, dipadu dengan es kelapa muda dapat menyuguhkan kesegaran di hari yang terik.
  • Kerupuk Kulit Ikan: Jika biasanya kerupuk berasal dari daging ikan maka disini Readers akan menemukan makanan baru yakni kerupuk kulit ikan. Camilan yang umum dijual di sekitar pantai ini dapat menjadi pelengkp saat bersantai di tepi pantai ketika menikmati pemandangan matahari terbenam.
  • Lemang : Kalau ini berdasarkan keberuntungan saja, ya Readers. Sebab, hidangan tradisional yang terbuat dari ketan yang dimasak dalam bambu ini dcukup jarang Readers temui.

Sebenarnya, masih banyak yang dapat Readers icipi selama berada disini, ya. Jadi, Readers tidak usah takut ragu untuk membeli. Semua makanan dijamin bersih dan halal. Baik kuliner laut dan lokal, lidah Readers akan tetap dimanja dengan sangat ciamik.


Fasilitas yang ada saat liburan ke Pantai Laguna Samudra yang bisa Readers nikmati lumayan banyak juga, nih seperti Mushola yang luas, mushola ini juga menyediakan sarung dan mukenah, lalu ada juga penginapan yang bisa Readers kunjungi jika ingin menginap disini tarifnya Rp 200.000 per malam, cukup murahkan . Kemudian ada toilet di dekat penginapan yng nyaman dan bersih, airnya berasal dari sumur yang tersedia ditenpat dan yang terakhir adalah Parkir.


Tiket masuk ke 'surga' ini hanya Rp. 10.000,- perorang, namun harga ini akan berbeda dengan hari-hari besar, tiket masuk naik menjadi Rp. 15.000,- perorang. Kemudian, untuk biaya parkir kendaraan, Readers cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp. 5000,- untuk sepeda motor danuntuk parkir kendara mobil Readers akan dikenai biaya sebesar Rp. 10.000,- 


Jadi jika Readers ingin berlibur yang instagramable dan tidak menguras kantong, ayoo berlibur ke Pantai Laguna Kaur, selain membantu perekonomian warga lokal, dengan semakin banyaknya pelncong yang bermain disini, maka pantai laguna samudera akan semakin terkenal,loh Readers