Piknik Tanpa Panik di Pantai Nangai Bengkulu

 Haii, Readers. Sebentar lagi akan memasuki musim liburan, loh. Apakah Readers sudah memiliki gambaran ingin menghabiskan waktu liburan kemana ? Jika Readers belum memiliki tujuan, yuk merapat. Writer punya rekomendasi, nih. Bagaimana jika Readers habiskan waktu di Bengkulu. Seperti yang Readers tahu, bahwa Bengkulu sangat terkenal dengan keindahan pantainya, mulai dari pulau tikus, pulau Enggano, Pantai Suci dan masih banyak tempat menarik lainnya yang sangat wajib sekali Readers kunjungi selama bermain di sini. Salah satu pantai yang sangat booming sekali baik di kalangan anak muda maupun yang tua beberapa tahun terakhir adalah Pantai Nangai. Apakah Readers pernah mendengar nama pnatai yang cantik ini ? Jika belum, mari kita kenalan dengan pantai eksotis yang satu ini.



Pantai Nangai yang sebenarnya memiliki nama lengkap Nangai Puyang Ranggo ini adalah salah satu pantai yang mendiami provinsi Bengkulu di bagian utara. Pantai ini merupakan pantai yang sangat cantik nan istagramable, karakteristik dari pasirnya yakni pasir yang sangat halus berwarna putih sedikit kecoklatan berpadu dengan laut yang bersinggungan langsung dengan Samudra Hindia. Apabila Readers ingin menginjakkan kaki untuk bermain air yang segar yang didorong kuat oleh ombak hingga ke bibir pantai, Readers terlebih dahulu harus menuruni tebing yang cukup ekstream, karena bibir pantai dan daratan tidak menyatu seperti pantai pda umumnya, ya Readers. Mereka terpisahkan oleh tebing sebab abrasi yang terus menerus dilakukan laut kepada daratannya yang lebih tinggi. Dikala sore, anak-anak di wilayah sekitar akan bermain bola atau voly di bibir pantai, jika berminat, Readers di perbolehkan untuk bergabung dan ikut bermain bersama. Meski air laut menari dengan sangat menggoda, Readers dan pengunjung lain dilarang untuk bermain air secara berlebihan, ya. Seperti berenang atau olahraga yang lainnya.


Saat berada di daratan, Readers tidak akan berhenti untuk berdecak kagum mengagumi setiap sudut yang di berikan oleh Pantai Nangai. Untuk wilayah sedikit bawah, Readers hanya akan melihat beberapa pohon kelapa yang tumbuh secara berjauhan. Hamparan rerumputan hijau bak karpet yang terbentang luas sangat memanjakan mata selaras dengan laut lepas yang Readers lihat dalam waktu bersamaan. Sebab dianggap luas dan rata, daratan ini sering di jadikan tempat piknik maupun camping oleh sebagian pelancong, loh Readers. Ada juga yang hanya datang untuk bersantai dan menikmati senja di sore hari, ada juga yang berhenti menepi untuk beristirahat sebab perjalanan yang jauh nan melelahkan. Bahyak hal yang bisa Readers dan teman lakukan selama disini. Feed ig Readers-pun akan dipenuhi dengan foto-foto yang cantik jika berfoto disini. Bersantai sambil menikmati ombak, atau mendengar musik, membaca buku dan yang lainnya pun boleh saja Readers kerjakan, selama tidak merusak apapun yang ada di sekitar pantai.


Kemudian, mari kita menanjak sedikit mengikuti jalan setapak yang sering dilalui baik dengan sepeda motor ataupun mobil. Sesaat setelah berada diatas sini, Readers akan di sambut dengan hamparan daratan yang sedikit bergelombang, tak serata saat Readers ada di daratan bawah. Di daratan yang bergelombang ini, Readers akan ditemani oleh banyaknya pohon kelapa yang berdiri kokoh disini. Hampir semua daratan yang di tumbuhi oleh kelapa adalah milik warga sekitar. Dahulu, hamparan daratan ini adalah perumahan warga, namun di sebabkan oleh abrasi, warga lokal mau tak mau harus pindah agar lebih aman.


Untuk mencapai Pantai yang sangat estetik ini, Readers bisa mendatangi Desa Tepi Laut, Kecamatan Air Napal, Kabupaten Bengkulu Utara. Yang mana Desa ini berjarak sekira 28 Kilometer (Km) dari Kota Bengkulu, dengan estimasi perjalanan tidak kurang dari 45 menit. Sebenarnya, Readers tidak akan perlu repot-repot untuk masuk dan menjelajah pantai ini, sebab Pantai Nangai berada di pinggir jalan raya Padang-Bengkulu. Namun, berhati-hati saat berkendara, ya Readers. Ada banyak jalan yang rusak karena dampak dari abrasi laut yang ganas. Jalan raya berubah menjadi tebing curam yang cukup menyeramkan bagi para pengendara. Panjang pantai ini ini pun terbilang cukup panjang yakni sepanjang 4Km, yang menghubungkan ke Desa Pasar Kerkap, Kecamatan Air Napal, Kabupaten Bengkulu Utara. Jadi, sepanjang perjalanan, Readers akan di temani oleh deburan ombak yang manja berbalut dengan angin laut yang cukup menyegarkan.


Meskipun memiliki paras yang cantik bak dewi Afrodit, namun nyatanya pantai ini masih tidak cukup untuk menarik perhatian para pemerintah setempat. Hal ini terbukti dengan masih kosongnya wilayah ini, tidak ada fasilitas umum seperti tempat duduk maupun toilet untuk para pelancong. Hal ini sangat disayangkan, yang apabila pemerintah lebih serius dalam pemeliharaan wilayah dan menjadikan pantai sebagai salah satu objek wisata unggulan di sana, maka kemungkinan besar Pantai Nangai bisa menjadi pendapatan daerah, loh Readers. Mengingat pantai ini sangat layak dan telah memenuhi standar untuk di jadikan objek wisata, ya.


Nah, agar acara piknik maupun hal lain yang Readers lakukan selama di pantai tidak kacau dan semakin berkesan, Writer ada beberapa tips nih yang bisa Readers terapkan selama di pantai Nangai, ya. Apa saja tipsnya , yuk kita intip bersama :

  • Persiapkan Perlengkapan Pantai : Nah, ini adalah hal utama yang harus Readers lakukan, ya. Bawa perlengkapan pantai seperti payung, topi, kacamata hitam.
  • Pakai Pakaian yang Tepat : Jangan gunakan baju yang kurang nyaman dengan alasan ingin berfoto di pantai, seperti memakai sepatu hells atau baju yang ketat. Gunakan pakaian yang sedikit longgar mengingat cuaca pantai cukup panas di siang hari.
  • Patuhi Aturan yang Ada : Meskipun tak ada aturan yang berlaku secara tertulis, namun Selalu patuhi peringatan keselamatan berdasarkan insting yang Readers miliki. Apabila Readers membawa anak kecil saat bermain di bibir pantai, jangan pernah tinggalkan mereka sendiri dan tanpa pengawasan selama di pantai, ya Readers.
  • Selalu Gunakan Sunscreen atau Tabir Surya : Gunakan tabir surya dengan SPF yang cukup tinggi dan oleskan secara teratur ke badan dan wajah untuk menghindari paparan sinar matahari di pantai. Apalagi jika Readers berkeinginan berlama-lama di sana.
  • Jangan Lupa Menjaga Kebersihan : Selalu membawa kantong plastik untuk merapikan sampah sendiri atau buang ke tempat sampah yang tersedia di sana. Ingat, ya Readers, selalu bijak dalam berbuat, Hargai alam dengan menjaga kebersihan pantai.
  • Jaga Keamanan Barang Pribadi : Walau Readers datang dengan membawa rombongan sekalipun, tidak akan menjamin kejahatan tidak akan terjadi, ya. Usahakan perhatikan dulu barang-barang berharga seperti dompet, tas, ponsel, kamera atau lainnya, jangan sampai ditinggalkan begitu saja. Simpan di tempat yang cukup aman, ya.
  • Jaga Lingkungan di Pantai : Hargai keindahan pantai dengan tidak merusak atau mengambil apapun dari alam di sana, seperti bunga yang tumbuh atau batu asli disana. 
  • Bawalah makanan dan minuman dari rumah, sebab di sepanjang pantai Readers akan sulit menemukan pedagang, ya. Bila perlu bawa makanan dan minuman ekstra.

Untuk masuk ke Pantai Nangai, Readers akan di kenakan biaya sebesar Rp 0,- alias gratis, ya. Menghabiskan waktu disini akan sangat menyenangkan. Keindahan Pantai Nangai benar-benar tidak bisa Readers deskripsikan dengan kata-kata, jadi cukup nikmati saja, ya. Jadi tunggu apa lagi Readers, piknik cantik tanpa panik ya kesini aja. Happy weekend and see yaaaa...